Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Memancing Sepeda, Wisata Unik dari Amsterdam

Memancing Sepeda, Wisata Unik dari Amsterdam (Sumber: Http://www.amusingplanet.com/)

Dream - Amsterdam adalah kota paling ramah sepeda di dunia. Sekitar 40 sampai 60 persen perjalanan dalam kota ini dilakukan dengan bersepeda. Diperkirakan ada antara 880 ribu sampai 1 juta sepeda di Amsterdam, melebihi jumlah populasi orang di kota tersebut.

Amsterdam juga memiliki banyak kanal. Ada sekitar 165 kanal yang membentuk panjang gabungan hingga 100 kilometer.

Nah, ada kasus di mana sepeda-sepeda yang digunakan masyarakat tercebur ke dalam kanal. Adapula warga Amsterdam yang sengaja menenggelamkan sepeda-sepedanya. Tak tanggung-tanggung ada sekitar 15 ribu sepeda yang diambil dari kanal Amsterdam setiap tahun. Bahkan karena itu, "memancing sepeda" dianggap sebagai pekerjaan penting di kota tersebut.

Adalah Waternet, lembaga yang bertanggung menjaga kebersihan kanal. Para pekerja secara rutin mengangkat sepeda-sepeda menggunakan cakar hidrolik besar, bak mengangkat ikan keluar dari kanal.

Cakar hidrolik terhubung ke tongkang penderek. Waternet sendiri telah melakukan pekerjaan itu sejak tahun 1960-an dan mereka melakukan hal ini setiap hari.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa warga Amsterdam membuang begitu banyak sepeda ke dalam kanal. Tapi, kebiasaan melempar barang ini banyak dilakukan warga terutama pada masa lalu. Kanal ini sudah seperti saluran pembuangan terbuka. Dahulu tidak ada sistem saluran pembuangan di Amsterdam, sehingga kanal menjadi seperti "toilet terbuka" dan "tempat sampah" bagi warga.

Sampai pada tahun 1860, Amsterdam mulai melihat masalah dan mulai membersihkan kanal. Tetapi banyak orang Amsterdam yang masih belum benar-benar meninggalkan kebiasaan buruk melemparkan sampah ke dalam kanal, terutama ketika mereka mabuk.

Diyakini bahwa sebagian besar sepeda yang "dipancing" keluar dari kanal merupakan sepeda-sepeda hasil curian. Polisi Amsterdam memperkirakan bahwa ada antara 50 ribu sampai 80 ribu sepeda dicuri setiap tahun. Namun sangat sedikit laporan pencurian yang diterima kepolisian.

Sebagian besar sepeda yang dikeruk dari kanal berakhir sebagai besi rongsok. Meski begitu, sepeda bukanlah satu-staunya benda yang tertangkap oleh cakar logam para petugas.

Terkadang, para pekerja menemukan barang-barang lainnya seperti lemari es bahkan mobil. Dalam kebanyakan kasus, mobil-mobil yang ditemukan dalam kanal merupakan hasil dari kecelakaan.

Amsterdam memiliki tim menyelam khusus dari Brigade Kebakaran yang ditugaskan untuk membantu mengeluarkan mobil-mobil tersebut.

Menariknya, aktivitas "memancing sepeda" di Amsterdam, Belanda ini menjadi daya tarik wisata bagi turis yang datang. Mereka menganggap hal ini sebagai sesuatu yang unik dan menarik untuk disaksikan. Tak ayal, aktivitas ini kerap menjadi tontonan warga setempat dan wisatawan.

(Sumber: Amusingplanet.com)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker
Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker

Benda seram itu tampak terbang mengikut mobil ketika mereka melalui kawasan berbukit di Gua Musang.

Baca Selengkapnya
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

Semua orang tentu pernah melihat atau bahkan pergi mengunjungi pasar jalanan. Yuk, simak pasar jalanan apa saja yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.