Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gangan, Legenda Kuliner Khas Belitung

Gangan, Legenda Kuliner Khas Belitung Gangan, Kuliner Khas Belitung (Sumber: Www.coveragemagz.com)

Dream - Di samping memiliki pantai-pantai yang indah, Pulau Belitung ternyata punya kuliner khas yang lezat. Salah satu kuliner yang melegenda di bumi 'Laskar Pelangi' itu adalah Gangan.

Gangan adalah sejenis sup ikan bercitarasa istimewa. Paduan rasa asam dan pedas kuahnya yang berwarna kuning demikian segar di lidah. Daging ikannya yang gurih sangat pas disajikan bersama sepiring nasi panas.

Sekilas, penampilan sup ini mirip gulai. Namun bedanya, sajian ini tidak menggunakan santan. Warna kuning di dalamnya didapat dari warna alami kunyit, salah satu bahan rempah sup ini.

Selain kunyit, bahan rempah atau bumbu yang menciptakan citarasa spesial pada masakan ini di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, dan asam.

Ditambahkan pula potongan buah nanas yang memberi sensasi rasa segar dan asam. Daun salam adalah bumbu pelengkap pamungkas lainnya sebagai penguat aroma.

Sementara beberapa ikan yang biasa dimasak menjadi gangan adalah ikan ketarap, kakap merah dan ikan bulat, terutama bagian kepalanya.

Gangan dianjurkan dimasak pedas karena aroma pedas dapat menetralkan bau amis pada ikan. Cara memasaknya, semua bahan utama dan bumbu langsung direbus bersama-sama tanpa ditumis terlebih dahulu.

Masyarakat Belitung senang menyantap langsung Gangan sesaat setelah matang dalam keadaan masih hangat. Dianjurkan untuk tidak menghangatkan lagi sajian ini karena dapat mengubah citarasa aslinya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Kue Pancong Khas Betawi Ternyata Sangat Mudah, Ini Langkahnya!

Bikin Kue Pancong Khas Betawi Ternyata Sangat Mudah, Ini Langkahnya!

Kue Pancong merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa khas.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

Sahabat Dream, Pernah gak merasa capek bange tapi apa daya harus kerja demi uang. Sama nggak perasaannya seperti dua Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

Sahabat Dream, kira-kira kalian pada bisa jawab gak nih teka-teki buah ini? yuk komen dibawah.

Baca Selengkapnya