8 Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turki

Ada baiknya kamu ketahui dulu nih 8 hal unik ini, biar nggak terkejut saat jalan-jalan di Turki.

Puri Yuanita
| 28 April 2017 17:23

Dream - Tak sekadar indah, Turki adalah negara yang menyuguhkan segudang daya tarik wisata menarik. Mulai dari tempat-tempat bersejarah, arsitektur megah, kuliner lezat hingga budaya dan tradisi masyarakatnya yang unik.

Makanya tak heran ya kalau Turki menjadi destinasi liburan favorit wisatawan dunia. Termasuk orang-orang Indonesia. Bahkan banyak yang sampai rela mengeluarkan budget besar, demi bisa menginjakkan kaki di negara Kemal Ataturk ini.

Nah, bicara soal Turki, berikut ini Dream Travel bakal mengulas beberapa hal unik yang bakal dijumpai saat kamu berada di negara ini. Ada baiknya kamu ketahui dulu nih 8 hal unik ini, biar nggak terkejut saat jalan-jalan di Turki. Langsung saja, simak yuk ulasannya.

1. Adu Unta

Jika selama ini kamu hanya mengetahui adu banteng atau adu ayam, ternyata binatang khas padang pasir seperti unta juga bisa diadu. Tradisi adu unta terdapat di Turki dan sangat populer di sana. Setiap digelar adu unta jantan, selalu ramai penonton.

Meskipun diadu, namun untunglah tidak pernah ada unta maupun penonton yang terluka akibat hal ini. Tapi jika kamu ingin menonton adu unta di Turki, bersiap-siaplah untuk terkena semprotan air liur unta yang gelisah karena diadu.

2. Menabur Gandum di Puncak Bukit

Tradisi pada masa Khilafah Umar Bin Abdul Aziz masih tetap dilakukan oleh masyarakat Turki. Kaum muslimin di Turki menaburkan gandum di puncak bukit di musim dingin untuk memberi makan burung yang kelaparan. Tradisi ini sudah mereka lakukan lebih dari 1200 tahun.

3. Makanan Khas

Kuliner Turki mewarisi warisan Ottoman yang dapat digambarkan sebagai perpaduan dan penyempurnaan dari Turki, Arab, Yunani, Armenia dan masakan Persia, serta masakan Eropa barat. Masakan daerah (Turki utara) didasarkan pada jagung dan ikan. Sebelah tenggara--Urfa, Gaziantep dan Adana--terkenal dengan Kebab, Mezes dan makanan penutup adonan seperti Baklava, Kadayıf dan Kunefe.

Di bagian barat Turki, dimana pohon Zaitun tumbuh melimpah, minyak Zaitun adalah jenis utama minyak yang digunakan untuk memasak. Sementara masakan dari daerah Aegean, Marmara dan Mediterania menampilkan karakteristik dasar dari masakan Mediterania karena mereka kaya akan sayuran, bumbu dan ikan. Kemudian Anatolia Tengah terkenal dengan spesialisasi kuenya seperti Keskek (kashkak), Manti (terutama dari Kayseri) dan Gozleme.

Hal-hal unik lainnya dari Turki bisa kamu lihat di sini.   

Topik Terkait :

Tatjana Saphira Bintangi Iklan Bareng Gong Yoo

Jangan Lewatkan