Cerita Sedih Pengungsi Vietnam di Pulau Galang

Tak kurang dari 5.000 pengungsi terdampar di Pulau Galang. Di sinilah kemudian mereka...

Puri Yuanita
| 26 Mei 2016 08:20

Dream - Letaknya yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia, menjadikan Batam menjadi kota ramai dan terkenal sebagai pusat bisnis. Batam juga identik dengan wisata belanja. Nyaris setiap wisatawan yang berkunjung ke kota ini, memiliki tujuan utama berbelanja.

Namun jangan salah. Selain belanja, banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika Anda pelesir ke Kota Batam. Anda bisa sejenak berwisata ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Salah satunya, Pulau Galang.

Pulau Galang adalah salah satu pulau di dekat Batam yang menyimpan sejuta sejarah tentang para pengungsi Vietnam yang pernah tinggal di sana belasan tahun lamanya.

Perang yang terjadi di Vietnam pada akhir 1970-an membuat warganya berbondong-bondong mengungsi ke daerah-daerah sekitarnya. Dengan kapal, mereka menerjang gelombang laut dan badai agar bisa menyelematkan diri dan keluarga dari perang tak berkesudahan.

Tak kurang dari 5.000 pengungsi terdampar di Pulau Galang. Di sinilah kemudian mereka membangun kehidupan. Sampai saat ini, sisa-sisa peninggalan para pengungsi Vietnam masih bisa dilihat di sana.

Selengkapnya baca di sini.    

[crosslink_1]

 

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Tour Guide Jadi Bos Pecel - Berani Berubah

Jangan Lewatkan