Indonesia Surganya Kuliner Pedas, 5 Sambal Unik Ini Buktinya

Sambal apa yang paling kamu suka? Mungkin ada di antara 5 jenis sambal unik yang Dream Travel ulas kali ini.

Puri Yuanita
| 15 September 2017 08:19

Dream - Sudah tak diragukan lagi, Indonesia adalah surganya kuliner pedas dan lezat. Tengok saja, nyaris seluruh wilayah di nusantara, dari Sabang sampai Merauke punya andalan kuliner pedasnya masing-masing.

Salah satu yang paling ikonik, tentu saja aneka sambal yang punya beragam nama dan cita rasa. Ada sambal yang super pedas, pedas manis, pedas asam, hingga gurih. Nama dan jenisnya pun ada banyak, antara lain sambal terasi, sambal Ijo, dan sebagainya.

Kalau kamu, sambal apa yang paling kamu suka? Mungkin ada di antara 5 jenis sambal yang bakal Dream Travel ulas kali ini. Penasaran? Yuk simak langsung!

1. Sambal Terasi

Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai jenis sambal terasi. Aroma dan rasanya sangat khas, gurih dan cocok banget untuk lalapan.

Bahan dasar pembuatan terasi adalah terasi udang atau ikan rebon. Nah, biasanya ada dua jenis sambal terasi, yang matang dan mentah.

Untuk yang matang, cabai dan bawangnya digoreng terlebih dulu, untuk yang mentah tidak. Jenis sambal ini di tiap daerah mempunyai cita rasa khas yang berbeda-beda, karena ada banyak bahan yang bisa ditambahkan, seperti kangkung untuk menghasilkan sambal kangkung, cumi-cumi untuk menghasilkan sambal sotong, dan dengan telur untuk sambal telur.

 sambal

Sambal Terasi (Foto: masakanlezat.com)

2. Sambal Cabai Ijo

Jenis sambal ini tidak mempunyai rasa yang pedas karena berbahan dasar cabai hijau yang masih muda dan tidak sepedas cabai merah.

Di Padang, sambal ini disebut dengan sambal lado ijo. Dikarenakan rasanya yang tidak terlalu pedas, sambal ini sangat cocok untuk mendampingi makanan-makanan Padang yang sarat dengan santan.

Untuk membuatnya cukup gampang kok kamu tinggal menggoreng cabai hijau, bawang putih, bawang merah, gula dan garam dalam takaran yang sesuai selera, baru kemudian diulek menggunakan talenan. Sambal ini cocok sekali buat kamu yang tidak terlalu tahan dengan pedas.

 sambal

Sambal Cabai Ijo (Foto: sehatjalan.wordpress.com)

3. Sambal Dabu-Dabu

Ada yang spesial dari sambal satu ini, yaitu cara memasaknya. Sambal ini tidak dimasak dengan digoreng ataupun diulek, namun semua bahannya hanya diiris kecil-kecil untuk kemudian dicampur.

Jenis sambal ini merupakan sambal khas Manado dan bahan utamanya adalah tomat, garam, bawang merah, kemangi, cabai dan jeruk nipis. Iris semua bahan-bahan tersebut dan tuangkan pada sebuah mangkuk.

Siramkan air jeruk nipis ke dalamnya, aduk-aduk sampai rata, lalu tambahkan minyak goreng yang sudah dipanaskan ke atas campuran tersebut.

Untuk minyak goreng, hanya merupakan opsi tambahan. Tanpa itu pun, sambal ini sudah cukup sedap untuk dinikmati karena kesegaran dan kegurihannya.

 sambal

Sambal Mangga (Foto: resepmasakan.suryantonugroho.com)

Sambal unik lainnya khas Indonesia bisa kamu lihat di sini.   

Topik Terkait :

Merinding! Pesan Terakhir Syekh Ali Jaber Sebelum Masuk ICU

Jangan Lewatkan