Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Garuda Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Labuan Bajo

Garuda Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Labuan Bajo Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Wikipedia)

Dream - Bukan lagi sekadar kabar burung. Janji ini sudah dilafalkan Direktur Utama Garuda Arif Wibowo di hadapan Menpar Arief Yahya saat pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair 2016 di JCC Senayan, Jakarta, 7-9 Oktober lalu. Maskapai penerbangan nasional itu akan berlabuh di Labuan Bajo, Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) per 27 Oktober 2016 mendatang. Bersamaan dengan BUMN CEO Meeting bersama Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno, sebagai bentuk supporting terhadap pariwisata yang makin dinamis.

Para bos BUMN itu sekaligus akan melihat lebih dekat kebutuhan mendesak apa yang perlu diarahkan untuk mendukung percepatan destinasi prioritas Komodo melalui CSR–Corporate Social Responsibility—perusahaan pelat merah itu. Sebuah langkah pro aktif yang patut diapresiasi untuk membangun "Bali Baru" di NTT, yang oleh sebagian orang dipelesetkan menjadi 'Next Tourism Territory' itu.

"Terima kasih banyak. Dukungan itu akan sangat bermakna buat pengembangan destinasi pariwisata Labuan Bajo. Kami akan menyiapkan beberapa critical success factor yang begitu disentuh akan berdampak serius pada kunjungan wisman di sana," ungkap Menpar Arief Yahya dikutip dari keterangan pers tertulis.

Arief Yahya sudah beberapa kali ke pulau tempat habitat asli "dinosaurus" yang sudah langka itu. Terakhir, menghadiri penutupan Tour de Flores, yang memperkenalkan keindahan alam dan pantai dari Larantuka sampai Labuan Bajo melalui sport tourism. "Saya biasa menggunakan framework 3A. Yang urgent adalah akses menuju Labuan Bajo. Akses itu ada tiga hal, yakni penerbangan (airline), pelabuhan udara (airport), dan pelabuhan laut (port and marina)," jelas Arief.

Tiga hal itu menyangkut kapasitas wisman yang bisa terangkut menuju ke desitasi Labuan Bajo. Airlines, harus ada direct flight dari Jakarta ke Labuan Bajo, dan itu sudah dijawab Garuda Indonesia. Lalu, harus ada airlines yang direct dari Australia sebagai originasi atau pasar terdekat, maupun Singapura sebagai transportation hub. Karena itu, bandaranya juga harus naik level menjadi international airport sehingga bisa dibuka jalur penerbangan langsung dari luar negeri.

Ketiga, harus segera punya pelabuhan laut yang bisa jadi tempat bersandar cruise atau kapal pesiar dengan kapasitas di atas 3.000 wisatawan, dengan kedalaman minimal 15 meter. Juga marina untuk bertambat perahu pesiar atau yachts. "Karena sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru, maka Labuan Bajo harus segera menjadi pelabuhan internasional," katanya.

Lebih lanjut, PIC Labuan Bajo sekaligus perwakilan Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata, Shana Fatina memaparkan, kegiatan BUMN tersebut akan dihadiri sekitar 150 orang CEO BUMN. Mereka bakal mencanangkan Sinergi BUMN untuk membangun Destinasi Prioritas Labuan Bajo-Flores. "Kegiatannya berupa Outbond Trekking dan Upacara Sumpah Pemuda di Pulau Padar, Trekking Loh Liang Komodo, akan ada juga kegiatan BUMN ke Desa Pasir Panjang Pulau Rinca. Selain itu juga akan ada Workshop Kewirausahaan Boga dan Pariwisata, serta Sinergi CSR BUMN untuk infrastruktur setempat," ujar Shana.

Sementara Hiramsyah, Ketua Pokja Percepatan 10 Bali Baru mengaku optimis dengan kabar dua kegiatan yang menggembirakan tersebut. "Terutama buat Destinasi Prioritas Komodo Labuan Bajo, NTT yang sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 'Bali Baru' itu oleh Kemenpar. Garuda akan menerbangkan satu bombardir direct flight dari Jakarta! Itu berarti menambah seats capacity ke destinasi Labuan Bajo," kata Hiramsyah.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar 25 Maskapai Penerbangan Teraman 2024, Ada Garuda Indonesia?

Daftar 25 Maskapai Penerbangan Teraman 2024, Ada Garuda Indonesia?

Maskapai mana yang menjadi masakpai teraman di dunia tahun 2024?

Baca Selengkapnya
Hadir di Badan Pesawat Garuda Indonesia Mulai Februari 2024, Pikachu Berkemeja Batik Bakal Sapa Penumpang

Hadir di Badan Pesawat Garuda Indonesia Mulai Februari 2024, Pikachu Berkemeja Batik Bakal Sapa Penumpang

Garuda Indonesia bekerja sama dengan The Pokemon Company akan meluncurkan Pokemon Jet GA1, pesawat bergambar Pokemon pada 23 Februari 2024 nanti.

Baca Selengkapnya
Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%

Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%

Pencarian tiket pesawat untuk destinasi Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya