Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Deretan Tempat Keren di Jogja, Lagi Jadi Tren

Deretan Tempat Keren di Jogja, Lagi Jadi Tren Pantai Wediombo (Sumber: Shutterstock)

Dream - Sebagai kota yang sarat budaya, Yogyakarta atau Jogja layak masuk daftar destinasi wisata favorit. Kota ini punya kombinasi wisata yang lengkap, mulai budaya, alam, hingga kuliner yang khas. 

Kelebihan lain dari Jogja adalah biaya hidup yang miring dibandingkan kota-kota lainnya. Sehingga, traveler tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa jalan-jalan di Jogja. 

Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, Keraton merupakan destinasi yang sangat populer di kalangan traveler. Tetapi, Jogja masih punya banyak destinasi yang tidak kalah menarik. 

Berikut 11 rekomendasi wisata Jogja anti-mainstream dan jadi tren traveling.

Pantai Seru dan Menantang

Jogja terletak di sisi selatan Pulau Jawa, dekat dengan kawasan pesisir. Karena letaknya di selatan, Jogja punya pantai dengan debur ombak yang keras berpadu bukit karang yang kokoh, cocok untuk pengalaman menantang.

Pantai Sinden

Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta terkenal sebagai surganya wisata pantai Laut Selatan. Salah satunya Pantai Sinden yang unik. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Girisubo.

Di pantai ini, kita bisa menguji nyali melewati jembatan kayu yang dibuat masyarakat menuju Pulau Gelatik. Pulau karang kecil yang ada di seberang pantai.

Pantai Timang

Kalau pantai yang satu ini sudah terkenal dengan keekstreman gondola timangnya. Pantai ini juga pernah menjadi lokasi syuting acara TV Korea Selatan, Running Man. Sejak itu, keberadaan pantai ini jadi semakin populer.

Pantai Wediombo

Wisata Jogja

Seperti namanya, pantai ini memiliki kawasan pasir yang luas. Kawasan Pantai Wediombo ini dihiasi dengan batu karang yang terjal. Jadi harus hati-hati saat bermain di pantai ini.

Spot Menarik Buat Foto

Taman Sari

Situs ini merupakan istana air yang dibangun sebagai tempat pemandian Sultan Jogja dan para anggota keluarga Kraton. Bangunan bersejarah ini memiliki gaya arsitektur yang unik, perpaduan antara unsur Jawa dan Eropa.

Wisata Jogja

Taman Sari sangat tepat jadi spot berfoto. Area Taman Sari sangat luas, terbagi menjadi beberapa bagian. Sebagian wilayahnya sudah bercampur dengan pemukiman warga, membuat tempat wisata ini selalu ramai.

Situs Warungboto

Sama dengan Taman Sari, Situs Warungboto memiliki fungsi yang mirip, yaitu sebagai taman air anggota keluarga Kraton terutama selir raja. Walau tak seluas dan sebesar Taman Sari, Situs Warungboto memiliki keunikan tersendiri.

Situs ini mulai terkenal setelah putri Presiden Jokowi melakukan foto pre-wedding di tempat ini. Setelah itu, situs tersebut digandrungi banyak wisatawan.

Kuliner Khas, Selalu Bikin Kangen

Gudeg Bromo Mbah Tekluk

Gudeg, kuliner legendaris Jogja berbahan utama nangka muda. Tidak makan gudeg, berarti liburanmu belum lengkap. 

Salah satu tempat makan gudeg yang terkenal ialah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1984 dan berlokasi di Jalan Affandi No. 2A Caturtunggal, Depok, Sleman.

Harganya cukup terjangkau. Hanya dengan Rp20 ribu, kamu bisa menikmati sepiring nasi gudeg dengan lauk komplit. 

Mangut Lele Mbah Marto

Tak hanya gudeg, Mangut Lele Mbah Marto di belakang Kampus ISI Jogja ini sangat terkenal. Alamat lengkapnya di Jalan Parangtritis KM 6.5 Sewon.

Tempatnya cukup tersembunyi dan jauh dari kesan mewah. Tapi, kelezatan menunya bahkan bisa mengalahkan restoran bintang lima, lho. 

Di tempat makan ini, pengunjung bisa mengambil sendiri lauk yang diinginkan. Mulai dari gudeg, garang asem dan makanan khas Jawa lainnya.

Joglo Pari Sewu

Wisata Jogja

Satu lagi tempat makan yang wajib dikunjungi saat liburan ke Jogja, yaitu Joglo Pari Sewu. Tempat makan ini sangat unik, berada di tepi Sungai Kali Kuning dan menyediakan makanan tradisional Jawa.

Udara di tempat ini juga sejuk karena jauh dari ramainya kendaraan. Harga makanannya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3 ribu.

Sunset yang Indah

Kebun Buah Mangunan

Puas berjalan-jalan keliling Jogja, saatnya menikmati senja sambil minum kopi dengan pemandangan bukit hijau yang indah. Kenikmatan tersebut bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Kebun Buah Mangunan di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul.

Candi Ratu Boko

Masih satu kompleks dengan Candi Prambanan, Candi Ratu Boko menyajikan pemandangan yang tak kalah indah. Terlebih saat sore hari.

Berfoto di bangunan Candi Ratu Boko dengan cahaya senja, dijamin membuat hasilnya semakin menawan.

Batu Miring

Wisata Jogja

Satu lagi tempat wisata Jogja yang cocok untuk menyaksikan keindahan senja, yaitu Batu Miring. Seperti namanya, tempat wisata di Dusun Wonokerto, Ngargoretno, Kulon Progo ini memiliki sebuah batu raksasa berposisi miring.

Batu ini jadi titik foto yang sedang tren di kalangan kaum kekinian. Selain unik, pemandangan di kawasan Batu Miring ini masih sangat asri.

Sumber: OYO

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang unik

Baca Selengkapnya
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

Apakah Jakarta masuk dalam daftar kota tujuan wisata teratas?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih lagi harinya cuti masih diminta pekerjaan oleh atasan? Kalau pernah komentar di bawah yaa.

Baca Selengkapnya
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya