Duh! Lakukan 5 Hal Ini Saat Traveling Bisa Batalkan Puasa

Jangan sampai berbagai aktivitas yang dilakukan selama traveling justru mengganggu atau bahkan membatalkan puasamu.

Puri Yuanita
| 30 Mei 2017 16:21

Dream - Traveling saat Ramadan bisa jadi momen seru tak terlupakan. Terlebih jika destinasi yang kamu tujua adalah negara-negara mayoritas penduduk muslim.

Dengan begitu kamu bisa ikut merasakan seperti apa keseruan tradisi penduduk lokal dalam menyambut dan menjalani bulan Ramadan. Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berburu kuliner Ramadan yang tentunya tak bisa dirasakan di bulan-bulan lainnya.

Namun Sahabat Dream Travel perlu hati-hati juga ketika traveling di bulan Ramadan. Jangan sampai berbagai aktivitas yang dilakukan selama traveling justru mengganggu atau bahkan membatalkan puasamu.

Seperti beberapa aktivitas berikut ini yang kerap dilakukan orang saat traveling. Namun jika travelingnya saat Ramadan, sebaiknya jangan lakukan aktivitas-aktivitas tersebut karena berisiko membatalkan puasa.

Aktivitas apa saja itu? Yuk simak ulasannya.

1. Icip Makanan

Saat traveling rasanya belum lengkap jika belum icip-icip kuliner khas di tempat yang dituju. Apalagi kalau tempat wisata itu dikenal dengan kuliner khasnya seperti kuliner khas Solo yang menggugah selera.

Nah, saat puasa haram hukumnya icip-icip makanan. Meskipun ada perbedaan pandangan sebatas icip saja asal tidak tertelan masih dibolehkan demi mencoba cita rasa makanan namun dikhawatirkan justru tertelan yang mengakibatkan puasanya menjadi batal. Daripada mengambil risiko lebih baik stop dulu ya icip-icip makanan saat traveling di bulan Ramadan.

2. Muntah

Ada kalanya kamu mengalami mabuk di perjalanan. Mabuk perjalanan bisa karena si sopir tidak enak bawa kendaraannya atau bisa juga karena jalan yang mendaki dan berkelok sehingga berhasil mengocok-ngocok perut.

Nah, ketika kamu merasa mual dan muntah dengan sengaja bisa membatalkan puasa. Apalagi jika berkali-kali. Sebaiknya kamu batalkan saja puasanya demi kesehatan. Tapi jika kamu merasa kamu muntah dengan tidak sengaja dan merasa masih kuat menjalankan puasa, kamu masih boleh meneruskan puasa kamu hingga bedug Maghrib tiba.

3. Berendam

Pada dasarnya berendam tidak membatalkan puasa. Bahkan Rasulullah SAW pernah menyiram kepala dengan air kerena merasa kepanasan ketika sedang berpuasa. Berendam tidak membatalkan puasa karena airnya tidak masuk lewat kerongkongan dikutip dari konsultasisyariah.com, 30 Mei 2017.

Berendam yang membatalkan puasa adalah berendam di tempat Spa yang dilayani pijat oleh perempuan bukan muhrim hingga mengundang syahwat. Ini jelas bisa membatalkan puasa para laki-laki. Bahaya!

Ulasan selengkapnya baca di sini.   

 

 

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan