5 Maskapai Penerbangan yang Pernah Eksis di Indonesia

Dulunya pernah eksis bahkan cukup berjaya di Indonesia. Namun perlahan tergilas persaingan hingga akhirnya tidak beroperasi lagi kini.....

Puri Yuanita
| 4 April 2017 09:19

Dream - Beragam promo tiket pesawat murah kerap diluncurkan oleh maskapai-maskapai penerbangan demi bersaing menjaring banyak penumpang. Namun sayang, ada sejumlah maskapai yang ternyata tak mampu bersaing hingga terpaksa harus gulung tikar.

Seperti lima maskapai berikut yang dulunya pernah eksis bahkan cukup berjaya di Indonesia. Namun perlahan tergilas persaingan hingga akhirnya tidak beroperasi lagi kini.

Sahabat Dream Travel, mungkin ada yang pernah terbang dengan salah satu di antaranya? Atau malah pernah menjajal kelimanya? Ingin tahu maskapai apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Merpati Nusantara Airlines

Merpati Nusantara Airlines merupakan perusahaan transportasi udara yang berkantor pusat di Jakarta. Pesawat ini mengoperasikan rute penerbangan domestik dan internasional. Merpati Nusantara Airlines pun menjadi angkutan utama khususnya bagi masyarakat yang wilayahnya terpencil.

Maskapai satu ini memiliki penilaian penerbangan tepat waktu atau On Time Performance yang baik dan mengungguli Air Asia. Sayangnya, perusahaan yang berdiri pada tahun 1962 ini terpaksa harus berhenti beroperasi di Februari 2014 karena masalah keuangan atau utang.

2. Adam Air

Maskapai penerbangan ini pernah eksis jadi salah satu pilihan low cost airlines pada masanya. Berdiri pada tahun 2003, perusahaan bernama PT Adam SkyConnection Airlines atau Adam Air ini melayani rute penerbangan domestik serta internasional seperti Penang dan Singapura.

Adam Air berhenti beroperasi pada Maret 2008 karena izin terbangnya dicabut oleh Departemen Perhubungan. Sebabnya, rangkaian tragedi kecelakaan yang diakibatkan kelalaian, terjadi secara beruntun menimpa maskapai ini. Yang cukup ramai diperbincangkan adalah insiden jatuhnya salah satu pesawat dengan rute Surabaya-Manado yang menyebabkan seluruh penumpang dan awaknya tewas pada 2007 lalu.

Maskapai lainnya bisa kamu lihat di sini.   

Cooking With Filma - Risoles

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Kisah Cinta Traveler Beda Negara Ini Dijamin Bikin 'Baper'!
NEWS 3 April 2017 17:17

Kisah pertemuan Michael dan Adin hingga mereka menikah menarik banget lho untuk dikulik. Seperti apa? Disimak yuk.