12 Lingkaran Raksasa Misterius di Yordania Kejutkan Peneliti

Untuk apa lingkaran-lingkaran tersebut dibangun, itulah yang menjadi sebuah misteri....

Puri Yuanita
| 23 Mei 2017 13:37

Dream - Lingkaran besar ini adalah kumpulan dari 12 struktur batu melingkar raksasa yang tersebar di beberapa bagian Yordania dan Suriah. Meskipun mereka berusia lebih dari 2.000 tahun, penelitian arkeologi yang dilakukan pada tempat ini masih sangat sedikit. Dan hanya mendapat perhatian dari kalangan ahli arkeologi lokal. Bahkan sebagian besarnya masih belum diketahui.

Lingkaran tersebut ditemukan pada tahun 1920 oleh seorang pilot Inggris bernama Lionel Rees saat dia terbang menyeberangi padang pasir yang kini menjadi bagian dari wilayah Yordania itu.

Gambar-gambar yang diambil Rees dari lingkaran batu besar ini menjadi beberapa foto arkeologi udara paling awal yang diabadikan. Karena alasan yang tidak diketahui, temuan Rees diabaikan dan segera dilupakan.

 lingkaran

Butuh waktu 60 tahun lagi sebelum ada yang memperhatikannya kembali. Baru dalam 10 tahun terakhir, mereka mulai mendapat perhatian lebih berkat kerja keras David Kennedy, seorang peneliti dari University of Western Australia.

Lingkaran besar tersebut dibangun dari dinding-dinding batu rendah yang tingginya tidak lebih dari beberapa kaki. Mereka berbentuk melingkar, mulai dari 720 kaki sampai lebih dari 1.200 kaki.

Lingkaran awalnya tidak memiliki lubang terbuka, meskipun selama berabad-abad beberapa dinding runtuh. Dua lingkaran memiliki jalan khas Romawi yang memotongnya. Ini menunjukkan bahwa mereka berumur lebih dari 2.000 tahun, atau mungkin jauh lebih tua.

 lingkaran

Lingkaran itu tidak akan sulit dibangun, menurut David Kennedy, dan bisa dibangun dari bebatuan lokal dengan belasan orang bekerja keras dalam seminggu. Tapi mengapa mereka dibangun, itulah yang menjadi sebuah misteri.

Tampaknya tidak mungkin jika lingkaran itu digunakan sebagai kandang ternak, karena dindingnya terlalu rendah untuk menampung hewan-hewan di dalamnya. Dari 12 lingkaran, delapan diantaranya berada di barat Yordania tengah, antara Wadi el-Hasa dan tepi tebing Shara. Sementara 4 lainnya ada di utara Oase Azraq. Lingkaran besar yang tampak lebih baru terlihat di Suriah.

(Sumber: amusingplanet.com)

 

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Kisah Sukses Si “Guide” Lokal

Jangan Lewatkan