Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Kesalahan Fatal Turis Saat Berwisata

5 Kesalahan Fatal Turis Saat Berwisata Ilustrasi (Sumber: Http://www.foxnews.com/)

Dream - Fenomena media sosial, memunculkan tren selfie dalam segala suasana. Terutama saat pergi liburan, membuat banyak para pelancong berlomba-lomba mengabadikan pose paling keren untuk dipajang di akun-akun seperti Instagram, Path dan Facebook.

Tapi terkadang, ada beberapa tindakan yang membahayakan. Serta menimbulkan berbagai kecaman kepada mereka yang tidak peka terhadap lingkungan. Seperti baru-baru ini di Indonesia, ada sebuah Taman Amarilis yang rusak akibat dijadikan tempat foto para pengunjungnya.

Kejadian-kejadian seperti ini banyak pula terjadi di berbagai belahan dunia. Seperti dilansir dari Foxnews berikut ini, ternyata ada beberapa kesalahan fatal yang sering tidak disadari baik oleh pelaku industri pariwisata dan para traveller itu sendiri.

Berikut kesalahan-kesalahan yang harus segera ditinggalkan agar tidak membahayakan ekosistem binatang di lokasi tersebut.

1. Menunggangi Gajah

Gajah merupakan salah satu binatang yang paling banyak dijadikan tunggangan di kebun binatang atau wahana wisata lainnya. Padahal, hal itu dapat membahayakan gajah karena beban tubuh manusia yang duduk di punggung gajah bisa merusak kesehatan fisik dan psikologis mereka.

Proses latihan penjinakan gajah agar dapat menuruti pawangnya juga dianggap sebagai pemaksaan. Mereka dipisahkan dari ibunya sejak bayi, lalu dirantai sehingga mereka hanya bisa bergerak ketika diperintahkan.

2. Foto Selfie Bersama Harimau

Kehidupan harimau akan terganggu saat dijadikan sebagai alat peraga atau model foto selama berjam-jam. Jelas hal ini akan mempengaruhi kehidupan mereka sebagai binatang yang terbiasa dengan kehidupan alam bebas.

3. Berkunjung ke Kandang Beruang

Beruang yang berbadan besar biasanya akan ditempatkan di dalam kandang yang sudah sangat steril. Pada dasarnya, beruang adalah jenis binatang yang hidup soliter di alam liar. Sehingga sangat tidak menyukai keramaian. Saat suasana terlalu ramai, beruang akan kembali liar dan mengamuk karena persaan tidak nyaman yang disebabkan oleh manusia.

4. Memegang Penyu

Beberapa orang sangat bangga dapat berfoto dengan memegang penyu. Ternyata, hal itu dapat menyebabkan penyu menjadi stres. Lalu berimbas pada melemahnya sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kerentanan penyakit. Hampir 1300 penyu tewas di peternakan karena terlalu sering dipegang dan terserang wabah infeksi clostridium.

5. Berenang Bersama Lumba-Lumba

Kesempatan ini memang terlihat keren karena merupakan kesempatan langka. Para lumba-lumba dengan sengaja ditangkap dan dipindahkan ke kolam renang untuk dijadikan salah satu obyek wisata. Tapi hal ini kemudian menimbulkan kecaman dan perdebatan di kalangan pecinta binatang. Kolam renang dianggap bukan habitat asli lumba-lumba.

Bahkan, banyak negara yang melarang mengambil lumba-lumba untuk dibawa ke kolam. Hal ini disebabkan saat proses pengangkutan dari laut ke kolam, dapat menyiksa lumba-lumba. Mereka menderita karena dikejar oleh kapal dengan kecepatan tinggi, lalu ditangkap dengan jaring.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Otoritas Bandara, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Angkasa Pura Indonesia.

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

Asia masih menjadi tujuan liburan yang populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya