Bukan 'Cabe', Ternyata Begini Asal Usul Nama Pulau Lombok

Banyak orang menduga bahwa pulau ini dinamai Pulau Lombok karena masyarakatnya identik dengan kuliner-kuliner pedas. Tapi ternyata salah.

Puri Yuanita
| 10 Juli 2016 10:40

Dream - Pulau Lombok populer sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Pantai-pantai yang indah, aneka tradisi unik, serta keramahan dan kehangatan masyarakatnya menjadi daya tarik yang membuat jutaan turis dari berbagai penjuru dunia ingin menginjakkan kaki di pulau ini.

Namun, di balik segala keunggulannya itu, pernahkah Anda berpikir mengapa pulau ini diberi nama Lombok? Dan alasan apa yang melatarbelakangi pemberian nama itu?

Pada umumnya, masyarakat Indonesia mengartikan kata Lombok sebagai cabe. Dan banyak orang menduga bahwa pulau ini dinamai Pulau Lombok karena masyarakatnya identik dengan kuliner-kuliner pedas. Tapi ternyata salah.

Nama Pulau Lombok bukan berasal dari kata cabe. Makna Lombok yang sebenarnya adalah 'lurus' yang memang sudah tertulis sejak zaman kerajaan Majapahit pada buku Negara Kertagama yang berbunyi 'Lombok Sasak Mirah Adi'. Lantas apa makna kalimat tersebut?

Jika kalimat tersebut dikaji dengan cara dipisahkan kata perkata maka kata Lombok berarti lurus, Sasak berarti orang Lombok sendiri, Mirah artinya permata dan Adi artinya kejayaan. Jadi secara keseluruhan, makna kalimat yang tertulis di buku Negara Kertagama tersebut yaitu, orang Lombok memiliki hati yang lurus untuk dijadikan permata kejayaan.

Pulau Lombok memang sudah mengalami peradaban yang panjang. Bukan hanya peradaban dari Kerajaan Majapahit tapi sudah dikuasai sebelumnya oleh Kerajaan Sriwijaya. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya bukti arkeologis berupa empat arca Budha, dimana 2 di antaranya disimpan di Museum Jakarta dan 2 lagi disimpan di Museum NTB.

Masih banyak lagi penemuan-penemuan arkeolog yang membuktikan bahwa Lombok sudah eksis sejak dahulu kala.

Cerita selengkapnya baca di sini.     

  

Topik Terkait :

Salat Jamaah Perdana Deddy Corbuzier Bersama KH. Ma'ruf Amin

Jangan Lewatkan