Indahnya Masjid Menyerupai Gereja dari Garut

Masjid Cipari ini menjadi sorotan karena bangunannya lebih menyerupai gereja. Hanya kubah dan menara yang membuat bangunan terlihat seperti masjid.

Ratih Wulan
| 20 Februari 2016 10:20

Dream - Masjid sebagai tempat beribadah umat muslim terkadang dibangun dengan arsitektur unik. Bahkan beberapa masjid menyimpan sejarah yang menarik untuk ditelisik lebih dalam.

Salah satunya bisa ditemukan di Garut, Jawa Barat. Masjid Cipari ini menjadi sorotan karena sekilas bangunannya menyerupai gereja. Hanya kubah dan menara yang membuat bangunan terlihat seperti masjid.

Masjid Cipari berbentuk memanjang dengan pintu utama persis di tengah-tengah bangunan. Sehingga untuk orang yang pertama kali melihat, pasti akan terkesan seperti sebuah gereja. Tapi begitu membuka pintu dan masuk ke dalam, ada sebuah mihrab atau sekat yang menempel di dinding arah kiblat. Sedangkan ruang salat, sekilas mirip seperti ruang kelas.

Masjid Cipari ternyata merupakan salah satu masjid tertua di Garut. Masjid yang berlokasi di Kecamatan Pangatikan ini mulai dibangun pada tahun 1895 dan selesai pada 1934. Masjid dibangun dalam kompleks pesantren sehingga membuat kawasan ini kental dengan nuansa Islami.

Selain bangunan yang cukup unik, ternyata Masjid Cipari juga menyimpan bukti sejarah pada masa perjuangan kemerdekaan.

Ingin tahu lebih jauh tentang Masjid Cipari? Baca di sini.     

 

Topik Terkait :

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan