Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Inspirasi Destinasi Seru untuk Liburan Long Weekend Nanti

5 Inspirasi Destinasi Seru untuk Liburan Long Weekend Nanti Surabaya (Foto: Shutterstock)

Dream - Perayaan Tahun Baru Imlek pada tahun 2018 menandakan awal dari tahun anjing tanah zodiak Tionghoa yang akan dimulai pada tanggal 16 Februari. Jatuhnya hari raya ini pada hari Jumat menjadikan libur Imlek bagian dari long weekend yang ideal untuk berlibur atau mengunjungi sanak saudara untuk menciptakan momen perayaan yang lebih berkesan. Seperti pada hari raya besar lainnya, tentu Tahun Baru Imlek akan menjadi kesempatan berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman atau mungkin untuk berlibur dan melepas penat.

Salah satu dari tradisi Imlek tentunya adalah menyantap makanan khas yang dikaitkan dengan keberuntungan seperti ikan, pangsit, lumpia, dan berbagai jenis mi. Berbagai aksesoris berwarna merah kian menyemarakkan suasana di daerah pecinan dan juga di berbagai destinasi lainnya. Menurut data Traveloka, perjalanan pada masa Imlek meningkat sekitar 30-40% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan dalam dua tahun ke belakang destinasi domestik yang populer bagi pengguna Traveloka di Indonesia adalah Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Yogyakarta. Pada periode ini, rata-rata pengguna memesan perjalanan untuk 2-3 orang. Hal ini mengindikasikan banyak masyarakat Indonesia yang ingin menikmati momen perayaan ini bersama keluarga atau teman.

Bagi kamu yang berencana bepergian ke destinasi-destinasi tersebut untuk mengisi long weekend ini, berikut adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan momen liburan Imlek semakin meriah!

1. Jakarta

Kawasan Pecinan di Jakarta yang terletak di Petak Sembilan, Glodok menjadi pusat perayaan Imlek di Jakarta. Kelenteng tertua di Jakarta, Kelenteng Jin De Yuan, dapat ditemukan di sini di mana ribuan peziarah datang untuk bersembahyang dan juga wisatawan yang ingin merasakan budaya Tionghoa. Kelenteng ini terbuka untuk umum tapi tentunya pendatang perlu menghargai mereka yang beribadah dengan menjaga ketenangan dan berpakaian yang sopan. Glodok juga merupakan kawasan pecinan terbesar di Jakarta yang menawarkan berbagai pernak pernik imlek dan makanan khas Tionghoa. Selain itu, mal-mal besar di Jakarta juga mengadakan acara-acara khusus seperti bazar atau pentas seni tradisional Tionghoa seperti barongsai, liong atau tarian lainnya.

2. Surabaya

Surabaya merupakan salah satu daerah di Indonesia yang juga memiliki budaya etnis Tionghoa yang kuat. Terdapat banyak kelenteng di Surabaya dan beberapa diantaranya telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya seperti Keleteng Hong Tiek Hian dan Kelenteng Hok An Kiong. Kelenteng Sanggar Agung juga dapat menjadi destinasi yang menarik untuk kamu kunjungi di Surabaya. Dengan gaya arsitektur bernuansa campuran antara Tionghoa, Jawa, Bali, dan juga Thailand. Kelenteng yang berlokasi di Pantai Ria ini layaknya bukti warisan dari asimilasi budaya yang menjadikannya lebih berwarna. Di sekitar Sanggar Agung juga terdapat patung Kwan Im setinggi 20 meter dan patung Phra Phrom berlapis emas yang juga menjadi salah satu ikon dari kota Surabaya.

3. Medan

Seperti halnya Jakarta dan Surabaya, kota terbesar ketiga di Indonesia ini adalah tempat bercampurnya beragam etnis dan suku. Selain orang-orang Batak, Medan memiliki komunitas keturunan India dan Tionghoa yang sudah lama menetap di sana. Salah satu objek wisata yang menarik adalah Rumah Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani, seorang tokoh Tionghoa yang besar di Medan dan dikenal sebagai Majoor der Chineezen karena beliau diangkat oleh pejabat kolonial Belanda sebagai pemimpin komunitas Tionghoa. Di rumahnya yang memiliki perpaduan gaya arsitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco, pengunjung dapat belajar lebih mengenai sejarah kota Medan dan juga budaya Melayu-Tionghoa. Medan juga terkenal dengan kulinernya yang banyak bisa ditemukan di Jalan Selat Panjang. Berbagai kedai bubur, kwetiau, mi hokkian, nasi Hainan hingga martabak piring di Selat Panjang menjadi pilihan kuliner yang ramai dikunjungi hingga larut malam.

4. Denpasar

Bali mungkin adalah salah satu destinasi yang selalu ramai ketika long weekend, tetapi pada momen Imlek ini Bali juga turut merayakan. Meski budaya Hindu sangat kental terasa di Bali, kebhinnekaan tercermin melalui komunitas yang secara harmonis mengadakan perayaan lintas budaya. Hotel, restoran, dan atraksi wisata lainnya juga biasa memasang ornamen Imlek. Berdasarkan laporan dari China Association of Travel Services (CATS), Bali merupakan salah satu destinasi favorit warga Tiongkok pada liburan Imlek tahun ini berikut dengan destinasi tropis lainnya seperti Phuket dan Saipan. Di luar perayaan seperti di Vihara Dharmayana di Kuta, Bali tentu bisa menjadi alternatif menarik untuk liburan singkat bersama teman maupun keluarga pada Hari Raya Imlek.

5. Yogyakarta

Untuk merasakan suasana Imlek di Yogyakarta, kamu tidak perlu pergi jauh dari keramaian di Jalan Malioboro. Pertokoan di jalan tersebut turut memeriahkan Imlek dengan berbagai ornamen dan bazar yang diadakan. Pusat aktivitas Imlek di Jogja terletak dekat Pasar Beringharjo, Kampung Ketandan yang termasuk kawasan pecinan terbesar di Jogja. Di Kampung Ketandan terdapat bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur Tionghoa dan pada saat Imlek setiap tahunnya Kampung Ketandan mengadakan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Tahun ini PBTY akan digelar untuk ke-13 kalinya pada 24 Februari hingga 2 Maret 2018. Selama sepekan, PBTY akan menyuguhkan berbagai pentas seni dan budaya yang menarik untuk para wisatawan.

Jatuhnya Hari Raya Imlek yang bersamaan dengan long weekend ini dapat menjadi kesempatan jalan-jalan bagi kamu untuk berwisata atau sekadar berkumpul dengan teman dan keluarga. Nah untuk long weekend ini, kamu bisa memanfaatkan penawaran diskon dari Traveloka hingga Rp488.000,- untuk pemesanan tiket pesawat, hotel, dan paket Pesawat + Hotel dari tanggal 12 hingga 18 Februari 2018 yang bisa diakses di halaman https://www.traveloka.com/id/promotion/cnycc. Happy traveling! 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran

Ini rekomendasi destinasi wisata religi untuk libur Lebaran

Baca Selengkapnya
9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru
9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

Asia masih menjadi tujuan liburan yang populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pilihan Destinasi Perayaan Tahun Baru yang Menyenangkan dan Menenangkan
Pilihan Destinasi Perayaan Tahun Baru yang Menyenangkan dan Menenangkan

Sudah ada rencana ingin merayakan tahun baru di mana?

Baca Selengkapnya
Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Staycation Bareng Keluarga
Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Staycation Bareng Keluarga

Psst… Ada promo hotel yang sayang banget kalau dilewatkan lho!

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?
9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

Destinasi itu menjadi pengalaman hidup yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Mendadak Meeting
NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya