Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Keren! Ada 'Sawah' di Tengah Laut Bali

Keren! Ada 'Sawah' di Tengah Laut Bali Budidaya Rumput Laut Di Nusa Penida, Bali (Foto: Blogdestinasipariwisata.blogspot.co.id)

Dream - Ada sawah di tengah laut. Hmmm... mendengar ini mungkin kamu akan terkejut. Bahkan mungkin ada yang menganggap mustahil fenomena alam semacam ini. Bagaimana mungkin sebidang sawah bisa "mengambang" di atas laut?

Tapi jangan salah, ini beneran ada lho. Dan percaya nggak percaya, sawah tengah laut ini ada di Indonesia. Bisa tebak ada dimana?

Ternyata, suguhan alam mempesona ini ada di Nusa Penida, Bali. Ya, kalau kamu ke Nusa Penida, bisa nih melihat langsung sawah di tengah laut.

Tapi tunggu dulu, yang dimaksud sawah tengah laut di Nusa Penida ternyata bukanlah petak-petak sawah yang ditumbuhi padi layaknya yang ada di daratan. Melainkan area pertanian rumput laut.

Ya, di laut Nusa Penida kamu bisa melihat banyak area pertanian rumput laut. Terutama di wilayah perairan Semaya, Toya Pakeh, Ceningan, Lembongan dan Jungut Batu. Luas area pertanian rumput laut di Nusa Penida ini diperkirakan mencapai 464 hektar.

Suburnya potensi rumput laut di Nusa Penida ini pun lantas banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Alhasil banyak warga lokal yang bermata pencaharian sebagai petani rumput laut.

Dikutip dari Facebook resmi Nusa Penida Festival, rumput laut yang dihasilkan wilayah Nusa Penida cukup menjanjikan. Dalam setahun saja ada sekitar 145.597 ton. Dan kualitasnya pun super dengan jenis rumput laut catoni dan spinosum. Dengan potensinya yang begitu besar, tak heran kawasan pertanian rumput laut di wilayah ini ditetapkan sebagai Konservasi Perairan Nusa Penida.

Nah, wilayah konservasi rumput laut Nusa Penida ini juga seringkali dijadikan atraksi wisata untuk menarik wisatawan lho. Misalnya saja dalam Festival Nusa Penida yang pernah digelar 2015 silam.

Para wisatawan lokal maupun mancanegara diajak untuk mengenal kegiatan budidaya rumput laut di Nusa Penida. Mereka diajak untuk melihat langsung kegiatan megolok sampan (mendorong sampan yang membawa rumput laut), mengikat rumput laut hingga membuka ikatan tali rumput laut.

Kalau kamu gimana? Sudah pernah melihat langsung sawah tengah laut di Nusa Penida? Kalau belum, segera deh meluncur ke Bali untuk menyaksikan salah satu atraksi wisata kebanggaan Indonesia ini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Banjir di Riau bagai tempat wisata, banyak pengunjung yang datang bermain air.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya