Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bunga Bangkai Raksasa Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas

Bunga Bangkai Raksasa Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas Bunga Bangkai Raksasa Mekar Di Kebun Raya Cibodas (Foto: Http://lipi.go.id/)

Dream - Ingin menikmati nuansa liburan berbeda? Coba datanglah ke Kebun Raya Cibodas. Baru-baru ini di kawasan taman raya tersebut tengah tumbuh sebuah Bunga Bangkai raksasa.

Seperti diketahui, Bunga Bangkai merupakan salah satu tanaman langka yang proses mekarnya memerlukan waktu bertahun-tahun. Karena itu, momen mekarnya Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Bunga Bangkai yang mekar ini merupakan salah satu koleksi dari Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI).

Bernama latin Amorphophallus titanum Becc, bunga  ini dilaporkan mekar pada 7 Maret 2016 dan memiliki tinggi hingga 3,735 meter.

Agus Suhatman, Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI menjelaskan, koleksi Bunga Bangkai yang mekar saat ini merupakan tanaman induk dari hasil kegiatan eksplorasi flora di Bukit Sungai Talang, Dusun Sungai Manau, Desa Sungai Kalu Dua, Kecamatan Koto Parik Gadang, Resort Batang Suliti, TNKS, Kabupaten Solok Sumatera Barat, di ketinggian 840 mdpl pada tahun 2000.

"Tumbuhan bunga bangkai ini berbunga untuk yang ke empat kalinya," katanya seperti dikutip dari situs resmi LIPI, lipi.go.id.

Menurutnya, Bunga Bangkai yang mekar saat ini merupakan bunga tertinggi dari spesimen koleksi Bunga Bangkai yang sama dan paling tinggi di antara bunga yang pernah mekar di Kebun Raya Cibodas LIPI.

Berdasarkan data perbungaan, Bunga Bangkai sendiri mekar untuk pertama kali pada tahun 2003 dengan tinggi perbungaan mencapai 2,7 m. Kemudian, tahun 2007 mencapai tinggi 3,17 m, tahun 2011 tinggi perbungaan 3,2 m, dan tahun 2016 mencapai tinggi 3,735 m.

Bunga Bangkai raksasa hanya bisa dinikmati sempurna dalam waktu sekitar 1 minggu. Nah, bila Anda berminat melihat keindahan bunga ini, silahkan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas LIPI. Namun ingat ya, jangan sampai membuat kerusakan apapun pada tanaman langka tersebut saat menyaksikannya langsung.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Burung Tercantik di Dunia, Tak Semuanya Gampang Ditemukan

10 Burung Tercantik di Dunia, Tak Semuanya Gampang Ditemukan

Inilah beberapa burung yang tercantik di dunia, sudah pernah lihat?

Baca Selengkapnya
9 Jenis Tumbuhan yang Tetap Berbunga Sepanjang Tahun, Bahkan Saat Musim Panas

9 Jenis Tumbuhan yang Tetap Berbunga Sepanjang Tahun, Bahkan Saat Musim Panas

Berikut ini adalah tanaman bunga yang mampu berbungan sepanjang tahun dan tahan musim panas.

Baca Selengkapnya
Kurang Perhitungan Lokasi, Pengantin Lempar Bunga Sampai Nyangkut ke Atas Terpal Tenda

Kurang Perhitungan Lokasi, Pengantin Lempar Bunga Sampai Nyangkut ke Atas Terpal Tenda

Momen pengantin lempar bunga ketinggian, berujung nyangkut di atas tenda.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

Iseng lagi ngumpul tapi nggak tahu mau ngapain? Coba beli dan isi waktu kosong weekend dengan lomba kupas kuaci. Siapa yang menang?

Baca Selengkapnya