Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Semarak Tabuh Rapa'i Siap Mengguncang 'Serambi Mekah'

Semarak Tabuh Rapa'i Siap Mengguncang 'Serambi Mekah' Para Penabuh Rapa'i Sedang Beraksi (Foto: Youtube.com)

Dream - Aceh kian serius membuktikan diri sebagai salah satu tujuan wisata halal. Setelah gencar melakukan branding "The Light of Aceh", akhir Agustus kawasan Serambi Mekah ini akan kembali diramaikan dengan penyelenggaraan Aceh International Rapa’i Festival pada tanggal 26-30 mendatang.

Seperti dikutip dari laman Acehrapaifest.com, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Reza Fahlevi menyatakan, acara semacam ini akan memperkuat promosi wisata Aceh hingga ke mancanegara.

Rapa'i merupakan tradisi masyarakat lokal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari baik secara filosofi maupun kultural. Sehingga diharapkan para wisatawan yang datang dapat menikmati keunikan budaya yang berpadu dengan pesona kekayaan alam.

Lebih jauh Reza mengungkapkan jika nantinya pengunjung akan disuguhkan dengan beragam alat musik tradisional perkusi Aceh berupa rapa'i. Seperti rapa’i pasee, rapa’i daboih, rapa’i geurimpheng, rapa’i pulot, dan rapa’i geleng.

Tak berhenti sampai di sini saja, para peserta asal Aceh akan menyuguhkan rapa’i uroh deng (pasee), rapai uroh duk, rapai grimpheng, rapai geleng, perkusi gendang melayu tamiang, seni nandong simeulu, dan ragam seni tradisi lainnya.

Selain itu akan ditampilkan pula alat musik perkusi etnik dari provinsi lain dan juga dari mancanegara yang pastinya akan menjadi tontonan menarik. Acara ini akan dimeriahkan pula dengan kehadiran kontingen dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Makassar, dan Surabaya.

"Sedangkan dari luar negeri, peserta yang sudah memastikan diri ada dari China, Thailand, Malaysia, Jepang, dan Iran. Serta menggandeng musisi nasional Gilang Ramadhan," terang Reza.

Ke depan pemerintah Aceh berharap kegiatan ini mampu mendongkrak citra Provinsi Aceh sebagai daerah yang religius. Dan mendapat kepercayaan dari pihak luar bahwa Aceh dapat menjadi tujuan wisata yang benar-benar bebas dari pengaruh budaya asing.

Nah, buat yang penasaran seperti apa bunyi tabuhan rapa'i simak langsung videonya di bawah ini.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP