Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Melihat Uniknya Masjid-masjid Bersejarah di Lombok

Melihat Uniknya Masjid-masjid Bersejarah di Lombok Masjid-masjid Tertua Di Lombok Yang Unik Dan Bersejarah (Foto: Lombokxplorer.com/kampung-media.com)

Dream - Terkenal dengan julukan 'Pulau Seribu Masjid', Lombok tidak hanya dikenal dengan pantai-pantainya yang indah saja tetapi juga masjid-masjidnya.

Berpadu dengan budaya setempat, beberapa masjid tua di Lombok ini bisa jadi pilihan destinasimu saat liburan ke sini. Berikut beberapa masjid tertua di Lombok yang unik dan sarat akan nilai sejarah.

1. Masjid Bayan Beleq

Masjid tertua di Lombok yang pertama adalah Masjid Bayan Beleq. Masjid ini berlokasi di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, berjarak kira-kira 80 kilometer dari Kota Mataram.

Meskipun sangat sederhana, masjid tertua di Lombok ini telah berdiri sejak abad ke-17 atau sejak 300 tahun silam. Masjid Bayan Beleq merupakan masjid yang pertama kali didirikan di pulau ini.

Dan di Kecamatan Bayan inilah agama Islam diperkenalkan untuk pertama kalinya di Lombok. Pendirinya bernama Syekh Gaus Abdul Razak, seorang pendakwah syiar agama Islam di Bayan pada abad ke-16.

Masjid Bayan Beleq berukuran 9×9 meter dan dikelilingi oleh dinding-dinding yang terbuat dari bambu dengan tinggi hanya sekitar 125 cm saja. Lantaran bangunan lama, pondasinya masih terbuat dari bebatuan, dan atapnya yang bertingkat-tingkat menjadi ciri khas bangunan yang mendapat pengaruh budaya Hindu.

Di dalam masjid tertua di Lombok ini terdapat sebuah beleq atau makam besar tempat bersemayamnya Syeh Gaus Abdul Razak sang pendiri masjid. Meski sudah tidak lagi digunakan untuk beribadah oleh masyarakat sekitar, masjid tertua di Lombok ini kerap ramai dikunjungi wisatawan pada hari besar agama Islam.

masjid

(Foto: lombokxplorer.com)

2. Masjid Sangak Pati

Masjid lain yang patut kamu singgahi adalah Masjid Sangak Pati atau Masjid Al-Falah yang berada di Desa Songak, Sakra, Lombok Timur. Masjid ini adalah salah satu bangunan tua bersejarah.

Namun, tidak ada yang tahu secara pasti sejarah berdirinya masjid tertua di Lombok ini. Menurut kabar yang beredar, masjid ini konon dibangun oleh para wali (Sembilan Pati) pada tahun 1309.

Bentuk masjid tertua di Lombok ini tak jauh berbeda dengan masjid tua lainnya, yaitu mempunyai atap tinggi yang terbuat dari ilalang.

masjid

(Foto: kampung-media.com)

Masjid-masjid unik dan bersejarah lainnya di Lombok bisa dilihat di sini.    

Terpendam Ratusan Tahun, Masjid Ini Ditemukan Masih Utuh di...

Dream - Sahabat Dream Travel, tahukah kamu? Sewaktu pelaksanaan pembangunan Jamarat yang megah dan besar pada tahun 2005 sial, sejumlah area perbukitan dan gunung-gunung dihancurkan.

Yang menarik, pada tahun 2006, saat penghancuran dan pengerukan dilaksanakan ditemukan suatu bangunan masjid kuno dan antik. Menurut keterangan dari pakar arkeologi dan sejarah, masjid tersebut adalah Masjid Baiah atau tepatnya Masjid Al Baiat Al Aqabah.

Meskipun terpendam ratusan tahun, Masjid Al Baiat ini tak mampu dihancurkan alat berat. Menurut sejumlah sumber, masjid kuno ini berukuran 400 meter persegi. Memiliki ukuran panjang 17 meter dan lebar 29 meter serta ketinggian 7 meter. Dinding pada ruas belakang setinggi 2 meter ini ditemukan pada saat pembangunan Jamarat di tahun 2005. Sebelumnya, masjid yang terpendam ini hanya diketahui oleh kalangan terbatas.

Sebab bisa saja pemerintah Saudi sangat khawatir apabila jamaah haji dan umrohakan berbuat syirik pada masjid yang letaknya terpencil ini. Tidak sebagaimana layaknya sebuah masjid bersejarah pada umumnya, masjid kuno berwarna krem ini dikelilingi pagar besi berwarna hitam dan dikunci gembok. Sehingga hanya sebagian kecil jamaah umroh atau haji yang dapat melakukan sholat di dalam Masjid Al Baiah, utamanya ketika musim haji tiba.

Walaupun begitu, semua pengunjungnya masih dapat melihat situasi dari luar atau sekadar melongok beberapa ruangan dari jendelanya yang memang kondisinya cukup terbengkalai dan terbuka.

Dalam proses pembangunan Jamarat di tahun 2006, buldozer yang mengerjakan pengerukan tanah berupaya menyentuh batu yang teramat keras. Berbagai upaya dan teknologi pun dikerahkan. Namun anehnya batu tersebut tidak dapat dihancurkan, bahkan hingga memakan jangka waktu berminggu-minggu guna menghancurkan batu berwarna krem tersebut.

Sadar bahwa yang akan dihancurkan bukanlah batu biasa, para pekerja pun mendatangkan ahli di bidangnya. Dan benar saja, sesudah diteliti, ternyata batu itu adalah..............selengkapnya baca di sini.   

Melihat Masjid Unik Bergaya Thailand di Malang

Dream - Indonesia kaya akan potensi wisata religi. Dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, banyak destinasi wisata religi yang bisa dieksplor. Di antaranya adalah beragam masjid unik yang tersebar di seluruh nusantara.

Ya, Indonesia punya banyak masjid yang memiliki keunikan,. Mungkin Anda pernah mendengar ada Masjid Seribu Tiang di Jambi atau Masjid Pintu Seribu di Tangerang.

Selain dua nama yang sudah populer itu, ada lagi masjid lainnya yang tak kalah unik, yaitu Masjid Tiban. Masjid ini terletak di wilayah lingkungan pesantren Turen, Desa Sananrejo, Turen, Malang.

Desain arsitektur masjid ini sangat unik. Sekilas mirip dengan bangunan-bangunan vihara di Thailand, dipadu dengan detail ornamen arsitektur ala Cina, Jawa, Eropa, dan Arab di dalamnya.

Detail ornamen merupakan bagian paling penting dalam arsitektur Masjid Tiban yang didominasi warna biru ini. Hiasan kaligrafi Arab memenuhi setiap jengkal tembok dan sisi-sisi bangunan.

Suguhan ornamen di tiap lantai masjid pun berbeda-beda. Saking detailnya, mungkin banyak yang tidak percaya bahwa sebagian besar kaligrafi ini dikerjakan sendiri oleh para santri dari pesantren.

Hal unik lain adalah adanya sebuah pohon kelapa yang menjulang tinggi persis di tengah bangunan masjid. Sehingga konstruksi bangunan Masjid Tiban harus menyesuaikan dengan kontur pertumbuhan pohon kelapa ini.

Ingin tahu lebih jauh tentang Masjid Tiban? Yuk simak selengkapnya di sini.   

Dijuluki Masjid 'Pintar' Terindah Se-Asia, Ternyata Ada di...

Dream - Malaysia menjadi salah satu tujuan berlibur favorit wisatawan muslim dunia. Kehidupan masyarakat lokal yang lekat dengan nilai-nilai Islam ditambah dengan keberadaan banyak destinasi wisata religi plus kuliner halal, menjadikan Malaysia tempat yang nyaman bagi para pelancong muslim.

Untuk mencari fasilitas ibadah pun di negara satu ini terbilang sangat mudah. Ada banyak masjid bertebaran di berbagai area. Mulai dari yang kecil hingga masjid megah dengan arsitektur menawan. Beberapa di antara masjid tersebut bahkan sudah menjelma menjadi destinasi wisata religi karena sukses menarik perhatian wisatawan.

masjid kristal

Salah satunya adalah The Crystal Mosque atau Masjid Kristal di Kuala Terengganu. Masjid satu ini sukses mengundang decak kagum wisatawan dunia lantaran kecanggihan dan keindahannya.

Terletak di dalam kawasan Islamic Heritage Park, Kuala Terengganu, Masjid Kristal dibangun di atas sebuah pulau buatan manusia yang disebut Pulau Wan Man. Resmi dibuka pada bulan Februari 2008, Masjid Kristal disebut sebagai masjid 'pintar' pertama di Malaysia.

Tak heran dibilang pintar, masjid ini dilengkapi dengan infrastruktur teknologiinformasi dan koneksi wifi yang bisa memberi pengunjung akses internet untuk membaca Alquran secara digital.

masjid kristal

Masjid yang pembangunannya menghabiskan dana sekitar USD 80 juta ini tak cuma canggih, tapi juga memiliki arsitektur yang menakjubkan. Masjid dibuat dari baja dan kaca sehingga tampilannya mirip kristal.

Bagian dalamnya dilengkapi dengan pendingin udara dan lampu gantung yang berkilauan. Pada malam hari, Masjid Kristal akan diterangi dengan warna-warna mempesona yang memantul dari permukaan kubah dan menaranya. Benar-benar layak jika disebut sebagai salah satu masjid terindah di Asia bahkan dunia.

masjid kristal

Di dalam kawasan Islamic Heritage Park, tempat di mana masjid ini berdiri, ada pula sederet replika arsitektur terbaik dari seluruh dunia seperti Taj Mahal di India, Xi'an Minaret di China, Dome of the Rock, dan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam.

Pengunjung bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengelilingi taman ini, dengan berjalan kaki atau dengan kereta. Berpindah dari satu masjid indah ke masjid indah lainnya. Lalu akhirnya meninggalkan tempat ini dengan perasaan seolah-olah mereka telah melakukan perjalanan keliling dunia. Seru ya!

masjid kristal

(Sumber/foto: eazytraveler.net)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Imam salat di masjid Balikpapan meninggal dunia saat sedang sujud pertama.

Baca Selengkapnya
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Ramadan di Indonesia biasanya juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Menyingkap Rahasia 12 Arti Mimpi Sholat Berjamaah, Pertanda Kemuliaan dan Ketaatan

Menyingkap Rahasia 12 Arti Mimpi Sholat Berjamaah, Pertanda Kemuliaan dan Ketaatan

Arti mimpi sholat berjamaah di masjid mencakup berbagai penafsiran yang menarik.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

Demi dapat views banyak memang boleh ya `seritual` ini? Sahabat Dream ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya