Tips Naik Pesawat untuk Traveler Belum Pernah Terbang

Dengan pesawat, waktu perjalananmu bisa terpangkas.

Ahmad Baiquni
| 9 Maret 2019 12:35

Dream - Pesawat merupakan moda transportasi yang efektif untuk bepergian jarak jauh. Dengan pesawat, waktu perjalanan yang diperlukan dapat dipangkas sehingga bisa lebih cepat sampai.

Kamu termasuk traveler pemula yang belum pernah naik pesawat? Jangan khawatir apalagi takut, naik pesawat itu menyenangkan kok.

Dikutip dari Liputan6.com, ada beberapa tips yang bisa kamu jalankan jika belum pernah naik pesawat.

1. Pahami Aturan Bagasi

Tidak mungkin rasanya bepergian tanpa bawa barang. Apalagi pulang traveling, bawa oleh-oleh jadi semacam hal wajib.

Nah, kamu perlu mempelajari aturan bagasi di tiap maskapai. Tujuannya agar kamu tidak boros dalam pengeluaran hanya untuk bayar bagasi.

Selain itu, pastikan berat bawaanmu tidak melebihi batas maksimal. Kalau tidak, kamu bakal kena tambahan biaya, atau malah barangmu tak boleh masuk pesawat.

 Jalan-jalan

2. Usahakan Datang Lebih Awal ke Bandara

Biasanya, maskapai menerapkan sistem check-in paling lambat dua sampai satu jam sebelum terbang. Jika check in kurang dari satu jam, kamu tidak bisa masuk pesawat.

Datang lebih awal membuatmu punya waktu lebih panjang. Jadi, kamu tak perlu tergesa-gesa check-in, apalagi sampai takut ketinggalan pesawat.

3. Pastikan Kamu Berangkat dari Terminal Mana

Mencari posisi terminal keberangkatan bisa menyita banyak waktu. Apalagi jika jarak antara terminal satu dan lainnya cukup jauh, kamu bisa ketinggalan pesawat.

Untuk memastikan dari terminal mana berangkat, kamu bisa periksa di tiketmu apabila sudah tersebut. Setelah itu, segeralah menuju terminal itu.

 Jalan-jalan

4. Jangan Lupa Check-in

Ini merupakan prosedur yang harus kamu lalui ketika akan terbang. Dengan prosedur ini, namamu akan masuk dalam daftar penumpang dalam pesawat.

Dulu, check-in harus dilakukan dengan mengantre di loket yang ada di bandara. Tetapi sekarang, kamu bisa check-in dari rumah secara online.

Jika check-in di bandara, kamu perlu menunjukkan tiketmu dan identitas diri. Bisa KTP atau paspor. Setelah itu, kamu akan mendapatkan boarding pass.

5. Ketika Naik Pesawat

Kamu akan mendapat panggilan begitu pesawatmu siap berangkat. Eits, jangan buru-buru naik ke dalam pesawat.

Siapkan tiket dan identitasmu lebih dulu. Tunjukkan ke petugas, lalu carilah kursi sesuai tiketmu dan jangan memilih kursi seenaknya.

Demikian tips singkat buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Selamat jalan, semoga liburanmu menyenangkan.

Sumber: Liputan6.com/Tyas Titi Kinapti

SANDIAGA UNO AKAN LUNCURKAN RUMAH SIAP KERJA UNTUK ANAK MUDA

Jangan Lewatkan