Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Unik, Banyuwangi Festival 2017 Diluncurkan di Tengah Sawah

Unik, Banyuwangi Festival 2017 Diluncurkan di Tengah Sawah Peluncuran Banyuwangi Festival 2017 Oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dream - Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Banyuwangi Festival 2017. Ajang wisata sepanjang tahun yang digelar rutin sejak 2012 ini menghadirkan beragam event menarik yang tahun ini jumlahnya mencapai 72 event. Peluncuran agenda tersebut dilakukan di tengah sawah di Desa Banjar, Kecamatan Licin, tak jauh dari kaki Gunung Ijen, salah satu destinasi andalan yang kawahnya bisa memancarkan api biru.

"Peluncuran Banyuwangi Festival 2017 sengaja digelar di desa dan di tengah sawah karena orientasi ajang wisata ini adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan desa," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dikutip dari keterangan pers tertulis, Kamis, 26 Januari 2017.

Banyuwangi

Panggung yang digunakan untuk peluncuran berada di tengah sawah dengan konsep yang sederhana. Beralaskan ilalang dengan ornamen bambu-bambu dan janur kuning. Tepat di depan panggung ada jembatan bambu dan kolam ikan. Nuansa pedesaan sangat terasa.

Anas mengatakan, Banyuwangi Festival (B-Fest) 2017 tetap akan menyajikan event besar yang telah menjadi ikon daerah, seperti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (27-30 September), Banyuwangi Ethno Carnival (11 November), Festival Gandrung Sewu (8 Oktober), Banyuwangi Beach Jazz Festival (2 September), dan Jazz Ijen (6-7 Oktober).

"Tahun ini ada 72 event yang berbasis keberagaman seni dan budaya, pesona alam, kreativitas rakyat, dan sport tourism. Jauh lebih berwarna dibanding tahun sebelumnya," kata Anas.

banyuwangi

Anas mengungkapkan, Banyuwangi Festival digelar setiap tahun bukan hanya untuk mendongkrak sektor wisata, tetapi sekaligus untuk mewadahi dan menumbuhkan kreativitas rakyat.

"Seperti tahun ini kami menggelar event baru, Festival Sastra (26-30 April) dan Festival Teknologi Inovatif (19-22 Juli). Tujuannya tak lain untuk merangsang minat anak muda pada sastra dan sains. Kalau difestivalkan, tumbuh perhatian pada dua bidang tersebut," terang Anas.

Anas menambahkan, B-Fest 2017 juga menjadi ajang istimewa bagi industri fesyen daerah. Tahun ini ada 5 event untuk memamerkan potensi desainer daerah, mulai dari ajang Indonesia Fashion Week (4 Februari), Green & Recycle Fashion Week (25 Maret), Kebaya Festival (22 April), Banyuwangi Batik Festival (29 Juli), hingga Banyuwangi Fashion Festival (14 Oktober).

"Kami ingin para pelaku industi fesyen Banyuwangi semakin maju, mampu meningkatkan kualitas produknya sekaligus memperluas jangkauan pasarnya," tuturnya.

Sejumlah tradisi asli Banyuwangi juga difestivalkan antara lain Barong Ider Bumi (26 Juni), Seblang (30 Juni & 5 September), Tumpeng Sewu (24 Agustus), Kebo-keboan (14 September & 1 Oktober), hingga Petik Laut (4 & 23 Oktober).

"Kami juga menggelar Agro Expo (13-20 Mei), Festival Durian (20 Mei), dan Fish Market (3 Oktober) untuk menguatkan dan mempromosikan produk pertanian serta perikanan. Misalnya, bakal ditampilkan durian merah yang menjadi buah khas Banyuwangi," papar Anas.

Dari sisi sport tourism, selain International Tour de Banyuwangi Ijen (27-30 September) yang telah menjadi agenda tetap Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI), ada Banyuwangi International Ijen Green Run (23 Juli), Banyuwangi International BMX (22-23 April), dan Kite and Wind Surfing Competition di Pulau Tabuhan (26-27 Agustus).

"Tahun ini juga ada Festival Kuliner mengangkat pecel pithik, salah satu kuliner khas masyarakat Suku Osing Banyuwangi. Kuliner kami angkat agar makin dikenal dan wisatawan bisa bertamasya rasa di depot-depot Banyuwangi," pungkas Anas.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

Kamu bisa menikmati kembang api gratis di lima lokasi berikut ini

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Tipe-Tipe Karyawan Memasuki `Jam Rawan`

NOTED KAK! Tipe-Tipe Karyawan Memasuki `Jam Rawan`

Sahabat Dream, kalian kira-kira tipe yang mana nih kalau sudah masuk jam-jam rawan seperti ini? Comment di bawah yuk.

Baca Selengkapnya