Cerita Mengejutkan di Balik 'Batu Waffle' Berusia Jutaan Tahun

Batu berbentuk mirip waffle ini jadi bahan perbincangan banyak orang.

Puri Yuanita
| 16 Februari 2017 09:39

Dream - Di daerah Jennings Randolph Lake, Mineral County, di negara bagian AS, Virginia Barat terdapat batu yang menjadi perbincangan banyak orang.

Batu tersebut mirip sekali waffle, lengkap dengan pola pinggiran waffle yang geometris. Pola mirip waffle ini bukan karya pematung batu terkenal, melainkan terbentuk secara natural akibat erosi alam yang terjadi selama bertahun tahun.

Sebagian orang ada yang tertarik dengan batu ini dan melakukan penelitian. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan, awalnya batu ini mengendap dalam tanah selama 300 juta tahun. Kemudian, adanya pergerakan pada lempengan bumi di dalam tanah secara berulang-ulang, membuat batu ini memipih dengan sendirinya.

Setelah itu, sekitar 100 juta tahun lalu cela-cela kecil tercipta pada batu tersebut yang disebabkan oleh air yang meresap serta oksida yang sudah tercampur dengan butiran pasir yang menempel pada batu. Dan akhirnya, terciptalah batu berbentuk pola waffel.

Batu berbentuk waffle yang berada di daerah Virginia Barat ini diprediksi merupakan patahan kecil dari induk batu yang masih tertimbun di lereng. Namun belum diketahui dimana letak induk tersebut.

Penemuan batu berbentuk waffle kabarnya pernah terjadi juga di daerah lain selain Virginia Barat. Namun sayangnya, tak ada satupun dokumen yang dapat membuktikannya.

(Awalendi E. Pajarini/Sumber: Amusingplanet.com)

Topik Terkait :

Merentang Asa Dari Bedil Cipacing

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Pernah Disinggahi David Beckham, Begini Mewahnya Amanjiwo
DESTINATION 15 Februari 2017 14:33

Begitu mewah dan indahnya Amanjiwo Borobudur Resorts, nggak heran jika keluarga David Beckham menjatuhkan pilihannya pada hotel ini ketika berlibur di Indonesia beberapa tahun silam.