5 Destinasi Religius Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Masih menjadi bagian dari kerajaan Mataram Islam, Jogja dikenal memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Seperti masjid dan makam berikut ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 21 Juni 2019 11:11

Dream - Yogyakarta memiliki cukup banyak situs sejarah yang berkaitan dengan Islam. Di kota ini berdiri Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat, kerajaan penerus Dinasti Mataram Islam. 

Yogyakarta memegang peranan penting tidak hanya bagi Indonesia. Tetapi juga terhadap dakwah Islam di Nusantara. Ajaran Islam bisa tersebar di Indonesia hingga saat ini salah satunya berkat sokongan Keraton.

Sangatlah tepat jika Yogyakarta menjadi destinasi wisata, khususnya bidang religi. Ada banyak sekali situs bersejarah yang kental dengan nuansa Islam. 

Sebut saja, Masjid Gede Kauman tempat para ulama Jawa berdakwah menyebarkan Islam. Atau Makam Raja-raja Mataram di Kotagede yang begitu kental dengan perpaduan Jawa dan Islam.

Seperti yang tercatat dalam sejarah, Yogyakarta adalah penerus dari Kerajaan Mataram Islam. Di masa pemerintahan Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma (1613-1645), Kerajaan Mataram Islam memiliki wilayah kekuasaan terluas meliputi seluruh Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur.

Berikut tempat-tempat religius yang kerap menjadi destinasi wisata di Yogyakarta.

Selanjutnya :

Masjid Gede Kauman

Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer

Jangan Lewatkan