Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menikmati Keindahan Dataran Tinggi di Wonosobo

Menikmati Keindahan Dataran Tinggi di Wonosobo Telaga Warna, Wonosobo (Foto: Www.traveloista.com)

Dream - Wonosobo adalah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah dengan bentang alam pegunungan yang indah. Kota berjuluk "ASRI" (Aman Sehat Rapi Indah) tersebut wajib disambangi Anda yang tengah menikmati libur lebaran dan sekolah.

"Kalaupun Anda berada di Jogja atau Semarang, sekali waktu boleh berwisata ke Wonosobo di kaki Dieng," ujar Menpar Arief Yahya, dikutip dari situs Pesona.indonesia.travel.

Anda dapat menikmati Gunung Sindoro-Sumbing atau Merapi-Merbabu yang terlihat begitu jelas dari kota ini. Ada juga Dieng, Telaga Warna, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Dieng, minuman purwoceng, sejumlah air terjun, Telaga Menjer, dan lainnya.

Mereka juga punya Kebun Teh Tambi, yang sekarang mulai dikembangkan sebagai destinasi outbond yang layak Anda kunjungi bersama keluarga. "Silakan ke Wonosobo, silakan ke Dieng, dan berbagai lokasi menarik lainnya," ungkap Arief.

Nah, sebagai referensi, berikut kami sajikan 5 destinasi Wonosobo yang dapat Anda sambangi.

1. Telaga Warna

Telaga warna adalah salah satu landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda. Menurut legenda warga sekitar, warna yang muncul di permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut.

Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. Dominasi warna dari telaga ini adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan.

Jika ingin melihat keindahan warna dari telaga, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Di daerah tepian telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

2. Bukit Sikunir

Ingin melihat sunrise? Anda bisa datang ke Bukit Sikunir. Bukit ini adalah bukit yang terkenal di kalangan wisatawan sebagai tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.200 mdpl.

Dinamakan bukit Sikunir karena bukit ini banyak membuat wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir membuat masyarakat setempat menamainya sikunir. Kunir adalah bahasa Jawa dari kunyit.

Menikmati Keindahan Dataran Tinggi di Wonosobo

3. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara, kurang lebih sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng. Sumur Jalatunda ini dulunya adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Karena air yang menggenang ini ceruk tersebut tampak seperti sumur.

Untuk mencapai Sumur Jalatunda ini, Anda harus menyiapkan fisik untuk menaikai 257 anak tangga. Pada anak tangga terakhir, Anda akan menemukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras, Menurut mitos masyarakat setempat, barang siapa yang dapat melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang yang berlawanan, maka harapannya bisa terkabul.

4. Kawah Sikidang

Dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki beberapa kawah yang indah, yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri yang masih aktif. Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang dijadikan andalan tempat wisata di Dieng dan berlokasi di wilayah Dieng timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah.

Diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.

5. Kawah Sileri

Kawah Sileri masih mengeluarkan asap putih. Diberi nama Sileri karena warna air kawah ini putih dan aromanya seperti air bekas mencuci beras (dalam bahasa Jawa disebut leri).

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Rajin Banget, Begini Momen Menlu Retno Nyoblos di Depok dikala Petugas Masih Siap-Siap

Rajin Banget, Begini Momen Menlu Retno Nyoblos di Depok dikala Petugas Masih Siap-Siap

Dia datang saat pagi-pagi, dikala petugas masih bersiap-siap

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.