Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wisata Ramadan ke Lima Masjid Cantik di Hong Kong

Wisata Ramadan ke Lima Masjid Cantik di Hong Kong Masjid Kowloon, Hong Kong (Foto: Hong Kong Tourism Board)

Dream - Saat Ramadan, umumnya sebagian besar umat muslim lebih memilih untuk mengurangi aktivitas duniawi dan memperbanyak ibadah. Namun tak jarang pula, mereka yang hobi traveling, memutuskan untuk tetap melakukan perjalanan di bulan Ramadan.

Nah, para traveler yang memilih untuk melakukan traveling selama Ramadan, tak perlu khawatir ibadah Anda akan terganggu. Kini sudah banyak negara dan kota tujuan wisata yang ramah muslim.

Berkunjung ke tempat-tempat tersebut pun Anda tak akan lagi kesulitan menemukan masjid untuk beribadah dan restoran-restoran yang menyediakan makanan halal. Salah satunya, Hong Kong.

Traveler Muslim tidak perlu khawatir apabila mengunjungi Hong Kong saat bulan Ramadan, karena ada beberapa masjid yang tersedia di sana. Tidak sulit juga menemukan restoran halal untuk sahur dan berbuka puasa di Hong Kong. Kota ini memang terkenal dengan ragam budayanya, tak heran orang menyebutnya "Pertemuan Timur Barat" (East meets West).

Nah, berikut ini adalah beberapa masjid yang bisa Anda kunjungi di Hong Kong:

Masjid Jamia

Dream - Ini adalah masjid pertama di Hong Kong yang dibangun pada tahun 1840-an, dan diperluas di tahun 1915. Masjid Jamia ditetapkan sebagai Grade 1 dari daftar bangunan bersejarah oleh pemerintah Hong Kong. Seperti masjid pada umumnya, sholat lima waktu rutin diadakan di sini, serta sholat Tarawih saat bulan Ramadan. Tak hanya itu, Masjid Jamia juga menyediakan sahur bagi umat Muslim selama bulan puasa.

Alamat : 30 Shelley Street, Central
Stasiun MTR terdekat : Central

Masjid Ammar & Osman Ramju Sadick Islamic Center

Dream - Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Wan Chai. Dimiliki oleh Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong – yang memberikan sertifikat halal untuk restoran yang sesuai kriteria – dan operasionalnya dijalankan oleh Islamic Union of Hong Kong. Di area masjid, Anda bisa menemukan dimsum halal yang terkenal di Hong Kong. Terdapat juga beberapa fasilitas untuk umat muslim di masjid ini, termasuk perpustakaan dan TK Islam.

Alamat : Mesjid Ammar 40 Oi Kwan Road, Wanchai
Stasiun MTR terdekat : Causeway Bay

Masjid Chai Wan

Dream - Masjid Chai Wan dibuka pertama kali di tahun 1963 dan ditetapkan sebagai masjid ke lima di Hong Kong. Awalnya masjid ini didirikan untuk sholat jenazah yang dikuburkan di area makam sekitar, Cape Collinson. Seiring berkembangnya populasi umat muslim di Hong Kong, kegiatan Islami semakin banyak diadakan di masjid ini, termasuk madrasah untuk anak-anak belajar Alquran. Masjid ini berlokasi di area yang sunyi dan dikelilingi oleh pemandangan hijau nan asri.

Alamat : Cape Collison Road, Hong Kong
Stasiun MTR terdekat : Chai Wan

Masjid Stanley

Dream - Masjid ini pertama kali dibuka pada tahun 1981 untuk tempat beribadah India Muslim di Hong Kong. Masjid ini sangat nyaman untuk beribadah khusyuk karena pengunjung tidak diizinkan berjalan-jalan di area sekitar. Masjid Stanley mempunyai aturan khusus yang mengharuskan pengunjung mengajukan permohonan sebelum melakukan kunjungan.

Alamat : 53 Tung Tau Wan Road, Stanley, Hong Kong
Stasiun MTR terdekat : Chai Wan

Masjid Kowloon

Dream - Masjid ini termasuk masjid yang besar di Hong Kong, mampu mengakomodasi 3.500 orang. Masjid Kowloon memiliki dua madrasah untuk anak laki-laki dan perempuan dalam ruang kelas yang dapat mengakomodasi 200 murid di setiap kelas. Murid-murid madrasah dapat belajar bahasa Arab dan Alquran dalam bahasa Inggris dan Urdu di sini. Kelas dakwah (Intermediate Course on Islam) untuk non-muslim juga diselenggarakan secara rutin di masjid ini.

Alamat : 105 Nathan Road, TST, Kowloon
Stasiun MTR terdekat : Tsim Sha Tsui

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Restoran di Hong Kong Ini Ramah Muslim & Wajib Banget Dicoba!

5 Restoran di Hong Kong Ini Ramah Muslim & Wajib Banget Dicoba!

Jelajahi kuliner halal di Hong Kong yang bikin traveling makin seru!

Baca Selengkapnya
Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang

Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang

Mencari makanan halal di Jepang tentu tidak semudah di Indonesia. Cari tahu cara menemukan restoran halal di Jepang menurut warga lokal.

Baca Selengkapnya
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan pada 10 Maret 2024, Berikut 134 Titik Seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya