Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Spa Tradisional ala Minangkabau, Daya Tarik Baru Wisata Sumbar

Spa Tradisional ala Minangkabau, Daya Tarik Baru Wisata Sumbar Ilustrasi (Foto: Www.goodnewsfromindonesia.org)

Dream - Indonesia sejak dahulu merupakan negara yang masyarakatnya dikenal memiliki beragam jenis cara dan produk perawatan tubuh tradisional, yang semuanya berasal dari rempah-rempah alami.

Ragam jenis jamu serta ramuan tradisional itu banyak ditemukan di berbagai tempat di negeri ini. Dimana berbeda wilayah maka berbeda pula tumbuhan yang digunakannya. Namun demikian, rupanya pemanfaatan cara dan produk perawatan tubuh tradisional tersebut kini tergeser oleh produk perawatan tubuh dan spa dari luar.

Setidaknya ada sembilan spa tradisional Nusantara yang mewakili keragaman karakteristik budayanya dimana memiliki keunggulan khasiatnya masing-masing. Beberapa yang sudah mulai kembali dikenalkan diantaranya adalah Batangeh dari Minang, Oukup dari Sumatera Utara, Tangas dari Betawi, Bakera spa dari Minahasa, Tellu Sullapa Eppa dari Bugis, Lulur Jawa dari Jawa, Bali Spa dari Bali, Batimung dari Banjar, Kalimantan Selatan, serta Soo so dari Madura.

Nah, kearifan lokal berupa perawatan tubuh tradisional yang super unik salah satunya dapat ditemukan di masyarakat Minangkabau. Wanita Minang kerap menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh mereka dengan cara mandi sauna yang disebut batangeh spa atau bertangas yang artinya 'mandi uap'. Fungsinya adalah untuk perawatan dan pengobatan. Jenisnya ada dua yaitu batangeh kering dan basah.

Alat dan bahan yang digunakan diantaranya adalah periuk tanah, tikar pandan, kain sarung, bangku, tungku, bunga, daun, akar, biji, dan kulit kayu. Sementara itu, untuk bahan yang digunakan batangeh umumnya bagian tumbuhan yang mengandung minyak astiri, seperti sereh wangi, pandan, sirih, gambelu, usa harum, dan kenanga.

Wanita Minang seperti calon pengantin, ibu-ibu, wanita yang baru melahirkan, serta orang yang baru sembuh dari penyakit menahun biasanya memanfaatkan batangeh atau bertangas ini. Dengan perawatan tradisional tersebut tubuh mereka akan segar dan harum sepanjang hari.

Wanita yang baru melahirkan memanfaatkan batangeh untuk menghilangkan bau anyir dan mengembalikan fungsi rahim. Orang yang baru sembuh dari penyakit menahun pun menerapkannya untuk menghilangkan bau badan yang masih tersisa selama sakit juga untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Selain itu, rupanya batangeh juga dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti reumatik, penyakit kulit, sinusitis dan lainnya.

Nah, traveler perempuan yang berkesempatan mengunjungi Sumatera Barat, sesekali cobalah spa tradisional ala Minangkabau ini. Tradisi Batangeh sendiri sampai sekarang masih dilestarikan secara turun-temurun di Sumatera Barat. Tepatnya di 5 wilayah, yakni Payakumbuh, Solok, Pagaruyung, Batusangkar dan Padang. Selamat mencoba ya!

(Sumber: Pesonaindonesia.travel)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kisah Seram Pekerja Spa Wanita Dirayu Pelanggan Pria Hidung Belang, Ditawari Uang Tapi dengan Cara Menjijikkan

Kisah Seram Pekerja Spa Wanita Dirayu Pelanggan Pria Hidung Belang, Ditawari Uang Tapi dengan Cara Menjijikkan

Saat itu, pekerja spa wanita tersebut mengaku seluruh badannya menggigil. Dia terus berpikir bagaimana keluar dari situasi mengerikan itu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.