Mau Jalan-jalan Hemat ala Backpacker? Ini Rahasianya

Berbagai hal perlu disiapkan untuk memuluskan jalan Anda menjadi backpacker sejati.

Puri Yuanita
| 3 Mei 2016 18:45

Dream - Berlibur dengan gaya backpacker punya tantangan tersendiri. Dengan budget terbatas, Anda ditantang untuk mengefektifkan pengeluaran demi tercapainya liburan impian.

Berbagai hal perlu disiapkan untuk memuluskan jalan Anda menjadi backpacker sejati. Yuk, simak 11 tips berikut ini.

1. Persiapkan tiket jauh-jauh hari

Transportasi bisa menjadi porsi terbesar pengeluaran Anda. Untuk memgefektifkannya, Anda perlu merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari.

Setidaknya dengan membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan, Anda bisa mendapatkan harga seat termurah. Baik jika Anda pergi dengan pesawat atau dengan kereta api.

2. Hindari tanggal merah atau musim liburan

Siapapun menunggu tanggal merah untuk bisa liburan. Semua tempat wisata, hingga tempat transit seperti bandara dan stasiun akan penuh oleh wisatawan.

Biasanya harga-harga hotel, tiket hingga makanan bisa melambung tinggi saat sedang tanggal merah. Secara umum, di Indonesia musim liburan ada di pertengahan tahun sekitar bulan Mei hingga Juni, dan bulan Desember.

Beberapa tanggal di bulan-bulan tersebut masih cukup aman untuk Anda bepergian ala backpacker. Hanya saja, Anda bisa menghindari tanggal-tanggal merah di bulan itu untuk mencegah membludaknya wisatawan.

3. Gabung di komunitas backpacker

Bergabung di komunitas bisa menambah pengetahuan Anda tentang dunia backpacker. Akan ada banyak pengalaman dan cerita orang lain yang bisa jadi ajang pembelajaran Anda.

Selain menambah wawasan, Anda juga bisa dapat banyak teman baru dari komunitas ini. Siapa tahu Anda dapat teman yang bisa diajak backpacker-an bersama?

Atau bisa jadi, ada teman backpacker yang membantu saat Anda sedang kesulitan dalam perjalanan. Tidak menutup kemungkinan juga ada kenalan yang bisa memberi Anda tumpangan saat sedang berkunjung ke daerahnya. Asyik bukan?

Selengkapnya baca di sini.     

Topik Terkait :

Dukung Penanganan Covid-19, Rachel Vennya Malah Terancam 1 Tahun Penjara

Jangan Lewatkan