5 Destinasi Religius Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Masih menjadi bagian dari kerajaan Mataram Islam, Jogja dikenal memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Seperti masjid dan makam berikut ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 21 Juni 2019 11:11

Masjid Syuhada

Destinasi wisata religi di Yogyakarta berikutnya adalah Masjid Syuhada. Meski jauh lebih muda dibandingkan dua masjid sebelumnya, Masjid yang terletak di Kotabaru ini juga mengandung nilai sejarah.

Masjid ini dibangun pada 1950 dan selesai dua tahun kemudian. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono IX yang saat itu juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Masjid Syuhada

Istimewanya, masjid ini memiliki arsitektur yang menggabungkan beberapa gaya antara Eropa dan Arab. Identitas yang melekat kuat pada masjid ini adalah kubahnya yang menyerupai bentuk bawang sehingga disebut 'Kubah Bawang'.

Selain itu, masjid ini juga banyak mengandung unsur-unsur nasionalis. Contohnya, anak tangga depan yang berjumlah 17 mewakili tanggal kemerdekaan RI.

Selain itu, ada 8 segi tiang gapura dan 4 kupel bawah, 5 kupel atas, yang apabila angka-angka tersebut digabung akan menunjukan tanggal kemerdekaan Indonesia. Bangunan ini juga dilengkapi dengan 20 jendela sebagai perwakilan 20 sifat Allah SWT.

Selanjutnya :

Makam Raja-raja Mataram

Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi

Jangan Lewatkan