Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

3 Hari Jelajah Sumbar, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi?

3 Hari Jelajah Sumbar, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi? Ngarai Sianok, Sumatera Barat (Foto: Isthi Rahayu/Dream.co.id)

Dream - Ketika mendengar kata Ranah Minang, banyak di antara kita yang langsung mengasosiasikannya dengan ragam kuliner khas yang sedap dan nikmat. Sebut saja rendang, gulai, balado, dendeng, keripik sanjai, dan beragam panganan lainnya yang sering kita nikmati sehari-hari.

Ranah Minang, atau sebutan bagi yang berkaitan dengan wilayah di Sumatera bagian barat, ternyata tak hanya memiliki ragam kuliner yang nikmat. Wilayah pesisir di bagian barat pulau yang berpadu dengan deretan Bukit Barisan ini membuat Ranah Minang memiliki keindahan alam yang tiada duanya.

Apabila Anda hanya memiliki waktu tiga hari singgah di Sumatera Barat, maka ada beberapa spot yang wajib Anda kunjungi. Dimana saja? Yuk kita simak satu persatu.

(Laporan: Isthi Rahayu)

 

Padang

Dream - Sebagai kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Barat maka Padang menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Di kota yang terletak tepat di pesisir Sumatera Barat ini, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Untuk perhentian pertama, Anda bisa mengunjungi kawasan Pelabuhan Teluk Bayur yang pada zaman Belanda disebut dengan Emmahaven. Wilayah yang diabadikan dalam sebuah lagu berjudul sama oleh Ernie Djohan ini merupakan pintu gerbang antarpulau serta pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor impor dari dan ke Sumatera Barat.

Namun tak sekadar menjadi gerbang perdagangan, kawasan Pelabuhan Teluk Bayur juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk Anda sambangi. Sebut saja pantai Air Manis tempat di mana batu Malin Kundang berada, Pantai Caroline, atau Pantai Bungus.

Bergerak ke arah pusat kota, Anda pun dapat menikmati indahnya matahari terbenam dari Pantai Padang yang terletak di Jln. Samudera. Apabila Anda menyusuri Pantai Padang ke arah utara sejauh 2 km, Anda akan menemukan sebuah pantai landai nan cantik bernama Pantai Purus. Pada pantai yang juga kerap disebut dengan Danau Cimpago ini, Anda dapat sekadar bermain pasir ataupun menikmati indahnya pantai sembari menjajal street food yang ada di sepanjang pantai.

Masih di Kota Padang, Anda juga dapat mengunjungi kawasan Kampung Cina yang terletak di Batang Arau. Dan tak jauh dari wilayah Kampung Cina, Anda bisa menyambangi Jembatan Sitti Nurbaya yang menghubungkan sebuah kawasan bukit yang dikenal juga dengan nama Gunung Padang. Pada bukit ini terdapat Taman Sitti Nurbaya yang merupakan lokasi di mana Sitti Nurbaya dimakamkan.

(Laporan: Isthi Rahayu)

Lembah Anai

Dream - Berjarak sekitar 60 km dari Kota Padang, Anda dapat menemukan destinasi wisata nan indah, Lembah Anai. Berlokasi di pinggir jalan trans Sumatera, Lembah Anai dipercantik dengan tiga buah air terjun yang salah satunya terletak tepat di tepi jalan dan disebut dengan Air Terjun Lembah Anai. Ada yang unik dari air terjun setinggi kurang lebih 35 meter ini. Konon, apabila Anda mencuci wajah Anda dengan air pada air terjun ini, Anda bisa awet muda. Tertarik mencoba?

Tak seberapa jauh dari Lembah Anai, Anda dapat mengunjungi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau yang terletak di Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Pada museum ini, Anda dapat mengakses beragam informasi dan koleksi mengenai kebudayaan Minangkabau baik berupa dokumentasi audio maupun visual. Yang menariknya, Anda dapat menyewa pakaian adat Minangkabau lengkap dari ujung rambut hingga ujung kaki dan berfoto di area rumah gadang ataupun pelaminan adat Minangkabau.

Tak jauh berkendara dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, Anda dapat mengunjungi Nagari Pandai Sikek yang terkenal dengan seni tenun songketnya. Tak sekadar menggunakan benang biasa, di tempat ini Anda dapat berbelanja songket yang terbuat dari benang emas sehingga kecantikannya tak diragukan lagi.

(Laporan: Isthi Rahayu)

Bukittinggi

Dream - Apabila Anda ingin menikmati suasana nan sejuk di wilayah Sumatera Barat maka Kota Bukittinggi menjadi pilihan yang pas untuk Anda kunjungi. Kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat yang pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ini menyimpan sejuta pesona yang tak boleh Anda lewatkan.

Anda pastinya pernah mendengar nama Ngarai Sianok bukan? Ya, ngarai ini memang merupakan salah satu objek wisata utama di Bukittinggi. Anda dapat menyaksikan keindahan Ngarai Sianok dari Taman Panorama yang terletak di pusat kota Bukittinggi di mana terdapat juga goa bekas persembunyian tentara Jepang pada Perang Dunia II yang disebut dengan Lobang Jepang.

Objek wisata lain yang wajib Anda kunjungi kala menyambangi Kota Bukittinggi tentunya adalah Jam Gadang, landmark Kota Bukittinggi yang selesai dibangun pada tahun 1926. Di sekeliling Jam Gadang, terdapat sebuah taman tempat berkumpulnya warga Bukittinggi yang berbaur dengan para wisatawan. Dan apabila Anda ingin membeli buah tangan, maka Anda harus mengunjungi Pasar Atas yang berada berdekatan dengan Jam Gadang. Pada pasar ini, Anda dapat menemukan beragam kerajinan tangan, kaus, serta makanan kecil oleh-oleh khas Sumatera Barat.

(Laporan: Isthi Rahayu)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya