Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Aksi Berburu Bayangan Gerhana Matahari Total di Kalsel

Aksi Berburu Bayangan Gerhana Matahari Total di Kalsel Ilustrasi

Dream - Kalimantan Selatan (Kalsel), salah satu provinsi yang dilalui Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 mendatang, mengajak wisatawan untuk "Berburu Bayangan" di sejumlah kota yang disinggahi kegelapan sempurna yaitu Amuntai, Paringin dan Tanjung.

Di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kota Parigin, Kabupaten Balangan, gerhana muncul mulai pukul 07.24 WITA, puncaknya berlangsung pada 08.31-08.32 WITA dan berakhir pukul 09.49 WITA. Sementara itu di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, gerhana dimulai pada 07.24 WITA, puncaknya pukul 08.31-08.33 WITA dan berakhir pukul 09.49 WITA.

Acara Berburu Bayangan yang digagas oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalimantan Selatan ini akan disertai berbagai kegiatan. Salat gerhana matahari dilaksanakan di Paringin dan Tanjung, sementara di Amuntai diselenggarakan penampilan seni budaya islam serta kuliner.

Kegiatan pendukung lainnya adalah pagelaran musik Islami, pengamatan GMT dan gowes sepeda santai di Paringin. Kota Tanjung pun menggelar lebih banyak acara lagi seperti game astronomic untuk pelajar, lari coss country mengejar Matahari, pameran kuliner dan kerajinan serta pengamatan GMT.

Sejauh ini Disporbudpar telah mempromosikan acara "Berburu Bayangan" melalui ratusan lembar brosur yang disebar ke berbagai tempat seperti sekolah, kampus, restoran, termasuk di sosial media. Pihaknya juga siap memfasilitasi pengamatan GMT bagi para wisatawan.

"Kami menyediakan banyak teropong bintang bantuan dari Kementerian Pariwisata, suvenir seperti payung dan kaus. Ada tenda juga sebagai antisipasi cuaca hujan saat GMT nanti," ujar Kepala Seksi Pengembangan Pasar Pariwisata Disporbudpar Kalsel, Lenny Yosephani

Melalui momen ini, Pemerintah Kabupaten pun akan mempromosikan berbagai destinasi yang terdapat di tiga kabupaten seperti Masjid Raya Amuntai, Candi Agung, Pasar Kerajinan dan Kerbau Rawa (Kabupaten Hulu Sungai Utara), Masjid Al-Akbar, Makam Datu Kandang Haji, Gunung Hantanung dan Danau Baruh Bahinu di Kabupaten Balangan, serta Islamic Center, Tugu Api, Tanjung Puri dan Air Terjun Riam Mambanin di Kabupaten Tabalong.

(Sumber: Situs Kemenpar RI, Indonesia.travel)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP