Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Indonesia Gastrofest Siap Manjakan Pecinta Kuliner Nusantara

Indonesia Gastrofest Siap Manjakan Pecinta Kuliner Nusantara Konferensi Pers Indonesia Gastrofest 2017 (Foto: Ratih Wulan/Dream.co.id)

Dream - Indonesia dijuluki sebagai negeri kaya rasa yang memiliki keberagaman seni mengolah makanan. Kearifan lokal ini dianggap sebagai sebuah warisan budaya yang harus dihidupkan secara turun-temurun.

Sehingga menginspirasi Indonesia Gastronomy Association (IGA) untuk menyelenggarakan sebuah acara yang menampilkan karakter masakan nusantara secara menyeluruh. Selama tiga hari, Indonesia Gastrofest 2017 akan diselenggarakan pada 21-23 Juli 2017 di ICE BSD City, Tangerang Banten.

"Acara ini akan menjadi diplomasi budaya Indonesia di mata dunia serta internalisasi budaya-budaya daerah," ungkap Dewan Pendiri IGA, Guruh Soekarno Putra dalam jumpa pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Oktober 2016.

Indonesia Gastrofest 2017

Selain itu, acara yang baru pertama kali diadakan ini akan menjadi ajang penghargaan untuk mengurai kisah budaya masakan daerah, kekayaan bumbu lokal, teknik pengolahan yang detil dan berkelas hingga akhirnya sebuah menu tradisional dapat tersaji di ranah internasional.

Sedangkan untuk kuliner yang akan ditonjolkan dalam even itu antara lain Ikan Dole dari Sulawesi Tenggara, Udang Rambut Betara dari Jambi dan makanan khas masyarakat Kalimantan Barat, Bubur Pedas.

"Ikan Dole merupakan sajian khas masyarakat Buton yang dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri, dibalut dengan santan lalu digoreng," terang Associate Director PT Dyandra Promosindo, Michael Bayu A Sumarijanto.

Indonesia Gastrofest 2017

Kemudian Udang Rambut Batara, merupakan sajian lokal dari Kabupaten Batanghari. Sedangkan Bubur Pedas memiliki tampilan yang mirip dengan Bubur Manado. Bubur yang dimasak dengan campuran sayuran, bertabur teri goreng dan kacang namun memiliki rasa rempah yang lebih kuat.

Ditambah dengan sedikit sambal, taburan kelapa sangrai serta perasan jeruk limau untuk menambah kesedapan rasanya.

Tak hanya tiga makanan itu saja, keterlibatan seluruh masyarakat Indonesia akan digandeng langsung oleh pemerintah daerah masing-masing. Masyarakat dari seluruh daerah akan diajak untuk menampilkan aneka menu resep masing-masing. Khususnya makanan-makanan yang belum dikenal secara nasional.

Indonesia Gastrofest 2017

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

Tren kuliner lokal terbagi menjadi 3 kategori. Kuliner yang menjadi favorit pun tidak selamanya memiliki cita rasa tradisional.

Baca Selengkapnya
Daftar 10 Bandara dengan Restoran Terbaik di Dunia 2024

Daftar 10 Bandara dengan Restoran Terbaik di Dunia 2024

Penghargaan ini melibatkan lebih dari 180 food and travel journalists sebagai panelis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

Sudah full effort mencuci hijab sampai bersih dan disetrika rapi, malah kusut pas dilipat. Punya masalah yang sama?

Baca Selengkapnya