Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kampung Dolanan Yogya, Lestari di Tengah Modernisasi

Kampung Dolanan Yogya, Lestari di Tengah Modernisasi Suasana Kampung Dolanan Yogyakarta (Foto:protravelista.blogspot.co.id)

Dream - Demam game online yang melanda sebagian besar anak muda, tak membuat sekumpulan Lansia di Yogyakarta patah semangat. Di saat para cucu gencar bermain Pokemon Go, mereka tetap teguh mempertahankan permainan tradisional. Apalagi jika bukan karena tidak ingin permainan ini punah tergerus perkembangan teknologi.

Sejumlah orang di Dusun Pandes, Yogyakarta membuat Kampung Dolanan untuk melestarikan permainan tradisional. Sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Suradi memutuskan untuk banting setir menjadi pengrajin wayang kertas, kitiran, manukan, othok-othok dan angkrek.

Ia mulai merintis Kampung Dolanan sejak 2006 silam. Saat itu, Suradi tergugah karena melihat permainan tradisional sudah tidak populer lagi. Ia berusaha untuk meneruskan usaha kakek-buyutnya yang membuat mainan dari kertas bungkus makanan yang disebut kertas maga.

Lelaki berusia 65 tahun ini mulia tertarik pada kesenian wayang kulit sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat itu, ia gemar sekali bermain angkrek, boneka kertas bergambar prajurit yang bisa ditarik dengan seutas tali untuk menggerakannya.

Tak sekadar berkarya dengan potongan kertas dan pewarna buatan, kini Suradi ikut aktif mengisi workshop wayang pada anak-anak usia TK, SD hingga mahasiswa.

Selain Suradi, masih ada lagi sesepuh kampung bernama Mbah Atemo, Wiyar, Wardi, Buang dan Nenek Aminah yang tutur peduli. Bahkan Kepada Desa Panggungharjo, Wahyudi ikut menggagas dan mendukung pelestarian maianan-maianan tradisional itu.

Untuk menuju ke Kampung Dolanan cukup mudah, karena berlokasi di dekat objek wisata Parangtritis, Bantul. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati banyak atraksi lainnya seperti
latihan gamelan, menari, outbond, dan lain-lain.

(Sumber:visitingjogja.com)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sikap Ramah Angga Yunanda saat Pulang Kampung Disorot
Sikap Ramah Angga Yunanda saat Pulang Kampung Disorot

Sikap Ramah Angga Yunanda ke para tetangganya jadi sorotan.

Baca Selengkapnya
Anak Gagal Jadi Anggota DPRD, Kades di Tangerang Pecat Puluhan Ketua RT dan RW
Anak Gagal Jadi Anggota DPRD, Kades di Tangerang Pecat Puluhan Ketua RT dan RW

Dari data yang diperolehnya, sebanyak 21 RT dan 6 RW di Desa Wanakerta, dipecat sepihak.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Sosok Putih Melayang di Jalan Gelap, Dari Dekat Terungkap Aslinya
Detik-Detik Sosok Putih Melayang di Jalan Gelap, Dari Dekat Terungkap Aslinya

Momen lucu wanita bermukena naik skuter di jalan gelap bikin yang lewat deg-degan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.