Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Astagfirullah, Sungai Ini Berubah Jadi Semerah Darah

Astagfirullah, Sungai Ini Berubah Jadi Semerah Darah Sungai Doldykan Di Rusia (Foto: Www.newsreportcenter.com)

Dream - Ada pemandangan berbeda yang dapat disaksikan di Sungai Doldykan, Rusia Utara. Sungai yang awalnya normal-normal saja berubah menjadi semerah darah. Loh ada apa?

Sementara ini, Greenpeace menuding proses industri yang menyebabkan hal itu terjadi. Kandungan nikel pabrik di dekat sungai sepertinya menjadi penyebab kenapa air sungai berubah dari biasanya.

Pabrik Norilsk Nickel, sebagai produsen nikel dan palladium terbesar yang berada di dekat sungai ini menolak tuduhan itu. Namun juru bicara Greenpeace Rusia, Vladimir Chuprov menyatakan bahwa mereka meyakini ada pipa pabrik yang mengalami kebocoran sehingga menyebabkan pembuangan sampah sisa industri jatuh ke sungai Doldykan.

Ternyata peristiwa serupa pernah terjadi pada bulan Juni lalu. Sehingga membuat Menteri Lingkungan Hidup Rusia segera mengambil tindakan dengan melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Lalu mereka mengambil sampel warna sungai yang telah berubah menjadi merah terang.

Menteri Lingkungan Hidup mengatakan adanya kemungkinan bahwa memang pecahnya pipa drainase di pabrik Norilsk Nickel yang menyebabkan hal itu terjadi. Dan hal itu akan sangat membahayakan kesehatan 170.000 jiwa penduduk yang bermukim di dekatnya.

Pada Kamis, kemarin Greenpeace Rusia telah mempublikasikan foto-foto air sungai yang telah berubah menjadi mengerikan, karena seperti aliran darah.

"Kami telah meminta laboratorium lokal untuk melakukan analisa dan kita pastikan bahwa pihak berwenang tidak akan bisa menyembunyikan malapetaka ini," ungkap Chuprov.

Nah, kini permasalahan baru muncul ketika ada yang mempertanyakan apakah perubahan warna air dapat membahayakan ikan-ikan yang ada di dalamnya? Apakah mereka aman untuk dikonsumsi setelah sungai kembali normal? Wallahualam...

(Sumber: ABCNews)

 

Disangka Batu, Ternyata Makhluk Langka Berusia Miliaran Tahun

Dream - Banyak orang merasa penasaran untuk datang ke Hamelin Pool yang terdapat di Shark Bay, wilayah Gascoyne, Australia Barat. Pasalnya terlihat banyak batu-batu yang tenggelam ke dasar air.

Namun ternyata mereka adalah makhluk yang disebut Stromatolit yang berasal dari mikroba kecil bersel satu yang disebut Cyanobacteria. Sebuah ganggang biru-hijau yang ditengarai sebagai bentuk-bentuk awal kehidupan di bumi.

Stromatolit dibentuk oleh lapisan-lapisan pertumbuhan Cyanobacteria dan sendimen yang menangkap mikroba dengan lapisan lendir di bagian atasnya. Kemudian partikel-partikel halus ini disemen bersama-sama dengan kalsium karbonat yang dihasilkan oleh bakteri, sehingga membentuk struktur stromatolit.

Meskipun mereka terlihat seperti benda mati yang tidak bernyawa, tapi struktur kalsium karbonat yang dihasilkan oleh bakteri terus membangun struktur stromatolit dengan sangat lambat. Bahkan koloni mikroba itu hanya tumbuh 1 mm per tahun.

Pada awalnya cyanobacteria muncul di bumi pada 3,5 miliar tahun yang lalu. Ketika oksigen dan atmosfer masih berjumlah sangat sedikit.

Dan melalui proses fontosintesis organisme, atmosfer bumi mengalami perubahan secara bertahap mendapat campuran karbondioksida sehingga menjadi oksigen. Akhirnya membuat hewan-hewan memangsa Cyanobacteria dan ganggang yang menyebabkan jumlah mereka berkurang banyak.

Sebenarnya, penemuan fosil Stromatolit banyak ditemukan di berbagai belahan bumi, seperti yang dijumpai di Hamelin Pool ini. Kebanyakan hewan hanya memakan bakteri dan ganggang yang berada di dalam. Sehingga stromatolit yang tumbuh di alam terbuka tidak terganggu.

(Sumber: Amusingplanet.com)

Misteri Batu Vottovaara, Fenomena Alam yang Tak Terpecahkan

Dream - Dua puluh kilometer sebelah tenggara Desa Sukkajarvi, bagian barat Bukit Karelia, wilayah Karelia, Rusia terdapat Gunung Vottovaara. Wilayah ini pernah tertutup lapisan es besar, yang tebalnya sampai beberapa kilometer sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Lapisan es tersebut lama-kelamaan mencair dan kini meninggalkan sebuah lanskap yang unikberupa batu-batu berserakan yang bentuknya aneh. Salah satu batu yang paling mencolok di Vottovaara adalah 'balancing stone' (batu seimbang), yang terdiri dari sebuah batu besar disangga oleh batu-batu kecil.

Batu lain yang menarik adalah batu yang berbentuk seperti tangga. Ada juga yang berbentuk batu terbelah. Tiupan angin yang terus-menerus, pohon-pohon pinus kerdil, rawa-rawa serta batu-batu aneh itu menjadi pemandangan berbeda di Karelia.

Bebatuan tersebut menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Banyak orang yang datang karena penasaran dengan bentuk aneh batu-batu itu. Sebagian dari mereka bahkan tak percaya jika batu-batu tersebut tercipta dengan sendirinya karena proses alam. Mereka yakin batu-batu ini dibentuk dan ditempatkan di sana oleh tangan manusia.

Namun faktanya, batu-batu yang ada di Vottovaara memang terbentuk secara alami. Suku Sami yang merupakan masyarakat adat setempat menyakini bahwa Vottovaara adalah gunung suci, dan menyebut batu-batu aneh itu 'Sieds'. Mereka menganggap batu-batu itu memiliki keuatan gaib.

(Sumber: Amusingplanet.com)

Fenomena Aneh, Bola-bola Es Misterius Muncul di Pantai Ini

Dream - Saat musim dingin tiba, fenomena langka dan aneh selalu terjadi di tepian Danau Michigan, Amerika Serikat. Kejadian mencengangkan serupa terjadi juga di Pantai Stroomi di Tallinn, Estonia Utara di mana bola-bola beku es terbentuk secara alami.

Bola-bola ajaib ini terbentuk dalam berbagai ukuran yang bervariasi, mulai dari hanya beberapa inci saja sampai lebih besar dari bentuk kaki. Bola terbentuk dari potongan-potongan lembaran es yang melapisi bagian danau di musim dingin. Kemudian sebagian gelombang akan melemparkannya dan membentuk blok es di sekitaran danau.

Lapisan-lapisan es tambahan di sekitar danau akan terlapisi lebih tebal lagi sampai membentuk blok es yang lebih besar seperti bola salju atau batu. Dan deburan ombak berperan membentuk lapisan-lapisan tersebut menyerupai bola-bola es.

Fenomena semacam ini dapat kamu jumpai di Pantai Stroomi, Teluk Finlandia. Seperti yang dikutip Amusingplanet dari portal berita Jerman, Spiegel Online bahwa ada sebuah kondisi spesifik yang diperlukan dalam membentuk bola es ini.

Di mana salah satunya harus di lautan datar, dengan dasar air yang tidak boleh memiliki lekukan tajam ke bawah. Dan kondisi ini memang dimiliki Teluk Finlandia yang melawan Estonia.

Heboh! Pohon Ini 'Menangis Darah'

Dream - Sungguh sulit dipercaya, ada sebuah pohon di Afrika Selatan yang bisa 'menangis darah'.

Alam selalu misterius! Kadangkala, alam menyuguhkan hal yang membingungkan. Setiap sudut alam ini dibungkus misteri yang sebagian besar belum bisa dipahami manusia.

Salah satunya ditunjukkan oleh sejenis pohon yang ditemukan di Afrika Selatan. Sekilas Anda akan merasa ngeri karena pohon tersebut akan mengeluarkan 'darah' saat ayunan kapak mengenainya. Bingung? Mari kita ungkap misteri alam yang menakjubkan ini.

Saat pertama kali melihatnya, pohon dengan nama pohon kiaat ini seperti pohon lainnya. Namun begitu ditebang, pohon ini akan mengeluarkan cairan merah kental seperti darah.

Karena itulah pohon yang tumbuh di hutan Afrika Selatan ini disebut bloodwood atau pohon darah.

Namun itu bukan darah yang keluar dari batang pohon kiaat. Cairan merah kental itu sebenarnya adalah getah yang memang biasa keluar jika sebuah pohon ditebang.

Namun getah pohon kiaat ini memang cukup mengerikan karena bentuk dan warnanya yang menyerupai darah.

Getah seperti darah itu sebenarnya sangat berguna bagi pohon kiaat untuk pulih atau tumbuh kembali.

Bagi manusia, getah tersebut berguna sebagai obat sakit kepala, sakit perut dan sakit telinga.

Selain itu, getah pohon kiaat juga digunakan untuk memurnikan air dan dipakai sebagai tambahan dalam masakan. Sementara batang pohon kiaat bisa dijadikan bahan baku furnitur.

Sayangnya, kegunaan dan manfaat yang begitu besar dari pohon kiaat ini telah membuat manusia gelap mata. Penebangan secara berlebihan membuat pohon kiaat menjadi semakin langka.

(Sumber: wittyfeed.com)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Heboh Penemuan Samudera Raksasa 700 Km di Bawah Permukaan Bumi, 3 Kali Lipat Lebih Besar dari Lautan Biasa
Heboh Penemuan Samudera Raksasa 700 Km di Bawah Permukaan Bumi, 3 Kali Lipat Lebih Besar dari Lautan Biasa

Bahkan genangan air di bawah permukaan bumi itu diprediksi ukurannya tiga kali lebih besar dari seluruh lautan di bumi.

Baca Selengkapnya
Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Belasan Orang Jatuh ke Sungai Usai Berziarah
Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Belasan Orang Jatuh ke Sungai Usai Berziarah

Belasan orang terembur ke sungai usai melewati jembatan gantung

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ada yang Aneh di Rumah Kamu? Jangan-Jangan Kena Santet, Ini Dia 10 Cirinya yang Harus Diwaspadai
Ada yang Aneh di Rumah Kamu? Jangan-Jangan Kena Santet, Ini Dia 10 Cirinya yang Harus Diwaspadai

Rumah yang dikirim santet biasanya kerap terjadi hal-hal aneh.

Baca Selengkapnya
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Biasanya, serabi disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula kelapa, memberikan sentuhan manis yang menggoda.

Baca Selengkapnya
Dua Bersaudara Masih Main Jelang Maghrib, Adik Tiba-tiba Kaku Lihat Pohon Pisang Depan Rumah, Ternyata Ada Kisah Seram di Baliknya
Dua Bersaudara Masih Main Jelang Maghrib, Adik Tiba-tiba Kaku Lihat Pohon Pisang Depan Rumah, Ternyata Ada Kisah Seram di Baliknya

Ayahnya kemudian bercerita tentang pohon pisang di depan rumah yang membuat Fawwaz ketakutan setengah mati.

Baca Selengkapnya
Fakta Menarik di Balik Pemandangan Seram Langit Dubai Berubah Hijau Usai Hujan Lebat dan Banjir Bandang Pekan Lalu
Fakta Menarik di Balik Pemandangan Seram Langit Dubai Berubah Hijau Usai Hujan Lebat dan Banjir Bandang Pekan Lalu

Netizen Dubai menyebut langit berubah warna hijau itu bak pemandangan di film-film fiksi ilmiah.

Baca Selengkapnya
Astaga! Satu Keluarga Tak Sadar Selama Ini Minum dan Mandi Pakai Air Limbah Rumah Tangga, Ketahuan Usai Cek Meteran
Astaga! Satu Keluarga Tak Sadar Selama Ini Minum dan Mandi Pakai Air Limbah Rumah Tangga, Ketahuan Usai Cek Meteran

Satu keluarga tidak menyadari selama ini minum air limbah rumah tangga. Pantas mereka sering sakit-sakitan.

Baca Selengkapnya
Penampakan Angker Dasar Laut Segitiga Bermuda
Penampakan Angker Dasar Laut Segitiga Bermuda

Laut Segitiga Bermuda angker. Banyak kapal hilang misterius. Begini penampakan di dasarnya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?
NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

Sahabat Dream, Pernah gak merasa capek bange tapi apa daya harus kerja demi uang. Sama nggak perasaannya seperti dua Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya