Tebing-tebing Indah di Pulau Jawa, Saingan Canyon Amerika

Di Pulau Jawa juga ada sederet tebing yang menawarkan pemandangan mengagumkan. Panoramanya bahkan bisa jadi saingan berat Grand Canyon di Amerika lho.

Puri Yuanita
| 21 Januari 2017 09:37

Dream - Tahu dong Grand Canyon di utara Arizona, Amerika Serikat? Nama tempat yang satu ini sudah tersohor hingga seantero dunia. Formasi batuan alami yang terbentuk apik hingga menciptakan suguhan pemandangan super indah membuat banyak orang penasaran dengan tempat ini.

Sayangnya, Amerika jauh banget dari Indonesia. Dan nggak semua traveler Indonesia beruntung bisa melihat langsung Grand Canyon. Tapi jangan khawatir. Sebab Indonesia juga punya fenomena alam serupa yang nggak kalah indah.

Ya, di Pulau Jawa juga ada sederet tebing yang menawarkan pemandangan mengagumkan. Panoramanya bahkan bisa jadi saingan berat Grand Canyon di Amerika lho. Nggak percaya? Simak langsung deh ulasannya.

1. Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon nggak kalah keren dari yang ada di Amerika. Canyon yang terletak di Rowosari, Semarang ini sedang hits. Jangan lewatkan mampir ke sini saat berkunjung ke Jawa Tengah, ya. Saksikan sendiri seindah apa sunset di objek wisata satu ini.

2. Tebing Breksi, Prambanan

Yogyakarta nggak cuma punya Malioboro, Puthuk Setumbu, ataupun Kulon Progo yang belakangan sedang hits banget itu. Namun, ada satu lagi yang wajib dimasukkan di list perjalananmu saat berkunjung ke daerah istimewa satu ini, yaitu Tebing Breksi.

Nggak hanya keunikan tebing-tebingnya, tapi kamu juga bisa menikmati cerita lewat gambar-gambar yang diukir di sepanjang dinding tebing. Dulunya, tempat ini adalah tambang yang kini jadi tempat wisata. Lokasinya nggak jauh dari Prambanan, kok. Pastikan mampir ke sini ya.

3. Batu Seribu Sukoharjo

Sukoharjo bukan sekadar kota kecil di dekat Solo. Di sana ada tebing fotogenik yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Batu Seribu, yang terletak di Kabupaten Sukoharjo ini ada di pegunungan yang tak pernah kering, meski sedang musim kemarau. Wah, seru nih, bisa melihat gunung, tapi nggak bosan karena ada tebing-tebing di sekelilingnya.

4. Embung Nglanggeran, Yogyakarta

Kalau sudah puas wisata kuliner di Yogyakarta, bisa melipir sejenak ke pinggiran, tepatnya ke daerah Gunung Kidul. Embung Nglanggeran sebenarnya merupakan danau buatan untuk menampung air hujan. Namun, yang seru, sekeliling embung ini ada tebing-tebing coklat besar yang menjadi penyempurna keindahan wisata satu ini. Tak hanya itu, di sepanjang perjalanan saja kita sudah akan dimanjakan pemandangan jalan khas alam yang menyegarkan mata.

Masih banyak tebing indah lainnya di Pulau Jawa. Kamu bisa lihat di sini.   

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan