Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Destinasi Bersepeda di Sekitar Borobudur

5 Destinasi Bersepeda di Sekitar Borobudur Candi Borobudur (Istimewa)

Dream - Maret nanti adalah bulan yang tepat untuk berlibur sejenak. Tapi, jangan sampai meninggalkan protokol kesehatan ya, karena pandemi masih terjadi.

Pandemi telah mengubah kebiasaan kita dalam banyak hal. Termasuk juga ketika liburan, kita jadi perlu memperhatikan betul kesehatan.

Di masa pandemi saat ini, bersepeda menjadi aktivitas yang begitu digemari. Dengan bersepeda, kita melakukan dua kegiatan sekaligus yaitu olahraga dan jalan-jalan menikmati pemandangan

Aplikasi pemesanan tiket dan hotel, Tiket.com, mengajak kamu merencanakan liburan sembari menerapkan protokol kesehatan bertemakan minat khusus, yaitu wisata plesiran ke pedesaan alami di sekitar Candi Borobudur. Candi yang berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah ini merupakan destinasi yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

"Bersepeda adalah salah satu kegiatan komunitas yang terbentuk semasa pandemi berlangsung. Kami melihat pertumbuhan tren bagi berbagai komunitas pesepeda dari berbagai kota untuk menjelajahi medan-medan alami nusantara bersama-sama," ujar Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa.

Candi Borobudur juga menjadi salah satu destinasi super prioritas yang digencarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Strategi ini diupayakan sebagai salah satu langkah untuk mempercepat memulihkan industri pariwisata domestik yang terpuruk sejak tahun 2020.

Buat kamu yang ingin menikmati suasana sekitar Candi Borobudur dengan bersepeda, ada beberapa spot menarik. Berikut daftarnya, seperti disusun Tiket.com.

 

1. Desa Wringin Putih

Berlokasi sekitar 2,3 km dari area Candi Borobodur, Desa Wringin Putih menawarkan pemandangan pedesaan berlatar persawahan serta lanskap Bukit Menoreh. Daya tarik utama dari desa ini adalah jajaran rumah bambu di sepanjang rute bersepeda.

Kamu dapat meluangkan waktu sejenak beristirahat sambil menikmati getuk, kudapan yang terbuat dari singkong tumbuk dicampur gula jawa, garam dan disajikan bersama parutan kelapa. Ini merupakan kudapan khas yang menjadi ikon Kota Magelang.

2. Desa Wanurejo

Desa Wanurejo terletak di kaki Pegunungan Menoreh diapit Sungai Progo dan Sungai Sileng. Tempat ini menawarkan pemandangan alami mempesona.

Gowes Borobudur

Selagi di desa ini, kamu juga bisa mengunjungi Museum Wayang dengan koleksi wayang terbaik nusantara. Selain itu, terdapat 694 koleksi sastra tentang perwayangan dalam berbagai bahasa, serta 83 kaset audio yang memuat rekaman pertunjukan wayang dari tahun 1971 hingga 1994.

Bagi turis yang tidak membawa sepeda, Balkodes Wanurejo di Jalan Balaputradewa menyediakan layanan penyewaan sepeda. Tarif sewa mulai dari Rp15 ribu untuk sepeda biasa dan Rp50 ribu untuk sepeda gunung.

 

3. Desa Majaksingi

Berjarak 3 km dari Candi Borobudur, tempat rehat alami berikutnya adalah Desa Majaksingi. Kegiatan menarik di desa ini kerajinan membuat pot dari tanah liat langsung mengikuti tutorial live dari pengrajin berpengalaman.

Desa Majaksingi juga punya produk unggulang berupa kopi. Aroma kopi di desa ini sangat harum, cocok dinikmati pagi atau sore hari.

4. Desa Tanjungsari

Juga berjarak 3 km dari Candi Borobudur, Desa Tanjungsari memiliki latar belakang panorama pegunungan Menoreh. Penduduk desa ini bermata pencaharian utama sebagai petani cabe dan tembakau, serta pengrajin tahu rumahan.

Gowes Borobudur

Desa Tanjungsari memiliki lima benda purbakala peninggalan sejarah. Dua di antaranya adalah kepala arca Buddha yang diduga sebagai bagian dari Candi Borobudur pada masa pemugaran di 1907-1911.

5. Desa Candirejo

Desa yang memiliki Waroeng Rejo atau wisata air Sungai Progo ini terletak 4 km dari Candi Borobudur. Kegiatan outdoor seperti rafting pun dapat menjadi pilihan karena arus sungai yang cukup deras.

Berbeda dengan rafting modern, jenis rafting di desa ini menggunakan getek tradisional. Pilihan lain bagi turis adalah merasakan pengalaman berpetualang dengan berkendara off road menyusuri sungai Progo.

Laporan: Shania Suha Marwan

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang unik

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

Sahabat Dream pernah gak sih mengalami kejadian kaya ini? Kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

Baca Selengkapnya