Alquran Raksasa yang Mendunia Tersimpan di Palembang

Tak kan ada yang menduga jika di dalam sebuah bangunan seperti rumah pada umumnya ini, terdapat karya seni yang mendunia.

Puri Yuanita
| 3 Maret 2016 17:17

Dream - Wisata Palembang biasanya identik dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Nyaris semua pelancong yang datang ke Kota Pempek ini tak ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi dua ikon tersebut.

Namun jangan salah, Palembang tak hanya itu. Masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa Anda datangi. Terlebih bagi Anda para pecinta wisata religi, Palembang menjadi salah satu kota di Indonesia yang sangat tepat dipilih sebagai destinasi wisata religi.

Di kota Pempek ini ada banyak tempat dan ikon-ikon Islami yang bisa Anda jelajahi. Mulai dari masjid-masjid, museum hingga tempat-tempat yang menyimpan jejak sejarah peradaban Islam masa lalu.

Nah, salah satu destinasi wisata religi yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Palembang adalah Al-Quran Al-Akbar.

Takkan ada yang menduga jika di dalam sebuah bangunan seperti rumah pada umumnya ini, terdapat karya seni yang mendunia. Al-Quran Al-Akbar adalah Alquran raksasa yang berbentuk lembaran kayu yang dipasang seperti jendela di bangunan bertingkat lima.

Total 30 juz Alquran diukir pada kayu tembesu yang berukuran 1,77x1,4 meter. Lembaran kayu itu juga dihiasi ornamen bunga khas Palembang. Kabarnya, butuh waktu 7 tahun dan dana hingga Rp2 miliar untuk membuatnya.

Al-Quran Al-Akbar diresmikan pada 30 Januari 2012 oleh SBY dan seluruh delegasi Organisasi Konferensi Islam (OKI). Sebelumnya, Alquran ini dipajang di ruang pamer Masjid Agung Palembang selama 3 tahun untuk mendapat koreksi dari seluruh umat muslim. Setelah itu, barulah dipindahkan ke tempatnya sekarang.

Ingin tahu lebih banyak tentang destinasi wisata religi di Palembang? Yuk lihat selengkapnya di sini.        

 

Topik Terkait :

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara

Jangan Lewatkan