Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wisata Syariah Indonesia Duduki Peringkat 4 Dunia

Wisata Syariah Indonesia Duduki Peringkat 4 Dunia Launching Global Muslim Travel Index (GMTI) (Foto: Ratih Wulan/Dream.co.id)

Dream - Wisata halal Indonesia kian menggaung di kancah pasar muslim internasional. Hal itu dibuktikan dari data yang dikeluarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) pada Maret ini setelah melakukan penilaian pada 130 destinasi wisata di negara-negara Islam.

Wisata halal Indonesia berhasil naik ke peringkat ke empat setelah Malaysia, Uni Emirat Arab dan Turki. Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan apresiasi yang sedemikian besar terhadap pencapaian tersebut.

"Kita berhasil naik dua peringkat dari sebelumnya di peringkat enam," tutur Arief Yahya saat memberi sambutan di acara Press Briefing Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016.

Menpar berharap agar prestasi ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia. Mengingat potensi wisata halal yang dimiliki Indonesia lebih dari 100 juta kunjungan. Berkisar di angka 125 juta kunjungan yang dapat melampaui pencapaian kunjungan ke negeri Tiongkok

"Malaysia nomor satu dengan 6 juta wisman muslim. Thailand 5 juta dan Singapura 4 juta. Sedangkan Indonesia baru 2 juta," imbuhnya saat dijumpai di Hotel Pullman Thamrin, Jakrta Pusat pada Rabu, 23 Maret 2016.

Lebih jauh ia berpesan agar sektor pelayanan pariwisata halal semakin ditingkatkan. Didukung dengan perbaikan fasilitas dan produk dari destinasi wisata itu sendiri tentunya. Sehingga nantinya bahasan wisata halal tak hanya sekadar berbicara masalah agama saja, namun berkaitan erat dengan pertumbuhan industri dan bisnis.

Inilah yang saya sebut sunatullah di sini, barang siapa yang berikan destinasi, fasilitas dan marketing terbaik pasti akan memenangkan persaingan," imbuh Menpar.

Sedangkan unuk negara-negara non-Islam, kunjungan muslim traveler paling banyak yang mengarah ke Singapura. Diikuti oleh negara Thailand, Inggris, Afrika Selatan dan Hongkong yang menempati posisi lima teratas.

Pada kesempatan yang sama, GMTI juga merilis pernyataan bahwa Asia dan Eropa merupakan dua kawasan yang paling menarik perhatian muslim. Memiliki potensi sebesar 87 persen dari keseluruhan pangsa pasar perjalanan muslim.

(Laporan: Ratih Wulan)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

Sahabat Dream, seru juga nih tes tingkat ketahanan kamu makan buah jeruk nipis. Kira-kira kalau kalian masuk yang mana nih?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

Demi dapat views banyak memang boleh ya `seritual` ini? Sahabat Dream ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya