5 Destinasi Memikat yang Cocok untuk Traveling Selama Ramadan

Traveling ke negara-negara ini saat bulan puasa dijamin bisa membuatmu semakin merasakan nikmatnya Ramadan.

Puri Yuanita
| 26 Mei 2017 11:49

Dream - Bulan Ramadan sudah di depan mata. Waktunya bagi umat Islam di seluruh dunia menyucikan jiwa dan semakin mendekatkan diri dengan Sang Maha Pencipta.

Di bulan ini, umumnya orang jarang melakukan perjalanan atau traveling ke tempat-tempat yang jauh. Karena lebih memilih untuk fokus ibadah dan berkumpul bersama keluarga.

Tapi jangan salah, bulan Ramadan juga bisa jadi momen terbaik untuk melakukan traveling lho. Terlebih jika kamu traveling ke destinasi-destinasi yang tepat. Seperti beberapa negara berikut.

Traveling ke negara-negara ini saat bulan puasa dijamin bisa membuatmu semakin merasakan nikmatnya Ramadan. Budaya dan tradisi yang dipraktikkan masyarakat setempat di negara-negara ini selama Ramadan akan membenamkan kamu dalam keindahan bulan yang penuh rahmat dan berkah ini.

Lantas, negara mana saja yang dimaksud? Yuk simak ulasannya.

1. Abu Dhabi, UAE

Abu Dhabi akan menjelma menjadi kota yang luar biasa selama Ramadan. Saat Ramadan, kehidupan masyarakat setempat akan " melambat" dan senyap saat siang hari. Banyak toko atau pusat perbelanjaan yang tutup.

Namun bakal ada sederet acara menarik yang diselenggarakan untuk merayakan Ramadan. Para traveler bisa mengunjungi Masjid Agung di sana untuk berdiskusi dan berbaur dengan masyarakat setempat demi merasakan pengalaman ukhuwah dengan saudara sesama muslim selama Ramadan.

Kamu juga bisa mengunjungi tenda-tenda majlis beralas karpet Persia lengkap dengan hiasan bantal-bantal cantik, dimana kamu bisa mencicipi masakan khas Arab untuk berbuka puasa.

2. Shirzan, Iran

Salah satu tempat paling indah dan bersejarah di dunia, Shiraz, adalah bekas ibukota Iran. Kota ini dengan cepat menjelma menjadi tujuan populer wisatawan dunia yang tertarik dengan kekayaan sejarah. Di sini para traveler tak boleh ketinggalan untuk mengunjungi Masjid Nasir Al-Mulk atau yang dikenal juga sebagai Masjid Pink yang sangat memukau.

Selama di sini, berbaurlah dengan masyarakat setempat, benamkan dirimu dalam budaya lokal dan kagumi pemandangan sekitar yang indah. Ini akan membuatmu Ramadanmu semakin indah!

3. Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

Tak terlalu populer sebagai tujuan wisata di Asia Tenggara, tapi jangan salah kota ini punya banyak " penawaran" menarik untuk para traveler. Berbaurlah dalam keramaian dan hiruk pikuk kota ini dan susuri keindahan Taman Rekreasi Tasek Lama. Kamu juga bisa merasakan sensasi hutan hujan di negara kesultanan kecil ini.

Untuk lebih dekat dengan kehidupan lokal selama Ramadan, kunjungi tempat-tempat seperti Kampong Ayer dan Tamu Kianggeh. Di sana biasanya akan digelar 'Gerai Ramadan' selama bulan puasa. Kemudian nikmati takjil buka puasa dan Tarawih di Masjid Omar Ali Saifuddien yang langsung menghadap ke sungai.

4. Cape Town, Afrika Selatan

Cape Town memiliki komunitas muslim terbesar di Afrika Selatan. Komunitas muslim yang dominan terlihat di wilayah Bo-Kaap dan Athlone, dimana ada banyak masjid yang bisa kamu jumpai.

Di Bo-Kaap bahkan Ramadanmu bisa jadi sangat seru karena kamu bisa berburu takjil di banyak restoran halal yang ada di sana. Ditambah lagi desa ini memiliki lingkungan yang penuh warna.

Cape Town menjadi salah satu tujuan favorit traveler muslim selama Ramadan karena iklimnya yang lebih dingin dan masa puasanya yang pendek.

5. Istanbul, Turki

Menawarkan sederet arsitektur historis Islam yang indah, tak heran tempat ini selalu menjadi favorit traveler dunia sepanjang tahun, termasuk selama Ramadan. Saat senja, ruang publik di sekitar Masjid Biru akan dipenuhi pedagang yang menjual masakan Turki dan buku-buku agama. Ditambah lagi suara bacaan ayat Quran yang terdengar bergema di banyak sudut. Ini akan membuat suasana Ramadan begitu kentara ketika kamu berada di Istanbul.

Berjalan-jalanlah di sepanjang Bosphorus sebelum matahari terbenam menuju Masjid Biru sembari mendengarkan gema lantunan ayat. Rasakan nikmatnya berbaur dan sholat bersama dengan penduduk lokal di masjid dan dijamin ini akan menjadi perjalanan Ramadan yang tak terlupakan seumur hidupmu!

(Sumber: havehalalwilltravel.com)

 

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan