Lagi 'Ngehits', Berpetualang Seru Naik Campervan di Selandia Baru

Campervan adalah salah satu transportasi sekaligus cara favorit untuk jelajah. Simak kiat-kiatnya dari pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara.

Ahmad Baiquni
| 29 November 2018 11:10

Dream - Usai menikah, pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara mengisi waktu bulan madu mereka dengan liburan di Selandia Baru. Sejumlah tempat indah mereka kunjungi selama masa liburan pada September lalu.

Agar suasana bulan madu semakin romantis, pasangan ini memilih road trip dengan campervan. Mobil yang dilengkapi peralatan bak rumah ini menghadirkan suasana liburan yang hangat.

Campervan memberikan keleluasaan bagi traveler untuk menentukan sendiri kapan saatnya mereka berwisata, tentu dengan tetap merasa nyaman.

 Nadine dan Dimas

Nadine dan Dimas punya tips buat kamu yang ingin liburan di luar negeri dengan campervan di Selandia Baru.

Tips pertama, pastikan punya SIM internasional. Ini agar kamu bisa menyewa campervan sekaligus dinyatakan mengemudi secara legal.

SIM internasional ini harus dalam Bahasa Inggris. Jika tidak dalam Bahasa Inggris, kamu harus menyertakan terjemahannya atau mengurusnya ke IDP.

Tips kedua, pilih tipe campervan sesuai kebutuhanmu. Umumnya, di Selandia Baru ada tiga jenis campervan yaitu camper car, campervan, dan motorhome.

Camper car hanya menyediakan area tidur dan tempat duduk. Campervan dilengkapi dengan dapur, toilet, dan penyimpanan bagasi.

 Serunya Nadine dan Dimas Liburan ke Selandia Baru

Sementara, Nadine dan Dimas memilih motorhome. Ukurannya lebih luas dan tidak hanya dilengkapi fasilitas utama, namun juga tangki air dan sistem daur ulang.

Tips ketiga, cari tahu tempat berkemah yang asyik. Ada 500 lebih lokasi kemah gratis dengan pemandangan indah di Selandia Baru.

Tetapi, lebih disarankan untuk mengunjungi pusat informasi setempat atau situs Freedom Camping. Sebab, setiap tempat kemah punya aturan masing-masing yang wajib dipatuhi.

Tips keempat, buat rencana rute perjalananmu. Sebisa mungkin, rute yang disusun tidak lagi berubah.

Jalankan riset kecil untuk mengetahui tempat mana saja yang kamu pilih serta waktu terbaik untuk berkunjung. Jangan lupa untuk mencari tempat istirahat dengan pemandangan terbaik.

Tips kelima, jangan lupa merawat campervan. Sejumlah tempat kemah menyediakan sarana pembuangan khusus. Manfaatkan untuk menjaga kebersihan campervan dan membuang wastewater.

 Nadine dan Dimas

Membuang sampah dapat mengurangi bau dalam campervan. Selain itu, juga mengurangi beban bahan bakar.

Pastikan tangki BBM dalam keadaan penuh. Jika indikator BBM sudah setengah, segera isi tangki karena SPBU bakal jarang ditemukan di kota-kota kecil.

Tips keenam, susun rencana makanmu. Contohnya, barbeqiu di tepi pantai atau makan di restoran. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan bahan apa saja yang diperlukan. Jika tidak ada, bisa beli di tengah perjalanan.

Tips ketujuh, tetap waspada. Penduduk Selandia Baru memang ramah. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan selalu ingat nomor darurat 111.

Jika butuh bantuan, minta tolonglah ke penduduk. Mereka terkenal hangat dan selalu siap membantu.

Topik Terkait :

Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2018

Jangan Lewatkan