Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Masjid di Indonesia yang Menyimpan Misteri Keajaiban

4 Masjid di Indonesia yang Menyimpan Misteri Keajaiban Masjid Agung Keraton Buton, Sulawesi Tenggara (Foto: Panoramio.com)

Dream - Tak sekadar berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim, sejumlah masjid berarsitektur indah di Indonesia juga menjadi tujuan wisata. Tengok saja Masjid Istiqlal di Jakarta atau Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

Tapi ada juga lho di beberapa wilayah Indonesia, masjid yang difavoritkan sebagai destinasi wisata lantaran misteri-misteri keajaiban yang ada di baliknya. Seperti 4 masjid yang akan Dream Travel ulas berikut ini:

1. Masjid Tiban, Malang

Masjid pertama yang menyimpan kisah 'ajaib' adalah Masjid Tiban yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Selain megah dan berarsitektur unik, konon masjid ini dibangun oleh tentara jin dalam waktu satu malam.

Dinamakan Masjid Tiban, konon karena masjid ini muncul secara tiba-tiba. Pada tahun 2008 silam, masjid ini sempat menghebohkan warga setempat dan wisatawan. Sebab tersiar kabar, jika masjid ini dibangun oleh tentara jin. Meski tak masuk akal, ada sebagian orang yang meyakini jika masjid ini 'ajaib' dan penuh misteri.

masjid

2. Masjid Wapauwe, Maluku

Beralih ke bagian timur Indonesia, tepatnya di Maluku ada sebuah masjid tua bernama Masjid Wapauwe. Selain bersejarah, ternyata masjid satu ini juga menyimpan misteri keajaiban. Masjid ini merupakan masjid tertua di Maluku dan sudah ada sejak tahun 1414 Masehi.

Masjid Wapauwe adalah salah satu masjid yang dibangun dari pelepah sagu. Meski begitu, hebatnya masjid ini mampu bertahan berabad-abad. Ada kisah magis yang meliputi Masjid Wapauwe.

Konon, masjid ini pernah berpindah tempat sendiri. Awalnya masjid ini bernama masjid Wawane karena dibangun di lereng gunung Wawane Pernada Jamilu yang merupakan keturunan kesultanan Islam Jailolo dari Maluku utara. Ketika Belanda berkuasa, masyarakat pun memindahkan masjid ke kampung Taehala yang berjarak 6 km dari Wawane .

Kisah magis yang beredar di kalangan masyarakat, konon masjid Wapauwe pernah pindah sendiri. Saat itu masjid berada di dataran Taehala, namun pada suatu pagi ketika masyarakat bangun dari tidurnya. Masjid secara gaib telah berada di tengah-tengah pemukiman penduduk di tanah Taeon Samaia.

masjid

3. Masjid Agung Keraton Buton, Sulawesi Tenggara

Kemudian, ada Masjid Agung Keraton Buton di Sulawesi Tenggara. Masjid peninggalan kerajaan Islam Buton ini konon memiliki lubang yang langsung menuju ke Mekah. Masjid tertua di Sulawesi yang terletak di Kota Bau Bau ini memiliki nama lain Masjid Agung Waliyo.

Masjid ini memiliki arsitektur sederhana, tapi di dalamnya terdapat pusena atau pusat bumi yang konon menurut kisahnya sering terdengar suara azan dari Mekah, Arab Saudi. Pusenan ini memiliki lubang yang berada tepat di belakang mihrom.

Masyarakat setempat percaya jika bekas kompleks Kesultanan Buton ini berada di atas pusat bumi. Dan lubang yang berada di dalam masjid ini pun diyakini sebagai goa bawah tanah yang bisa langsung menuju ke Mekah.

masjid

4. Masjid Agung, Cirebon

Masjid Agung di Cirebon pun menyimpan cerita ajaib. Konon, masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini dibangun hanya dalam waktu satu malam. Dan pembangunannya, dipimpin langsung oleh Sunan Kali Jaga, sejak Magrib hingga Subuh datang menjelang.

Masjid ini terletak tak jauh dari Keraton Kesepuhan Cirebon. Sejarah mencatat masjid ini dibangun pada tahun 1489. Masjid Agung ini dibangun tanpa menara, beratap limas, dan tanpa hiasan di ujungnya.

Konon dahulu masjid ini memiliki hiasan atap. Namun hiasan di atap masjid tersebut berpindah ke atap Masjid Agung Banten yang sekarang memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut sampai sekarang setiap Sholat Jumat di Masjid Agung Cipta Rasa di gelar 'azan pitu'. Yakni azan yang dilakukan secara bersamaan oleh 7 orang muazin berseragam serba putih.

masjid

(Berbagai sumber)

Masjid Kuno Bacan dan Misteri Nisan Makam yang Tumbuh Sendiri

Dream - Ada begitu banyak fenomena 'ajaib' di dunia yang keberadaannya sulit diterima nalar manusia. Bahkan kemunculannya sulit dijelaskan dari sisi sains.

Namun percaya tak percaya, fenomena-fenomena tersebut benar-benar ada. Dan tetap menjadi misteri yang sulit terungkap sampai sekarang.

Seperti fenomena aneh yang ada di Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara ini. Di wilayah tersebut terdapat sebuah makam misterius yang batu nisannya 'tumbuh' sendiri.

Makam misterius itu terletak berdekatan dengan masjid bersejarah Kesultanan Bacan dan pemakaman khusus keluarga Sultan. Dan warga setempat menyebutnya 'Jere'.

Kemunculan Jere masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Bahkan warga setempat pun hingga kini dibuat penasaran. Tak ada yang tahu pasti kapan Jere ini muncul. Tiba-tiba sudah ada sepasang batu nisan yang muncul seperti tumbuh dari dalam tanah.

Dan ternyata, konon Jere ini pun bisa muncul di berbagai lokasi yang tidak terduga-duga. Menurut informasi, bahkan pernah ada Jere yang muncul di tengah jalan. Tapi tidak diketahui pasti siapa yang dimakamkan di dalamnya.

Meski masih menjadi misteri, warga setempat meyakini jika Jere adalah makam para aulia atau ulama penyebar agama Islam yang dulu hidup di wilayah Ternate, Maluku Utara.

Nah, untuk Jere yang ada di dekat Masjid Kesultanan Bacan sendiri, batu nisannya berwarna hitam. Dan makamnya sengaja ditambahi keramik sebagai penanda. Lokasi Jere ini hampir menempel dengan dinding masjid. Selain di Pulau Bacan, fenomena Jere bisa dijumpai di beberapa kelurahan lain di Kota Ternate. Wallahu a'lam bishawab...

(Berbagai sumber)

Masjid Pertama di Dunia yang Dibangun di Bawah Tanah

Dream - Pesona Turki sebagai tujuan wisata sudah tak diragukan lagi ya. Negara yang terletak di antara dua benua ini punya segudang tempat menarik yang membuat wisatawan tergoda untuk datang.

Tempat-tempat wisata di Turki bahkan banyak yang namanya sudah tersohor hingga ke mancanegara. Seperti Hagia Sophia, Cappadocia hingga Pamukkale. Nah yang akan Dream Travel ulas kali ini pun nggak kalah populer dan keren. Kamu harus tahu!

Tempat yang dimaksud adalah Masjid Sanclakar yang diklaim sebagai masjid terunik di Turki. Yang menjadi keunikan dari masjid ini adalah pembangunannya di bawah tanah. Masjid ini juga sekaligus menjadi masjid pertama di dunia yang berada di bawah tanah. Unik ya!

Masjid Sanclakar ini memang baru dibangun pada tahun 2011, namun kepopulerannya sudah sampai penjuru dunia. Masjid ini terletak di Distrik Buyukcekmece di Istanbul, Turki. Dibangunnya masjid ini terinspirasi oleh Gua Hira. Dan bangunan ini menjadi bangunan ibadah pertama yang memenangkan gelar juara dalam kompetisi dunia di bidang arsitektur bangunan keagamaan.

Ruangan sholat di masjid ini bisa menampung sekitar 650 jamaah. Dengan arsitektur yang menakjubkan, beribadah di masjid ini pun bisa menjadi pengalaman yang sangat mengesankan.

Arsitektur pada bangunan masjid ini menggabungkan desain gaya Utsmaniyah dengan arsitektur modern masa kini. Masjid ini dibangun hingga 7 meter di bawah permukaan tanah dan dirancang oleh arsitek ternama Turki, Emre Arolat.

Jalur utama masjid ini diterangi oleh sinar matahari sehingga tetap menciptakan lingkungan dengan nuansa spiritual kental. Pada dinding depan atas, membentang kaca yang transparan sehingga cahaya matahari dapat leluasa menyinari ruang utama.

Sementara bagian tengah dan belakang masjid hanya mendapat penerangan dari lampu. Namun tentu tetap dirancang sebaik mungkin agar memberikan efek nyaman kepada pengunjungnya.

Ingin tahu lebih jauh tentang masjid unik ini? Yuk lihat ulasan lengkapnya di sini.  

Masjid Tertua Indonesia Ini Berdiri Sebelum Ada Wali Songo

Dream - Nama resmi masjid ini adalah Masjid Saka Tunggal Baitussalam, tapi lebih populer dengan nama Masjid Saka Tunggal. Nama ini tak lepas dari struktur bangunan masjid yang memang hanya mempunyai satu tiang penyangga tunggal (Saka Tunggal).

Berukuran 12x18 meter, Masjid Saka Tunggal ini menjadi satu-satunya masjid di Pulau Jawa yang dibangun jauh sebelum era Wali Sembilan (Wali Songo) yang hidup sekitar abad 15-16 Masehi.

Masjid ini didirikan tahun 1288 Masehi, atau dua abad sebelum Wali Songo. Ini sekaligus menjadikan Masjid Saka Tunggal Baitussalam sebagai masjid tertua di Indonesia.

Lokasi Masjid Saka Tunggal persisnya berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, di tengah suasana pedesaan Jawa yang begitu kental.

Kera-kera yang berkeliaran bebas masih sering dijumpai di sekitar area masjid. Di depan halamannya kini sudah disediakan tempat berwudhu dan kamar mandi.

Dari jalan raya, pintu gerbang masjid ini cukup jauh letaknya karena berada di antara pemukiman rumah penduduk. Di belakang masjid terdapat komplek pemakaman tua dengan gerbang yang masih bertuliskan aksara Jawa. Makam di dalamnya masih rutin diziarahi oleh warga muslim setempat.

Kawasan Masjid Saka Tunggal kini telah menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah daerah setempat.

Penasaran dengan masjid tertua di Indonesia ini? Klik di sini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa-doanya yang sederhana namun bermakna memiliki tujuan untuk mendapatkan keberkahan ketika ibadah di masjid.

Baca Selengkapnya
Menyingkap Rahasia 12 Arti Mimpi Sholat Berjamaah, Pertanda Kemuliaan dan Ketaatan

Menyingkap Rahasia 12 Arti Mimpi Sholat Berjamaah, Pertanda Kemuliaan dan Ketaatan

Arti mimpi sholat berjamaah di masjid mencakup berbagai penafsiran yang menarik.

Baca Selengkapnya
Menguak Misteri Pintu 'Dunia Bawah Tanah yang Terbuka

Menguak Misteri Pintu 'Dunia Bawah Tanah yang Terbuka

Penduduk mendengar suara sangat keras: bum! Muncul lubang menganga. Warga tak berani mendekati kawah tersebut.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Ramadan di Indonesia biasanya juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Imam salat di masjid Balikpapan meninggal dunia saat sedang sujud pertama.

Baca Selengkapnya
Merinding! Pria Sholat di Masjid Tiba-tiba Ketakutan dan Pingsan

Merinding! Pria Sholat di Masjid Tiba-tiba Ketakutan dan Pingsan

Saking ketakutannya, pria tersebut sampai jatuh terjengkang ke belakang dan menindih jamaah berbaju hitam di sebelah kirinya.

Baca Selengkapnya