Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Destinasi Wisata Alam Magelang, Indah dan Menenangkan

Destinasi Wisata Alam Magelang, Indah dan Menenangkan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dream - Akhir tahun sudah semakin dekat. Tinggal beberapa hari lagi kita semua akan menyambut perayaan pergantian tahun.

Rasanya, sayang jika melewatkan akhir tahun hanya di rumah saja. Ingin ke luar negeri, tapi biayanya sudah pasti naik. 

Jika kamu berniat liburan di akhir tahun tapi tidak mempunyai cukup dana untuk traveling ke luar negeri, masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang menarik. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali ataupun ke Raja Ampat yang memakan biaya besar, datang saja ke Magelang di Jawa Tengah.

Dekat dari Yogyakarta dan Semarang. destinasi wisata Magelang tidak kalah menarik. Tidak hanya tempat wisatanya, banyak hotel di sana nyaman untuk bermalam.

Berikut ini 15 tempat dan obyek wisata alam di Magelang yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Magelang

Banyak tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari candi sampai museum. Berikut adalah destinasi wisata magelang yang bisa kamu datangi

Candi Borobudur

Destinasi wisata Magelang satu ini memang sudah sangat terkenal di dunia. Candi Borobudur juga pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Jangan lupa, Candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia yang menjadi destinasi wisata Magelang.

OHD Museum Magelang

Destinasi wisata Magelang berikutnya yaitu OHD Museum Magelang. Museum pribadi ini milik seorang kolektor seni bernama Oei Hang Djien (OHD).

Ada lebih dari 2.000 karya seni yang disimpan di museum ini, mulai dari lukisan, patung, pahatan hingga new media art. Beberapa karya dari seniman besar seperti Affandi, Hendra Gunawan hingga S. Sudjojono dan Widayat ada di museum ini.

Museum ini termasuk museum seni terlengkap di Indonesia. Sehingga, museum ini layak kamu masukkan dalam daftar tujuan travelingmu.

Rumah Kamera

Wisata Magelang yang satu ini berbentuk unik. Dari luar bangunan ini memang berbentuk seperti kamera DSLR raksasa. Di dalamnya ada banyak objek foto unik dan menarik.

Begitu masuk ke dalam “kamera” ini, kamu akan disuguhi berbagai karya lukis dari si empunya rumah yang menarik dan indah. Ada juga kursi-kursi lucu dan kreatif yang pas untuk mejeng dan berfoto.

Omah Pring

Tempat wisata Magelang selanjutnya adalah Omah Pring. Kamu bisa menemukan banyak rumah bambu di tempat wisata ini yang berada di tepi Kali Progo.

Ditemani suasana alam di sekitar yang masih asri dengan aliran sungainya yang bersih ditambah suara kicauan burung-burung menciptakan eksotisme yang tak ada duanya. Destinasi wisata Magelang ini dibuka pada jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Sendang Mudal

Tempat wisata Magelang satu ini berada di wilayah kecamatan Sawangan. Sendang Mundal merupakan destinasi wisata kolam renang yang memiliki air yang sangat jernih.

Saking jernihnya kamu bisa melihat dasar dari kolam tersebut. Tidak heran jika destinasi wisata Magelang satu ini sering dikunjungi oleh para pemburu selfie underwater.

Wisata Alam Magelang

Magelang juga memiliki banyak destinasi wisata alam. Berikut ini beberapa destinasi wisata alam Magelang yang bisa kamu kunjungi.

Punthuk Setumbu

Tempat wisata Magelang pertama yaitu Punthuk Setumbu. Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa kamu temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan.

Gereja Ayam

Sejak dijadikan tempat syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, Gereja Ayam menjadi tempat wisata Magelang yang cukup terkenal. Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun.

Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, kamu dapat menyaksikan panorama pegunungan menorah yang hijau dan indah. Tingkat paling atas, yang juga disebut Mahkota Ayam adalah tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

Punthuk Mongkrong

Desnitasi wisata Megalang dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbu. Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik Gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Wisata Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur.

Gunung Andong

Destinasi wisata Magelang satu ini menjadi tempat favorit para pendaki. Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl ini terbilang mungil dibanding dengan gunung-gunung lain di sekitarnya.

Karena tak terlalu tinggi, maka waktu pendakian pun terbilang lebih singkat hanya sekitar 2 jam saja. Selama perjalanan mendaki, kamu akan ditemani ladang bambu dan hutan pinus yang masih asri dengan udaranya yang sejuk.

Goa Slandak

Goa Slandak memiliki banyak hal seru yang menarik untuk dijelajahi. Ada banyak patung yang berbentuk seperti gorilla dan landak raksasa yang akan kamu temui di sekitar pintu masuk hutan pinus sebelum mencapai goa.

Di sekitarnya juga terdapat gardu pandang berukuran mini yang bisa digunakan untuk mengambil foto selfie juga sekaligus untuk bersantai sejenak. Setelah sampai di Goa Slandak, kamu juga akan menemukan air terjun yang berdampingan dengan goa.

Obyek Wisata Magelang

Berikut ini beberapa obyek wisata Magelang yang bisa kamu kunjungi.

Candi Selogriyo

Walaupun tidak sepopuler Candi Borobudur, Candi Selogriyo tetap memiliki pesona dan keunikannya sendiri. Kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini.

Tidak perlu khawatir, selama 2 km perjalanan kamu akan ditemani dengan ladang persawahan dan bukit-bukit hijau yang menawan. Sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan arsitektur Candi Selogriyo yang unik beserta pelataran yang cukup luas.

Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur menawarkan keindahan alam yang tak ada habisnya. Banyak spot foto instagramable yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi feed instagram kamu.

Destinasi ini menyuguhkan beberapa gardu pandang dengan tema dan ketinggian yang berbeda, dan tentunya dengan latar panorama yang berbeda pula tentunya.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Di kolam pemandian air hangat ini terdapat stupa dan banyak bebatuan yang diukir dengan corak tanaman dan binatang di sekitarnya. Destinasi wisata Magelang ini memiliki dua kolam pemandian dengan suhu air yang berbeda, satu kolam dingin dan yang kedua kolam air hangat.

Air dalam kolam air hangat mengandung belerang sehingga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, misalnya penyakit kulit, terapi tulang hingga melancarkan peredaran darah.

Candi Mendhut

Candi di Magelang tidak hanya Candi Borobudur dan juga Candi Selogriyo. Di Magelang juga terdapat Candi Mendut yang memiliki arsitektur menawan. Bahkan, usia Candi Mendut lebih tua dibanding dengan Candi Borobudur.

Wanaprastha

Wanaprastha adalah tempat wisata Magelang kekinian yang berupa menara bambu. Pelataran atas dan puncak menaranya adalah tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk berswafoto.

Tempat wisata yang juga kedai kopi ini jangan sampai kamu lewatkan. Di sana kamu bisa mencicipi kopi sambil memandang indahnya Gunung Andong dan Merbabu.

(Andrawira Diwiyoga/Sumber: liputan6 dan nativeindonesia)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.