Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Kuliner Legendaris Surabaya, Rasanya Autentik!

5 Kuliner Legendaris Surabaya, Rasanya Autentik! Nasi Krawu (Foto: Instagram/@nina_epicure)

Dream - Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya menjadi salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain memiliki destinasi wisata yang menarik, daerah berjuluk Kota Pahlawan ini memiliki sejumlah kuliner legendaris yang patut dicicipi.

Belum ke Surabaya jika belum makan lima kudapan legendaris ini, begitu kata banyak wisatawan yang sudah pernah ke sana. Penasaran apa saja makanan legendaris yang wajib dicoba saat berkunjung ke Surabaya? Berikut ulasannya.

1. Lontong Balap

Lontong balap merupakan potongan lontong, tahu, dan taoge yang disiram dengan kuah kaldu dan taburan bawang goreng. Rasanya pun semakin sempurna jika dihidangkan dengan sambal petis dan sate kerang. Banyak para pelancong yang penasaran dengan rasanya, karena sambal petis yang disajikan sangat autentik. Lontong balap menjadi salah satu kuliner yang menyegarkan dan dijamin bikin ketagihan.

2. Tahu Tek

Jika ke Surabaya, kamu akan sangat mudah menemukan kudapan yang satu ini. Kenapa namanya Tahu Tek? Ternyata kata “tek” diambil dari bunyi “tek! tek!” seperti suara ketukan sendok pada piring yang menjadi ciri khas abang-abang penjual tahu tek keliling. Jika dilihat sekilas, tahu tek cukup mirip dengan gado-gado. Hanya saja sajiannya agak berbeda.

Kuliner legendaris Surabaya ini berisi lontong, tahu, kentang rebus, telur, dan taoge. Telur dadarnya digoreng hingga agak kekuningan dan tahu digoreng setengah matang. Bumbunya sendiri terdiri dari kacang tanah, bawang putih, dan petis. Nikmat banget!

3. Nasi Krawu

Nasi krawu terdiri dari nasi putih, daging sapi suwir, dan sambal petis yang disajikan di atas daun pisang. Kamu pun bisa menambah beberapa lauk, seperti daging semur, jeroan sapi, telur, sambal terasi dan serundeng. Tak lupa, mangut yang menjadi ciri khas hidangan ini juga tersaji di dalamnya.

Nasi Krawu lebih nikmat disantap tanpa sendok alias hanya menggunakan tangan, makanya namanya nasi krawu. “Krawu” berasal dari kata krawukan yang artinya makan menggunakan tangan. Cocok banget udah mengisi perut di siang hari sebelum menuju destinasi wisata lainnya di Surabaya.

4. Sate Klopo Ondomohen

Sate yang satu ini memang andalan kuliner Surabaya. Klopo alias kelapa adalah hal yang membedakan kuliner ini dengan sate pada umumnya. Daging yang ditusuk sate akan dioleskan bumbu kelapa parut saat dibakar. Sate kemudian disajikan dengan potongan lontong atau nasi, bumbu kacang, dan serundeng. Kamu pun bisa menambahkan potongan cabai dan bawang sesuai selera. Rasanya tiada duanya.

Oh iya, sate ini nggak akan kamu temui di daerah lain, alias hanya ada di Surabaya. Katanya, untuk menjaga orisinalitas rasa kuliner legendaris ini. Untuk dapat menikmati lezatnya kuliner legendaris Surabaya ini, kamu hanya perlu membayar Rp20.000 untuk 10 tusuk sate. Yuk cobain!

5. Rujak Cingur

Rujak yang satu ini sekilas tampak seperti gado-gado. Sebenarnya hanya bumbunya saja yang sama dengan gado-gado, isinya beda. Dalam sajian kuliner legendaris Surabaya ini, terdapat campuran buah dan sayuran seperti rujak pada umumnya. Hanya saja, yang bikin beda, rujak cingur ditambahi sesuatu yang disebut “cingur.”

Cingur adalah daging mulut atau moncong sapi yang telah diiris, kemudian direbus dan disajikan dalam campuran buah, sayur, dan saos kacang ala gado-gado tadi. Di kalangan para pencinta kuliner, rujak cingur selalu jadi incaran wisatawan ketika berkunjung ke Surabaya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

Tren kuliner lokal terbagi menjadi 3 kategori. Kuliner yang menjadi favorit pun tidak selamanya memiliki cita rasa tradisional.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.