Trik Menyelamatkan Diri Saat Kecelakaan Pesawat

Kamu harus menguasai trik ini.

Ahmad Baiquni
| 11 Februari 2019 11:11

Dream - Satu pengalaman yang tentunya tidak diinginkan oleh semua orang yaitu kecelakaan pesawat. Tidak dapat dipungkiri, kecelakaan pesawat masuk dalam daftar peristiwa mematikan, meski kemungkinan terjadinya cukup jarang.

Karena bahayanya yang besar, kamu harus memperhatikan sejumlah hal agar selamat. Yang terpenting, kamu harus menguasai teknik penyelematan diri ketika pesawat dalam kondisi darurat.

Dikutip dari Asia One, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan diri.

Tinggalkan barang bawaanmu

Merupakan alasan yang tepat mengapa kru penerbangan selalu memintamu tidak menyimpan barang di lorong pesawat. Saat evakuasi, tas yang memblok jalur evakuasi bisa menentukan hidup mati seseorang.

Pencarian barang bawaan dalam memperlama proses evakuasi. Jadi, cara yang paling aman adalah tinggalkan barang bawaanmu di pesawat.

 Kursi pesawat

Kenali kursimu

Tempat teraman duduk di pesawat yaitu di balik sayap. Sebuah studi menunjukkan dari 20 kasus kecelakaan penerbangan, penumpan yang duduk di balik sayap pesawat memiliki potensi selamat mencapai 69 persen sementara 49 persen lainnya ada di kabin kelas satu.

Jalur keluar mungkin jadi tempat teraman di seluruh pesawat. Dalam situasi evakuasi, semakin dekat kamu dengan pintu keluar, kemungkinanmu untuk selamat semakin besar.

 Harga Tiket Pesawat Tinggi, Ombudsman: Tidak Melanggar Aturan

Posisikan Diri Selalu Siap

Ketika mulai tinggal landas, pastikan kakimu selalu menapak di lantai. Ketika terjadi guncangan, segera membungkuk agar tubuhmu tidak cedera.

Kenakan Pakaian yang Tepat

Usahakan bahan pakaianmu tidak mudah terbakar. Badan Keselamatan Trasportasi Nasional mencatat 68 persen kondisi paling berbahaya ketika pesawat jatuh adalah kebakaran setelahnya, bukan di awal peristiwa.

Topik Terkait :

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

Jangan Lewatkan