5 Destinasi Religius Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Masih menjadi bagian dari kerajaan Mataram Islam, Jogja dikenal memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Seperti masjid dan makam berikut ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 21 Juni 2019 11:11

Masjid Gede Kauman

Masjid yang menjadi ikon Kota Yogyakarta ini terletak sisi barat Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta. Masjid ini dibangun sejak awal berdirinya keraton, tepatnya pada 29 Mei 1773 Masehi.

Berdirinya masjid ini atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono I. Arsitektur bangunannya dibuat oleh Kiai Faqih Ibrahim Diponingrat dan Kiai Wiryokusumo.

Masjid Gede Kauman


Tak jauh beda dengan masjid raya pada umumnya, Masjid Gede Kauman ini juga memiliki ruang utama atau ruang inti untuk sholat jemaah. Selain itu, masjid ini juga memiliki beberapa ruang seperti Pawestren, Yakihun, Blumbang, dan Serambi.

Sampai sekarang, masjid ini masih aktif digunakan untuk ibadah umat Islam. Selain itu, takmir masjid juga kerap mengadakan berbagai acara keagamaan dan sosial terlebih ketika Ramadan tiba. Bahkan saat Ramadan, pengunjung masjid ini bisa mencapai 600 orang, lho.

Selanjutnya :

Masjid Agung Kotagede

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan