5 Negara yang Melarang Kunjungan Warga Israel

Saat ini ada sekitar 20 negara di dunia yang menolak izin masuk bangsa Israel. Dari 20 negara tersebut, ada lima di antaranya yang paling keras mengharamkan paspor milik warga Negeri Bintang Daud itu.

Puri Yuanita
| 22 November 2016 16:43

Dream - Tindakan Israel yang terus menekan dan menggempur bangsa Palestina membuat eksistensi negara ini menjadi begitu kontroversial. Alhasil berdampak pula pada hubungan diplomatiknya dengan negara-negara lain di dunia. Terutama negara-negara yang memiliki mayoritas penduduk muslim.

Saat ini ada sekitar 20 negara di dunia yang menolak izin masuk bangsa Israel. Dari 20 negara tersebut, ada lima di antaranya yang paling keras mengharamkan paspor milik warga Negeri Bintang Daud itu.

Bahkan, lima negara itu secara tegas mengatur dalam undang-undang mereka agar kuat secara hukum tak mau menerima paspor warga Israel. Negara mana saja? Yuk simak ulasannya.

1. Iran

Iran menjadi salah satu negara yang paling menentang eksistensi Israel. Puncaknya, saat kepemimpinan Negeri Mullah ini dipegang oleh mantan Presiden Mahmud Ahmadinejad. Dalam konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Iran tak segan-segan " menampar" delegasi Israel lewat pidato Ahmadinejad yang berkobar.

Meski kini sudah lebih " adem ayem" dan tidak terlalu terang-terangan memusuhi, pemerintah Iran tetap tidak mencabut larangan paspor warga Israel masuk ke tanah Iran.

Sebelas dua belas dengan Iran. Israel pun memberlakukan hukum melarang warganya pergi ke Iran. Berdasarkan hukum kebangsaan 1952, Iran berada di urutan pertama negara yang tidak boleh dimasuki oleh warga Zionis kecuali mereka ingin dapat sanksi berat.

2. Aljazair

Menurut hukum Israel, Aljazair masih termasuk negara yang boleh dikunjungi. Namun berbeda sikap dengan Israel, pemerintah Aljazair melarang keras dan menolak izin masuk warga Zionis ke wilayah mereka.

Pemerintah Aljazair bahkan sering mengutuk Israel sebagai bangsa barbar. Dalam setiap intifada di Jalur Gaza, Aljazair bersama-sama Turki dan Qatar menjadi negara berandil besar dalam membantu warga Gaza, terutama dalam memberikan pasokan makanan dan obat-oabatan.

3. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga menjadi salah satu negara yang tidak pernah mengizinkan warga Israel masuk ke wilayah mereka. Kalaupun ada urusan sangat mendesak, para pengguna paspor berstempel Bintang Daud itu harus memohon persetujuan Menteri Urusan Dalam Negeri Malaysia. Tentunya dengan birokrasi berbelit-belit.

Sama seperti Indonesia, Malaysia pun hingga kini belum mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Tidak satu pun agen pariwisata Negeri Jiran yang menawarkan paket perjalanan ke wilayah Zionis itu.

Penasaran dengan dua negara lainnya? Lihat di sini.    

Topik Terkait :

Vaksinasi Dan Imunisasi, Apa Bedanya?

Jangan Lewatkan