Melihat Uniknya Masjid-masjid Bersejarah di Lombok

Inilah beberapa masjid tertua di Lombok yang unik dan sarat akan nilai sejarah.

Puri Yuanita
| 5 Oktober 2017 10:21

Dream - Terkenal dengan julukan 'Pulau Seribu Masjid', Lombok tidak hanya dikenal dengan pantai-pantainya yang indah saja tetapi juga masjid-masjidnya.

Berpadu dengan budaya setempat, beberapa masjid tua di Lombok ini bisa jadi pilihan destinasimu saat liburan ke sini. Berikut beberapa masjid tertua di Lombok yang unik dan sarat akan nilai sejarah.

1. Masjid Bayan Beleq

Masjid tertua di Lombok yang pertama adalah Masjid Bayan Beleq. Masjid ini berlokasi di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, berjarak kira-kira 80 kilometer dari Kota Mataram.

Meskipun sangat sederhana, masjid tertua di Lombok ini telah berdiri sejak abad ke-17 atau sejak 300 tahun silam. Masjid Bayan Beleq merupakan masjid yang pertama kali didirikan di pulau ini.

Dan di Kecamatan Bayan inilah agama Islam diperkenalkan untuk pertama kalinya di Lombok. Pendirinya bernama Syekh Gaus Abdul Razak, seorang pendakwah syiar agama Islam di Bayan pada abad ke-16.

Masjid Bayan Beleq berukuran 9×9 meter dan dikelilingi oleh dinding-dinding yang terbuat dari bambu dengan tinggi hanya sekitar 125 cm saja. Lantaran bangunan lama, pondasinya masih terbuat dari bebatuan, dan atapnya yang bertingkat-tingkat menjadi ciri khas bangunan yang mendapat pengaruh budaya Hindu.

Di dalam masjid tertua di Lombok ini terdapat sebuah beleq atau makam besar tempat bersemayamnya Syeh Gaus Abdul Razak sang pendiri masjid. Meski sudah tidak lagi digunakan untuk beribadah oleh masyarakat sekitar, masjid tertua di Lombok ini kerap ramai dikunjungi wisatawan pada hari besar agama Islam.

masjid

(Foto: lombokxplorer.com)

2. Masjid Sangak Pati

Masjid lain yang patut kamu singgahi adalah Masjid Sangak Pati atau Masjid Al-Falah yang berada di Desa Songak, Sakra, Lombok Timur. Masjid ini adalah salah satu bangunan tua bersejarah.

Namun, tidak ada yang tahu secara pasti sejarah berdirinya masjid tertua di Lombok ini. Menurut kabar yang beredar, masjid ini konon dibangun oleh para wali (Sembilan Pati) pada tahun 1309.

Bentuk masjid tertua di Lombok ini tak jauh berbeda dengan masjid tua lainnya, yaitu mempunyai atap tinggi yang terbuat dari ilalang.

masjid

(Foto: kampung-media.com)

Masjid-masjid unik dan bersejarah lainnya di Lombok bisa dilihat di sini.    

Selanjutnya :

Terpendam Ratusan Tahun, Masjid Ini Ditemukan Masih Utuh di...

Derby Romero Menikahi Claudia Adinda di Bali

Jangan Lewatkan