4 Kota Pemilik Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Ini dia 4 kota di dunia yang memiliki stasiun kereta bawah tanah terdalam di dunia. Kota mana saja?

Puri Yuanita
| 10 Maret 2017 13:17

Dream - Banyak stasiun bawah tanah yang dibangun tidak terlalu dalam dari permukaan daratan. Hal ini disebabkan keadaan geografis lingkungan yang tidak memungkinkan, seperti adanya sungai dan rawa-rawa.

Namun hal itu tampaknya tidak berpengaruh di beberapa kota berikut ini, yang justru memiliki stasiun-stasiun kereta bawah tanah terdalam di dunia. Kota mana saja? Yuk simak ulasannya.

1. Stasiun Arsenalna

Stasiun Arsenalna yang berada di Kota Kiev menghubungkan jalur Sviatoshynsko dengan Brovaraska dan terletak 105,5 meter di bawah permukaan darat. Untuk bisa sampai di Stasiun Arsenalna, penumpang harus menaiki 2 eskalator panjang yang memakan waktu hingga 5 Menit di setiap eskalatornya.

Kedalaman stasiun ini disebabkan kondisi geografis Kota Kiev sendiri yang memungkinkan. Pintu masuk stasiun berada di atas sebuah lembah yang curam tepat di sebelah Sungai Dnieper. Untuk menyiasati turunan yang curam, pintu masuk stasiun Arsenalna dibuat sejajar dengan daratan yang berada 100 meter lebih di atas jalur kereta.

 stasiun kereta

(Foto: AMY/Wikimedia)

2. Stasiun Admiralteyskaya

Stasiun kereta bawah tanah terdalam di dunia juga ada di Kota Saint Petersbug, Rusia. Dinamai Admiralteyskaya, stasiun ini memiliki kedalaman hingga 86 meter di bawah permukaan tanah. Uniknya lagi, untuk mencapai kereta ini kamu akan menaiki eskalator terpanjang di dunia dengan panjang lebih dari 130 meter.

 stasiun kereta

(Foto: da885/Flickr)

3. Stasiun Park Pobedy

Stasiun kereta bawah tanah yang terletak di Moscow, Rusia ini memiliki kedalaman 84 meter di bawah permukaan darat. Stasiun ini masuk kategori stasiun terdalam di dunia.

 stasiun kereta

(Foto: jaime.silva/Flickr)

4. Stasiun Pyongyang

Stasiun Pyongnyang yang berada di Korea Utara ini benar-benar menggemparkan dunia. Memiliki kedalaman hingga 110 meter di bawah permukaan tanah, kereta dalam stasiun ini hanya mengizinkan 2 orang asing untuk naik.

Butuh waktu 4 menit untuk bisa sampai ke gerbong kereta dari pintu masuk stasiun, dan 4 menit untuk menggunakan eskalator. Uniknya, pihak stasiun akan memutarkan lagu kebangsaan negara Korea Utara sepanjang waktu.

Karena tempatnya yang dalam, Stasiun Pyongyang juga digunakan untuk menyimpan bom (bahan peledak) di pintu-pintu yang berada di lorong-lorong stasiun tersebut. Suhu di stasiun ini juga terbilang konsisten dengan 18 derajat celcius sepanjang tahun.

 stasiun kereta

(Foto: BRJ INC/Flickr)

(Sumber: amusingplanet.com/Awalendi EP)

Topik Terkait :

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan