Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Taman Cantik di Jakarta, Sudah Pernah ke Sini?

5 Taman Cantik di Jakarta, Sudah Pernah ke Sini? Taman Menteng, Jakarta (Sumber: Http://pertamananpemakaman.jakarta.go.id/)

Dream - Jakarta lebih dikenal dengan bangunan-bangunan tinggi yang menjulang mencakar langit. Pusat-pusat perbelanjaan juga bertebaran mengitari berbagai sudut kota. Tak heran orang-orang yang tinggal di ibukota menjadi lebih mudah merasakan penat.

Namun di tengah-tengah padatnya kota, Jakarta menyimpan berbagai ruang terbuka hijau. Di taman-taman yang dibuka secara gratis ini, warga dapat mencari hiburan murah meriah. Terlebih banyak diantara taman tersebut yang lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

Berikut Dream.co.id telah merangkumkan lima taman yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Taman Menteng

Taman ini berdiri saat masa pemerintahan Gubernur Sutiyoso, yang akrab disapa Bang Yos. Menurut sejarah, pada masa penjajahan Belanda Taman Menteng bernama Viosveld atau Voetbalbond Indische Omstreken Sport.

Pada awalnya, hanya berupa sebuah lapangan terbuka yang menjadi satu dengan Taman Suropati. Kemudian pada 1921 didirikan Stadion Menteng, yang menjadi 'kandang' klub sepak bola Persija Jakarta.

Lalu pada 2006, stadion dibongkar dan dijadikan sebagai sebuah taman. Taman Menteng memiliki sebuah bangunan berbentuk rumah kaca sebagai 'ikon selamat datang' yang menyambut kehadiran para pengunjung.

Bila Anda ingin berkunjung ke tempat ini dapat langsung menuju persimpangan Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Banyak warga memanfaatkan taman ini sebagai arena jogging dan bermain futsal. Adapula yang hanya duduk-duduk memanfaatkan fasilitas wifi gratis. Banyak pula komunitas fotografi yang melakukan hunting foto di tempat ini.

2. Taman Ria Rio

Bergeser ke Jakarta Timur, para warga biasanya menghabiskan sore hari unuk bersantai di Taman Ria Rio. Taman yang terletak di kawasan Kayu Putih, Pulo Gadung ini dilengkapi dengan fasilitas arena lari dan area wifi.

Para pengunjung taman dapat melihat bangau-bangau putih yang menghuni waduk Ria Rio. Serta melihat secara langsung pohon Baobab yang tumbuh di tengah-tengah taman.

Pohon Baobab (Adansonia digitata) adalah pohon berusia ratusan tahun yang batangnya menyimpan air. Sementara buah dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Pohon Baobab bisa mencapai tinggi 30 meter dengan diameter batang hingga 7 meter.

Setelah lama tak terurus, kondisi taman diperbaiki kembali saat masa kepemimpinan Gubernur Joko Widodo. Di tempat ini dibangun pula arena melingkar yang menyerupai amphitheater dan banyak dimanfaatkan untuk pertunjukan musik.

3. Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng merupakan saksi sejarah penting untuk kota Jakarta. Taman ini dikenal sebagai salah satu ikon destinasi wisata heritage Jakarta yang cukup dikenal oleh masyarakat.

Taman ini dulunya hanya berwujud hutan rawa dan dikenal sebagai tempat berburu binatang liar orang-orang kaya Belanda di Batavia. Lapangan Banteng ini konon dulunya dikenal sebagai Waterloo-Plein (lapangan) Weltevreden Batavia.

Beberapa orang menyebut Lapangan Banteng dengan sebutan Lapangan Singa, karena di tengah-tengah area lapangan tersebut dibangun patung singa sebagai tugu peringatan kemenangan pertempuran di Waterloo.

Sekitar tahun 1970-an, taman ini sempat dipergunakan sebagai terminal bus untuk rute dalam dan luar kota. Namun, pada 1993, fungsi Lapangan Banteng dikembalikan lagi sebagai ruang terbuka hijau. Lapangan ini terletak di depan Hotel Borobudur yang dilewati Trans Jakarta rute ke Senen.

Taman Lapangan Banteng ini pun sering dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat, seperti pameran flora fauna dan industri kreatif yang selalu menjadi agenda rutin dari pemerintah DKI Jakarta.

4. Taman Ayodya

Warga Jakarta Selatan pasti sudah tak asing lagi dengan Taman Ayodya yang terletak di Jalan Barito, Kebayoran Baru. Taman ini cukup sering menjadi buruan warga sekitar dalam menghabiskan akhir pekan.

Taman ini dipercantik dengan sebuah kolam. Di tengah kolam terdapat tanaman teratai serta aksen dekorasi berupa penataan lampu berbentuk gurita dan air mancur. Sehingga sangat menarik untuk ajang berfoto dalam berbagai gaya. Beberapa juru foto keliling juga kerap nongkrong di tempat ini untuk menawarkan jasanya.

Bermacam fasilitas taman dapat dinikmati secara gratis seperti gazebo, mini amphitheatre, bangku taman, trek lari, danau buatan dan air mancur. Banyak pula pedagang yang berjejer menjual aneka jajanan khas kaki lima di taman ini.

Sebelumnya, taman ini merupakan tempat pedagang ikan dan bunga. Dulu dikenal dengan Pasar Ikan dan Bunga Barito. Sebutan Barito muncul karena memang letaknya di ujung Jalan Barito.

5. Taman Suropati

Taman Suropati terletak tak jauh dari Taman Menteng. Taman ini awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein, diambil dari nama Walikota Batavia pertama G.J. Bisshop (1916-1920).

Saat ini, taman sering dimanfaatkan beberapa komunitas pecinta hewan untuk berkumpul. Sedangkan pada malam hari, akan ada banyak seniman jalanan yang datang ke tempat ini. Seperti para pengamen yang melantunkan lagu-lagu indah untuk menghibur para pengunjung.

Berbagai fasilitas tersedia di taman ini seperi bangku panjang, pepohonan yang rindang, air mancur di dua sisi kanan dan arena untuk berlari. Serta terdapat ornamen-ornamen menyerupai tugu dan patung yang terbuat dari semen dan batu, yang merupakan karya pematung dari seluruh ASEAN.

(Berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

Kamu bisa menikmati kembang api gratis di lima lokasi berikut ini

Baca Selengkapnya
Yakin Bisa Bergulir 2025, Ini Daftar Penerima Program Makan Siang Gratis Prabowo

Yakin Bisa Bergulir 2025, Ini Daftar Penerima Program Makan Siang Gratis Prabowo

Airlangga yakin program makan siang gratis akan berjalan mulai tahun 2025.

Baca Selengkapnya
PLN Sediakan 10 Ribu Kuota Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

PLN Sediakan 10 Ribu Kuota Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

Khusus keberangkatan mudik gratis dari Jakarta akan dilakukan pada Jumat, 5 April 2024.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

Dream - Sahabat Dream biar tambah terlihat kece saat gunakan sweater, bisa banget lho ikutin tips ini. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Parodi Iklan Permen Jadul

BUNGKUS! Parodi Iklan Permen Jadul

Sahabat Dream masih ingat dengan iklan ini? Di masa kejayaannya, iklan permen ini selalu tayang di TV lho.

Baca Selengkapnya