Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Masjid Indah di Indonesia yang Mirip Landmark Terkenal Dunia

5 Masjid Indah di Indonesia yang Mirip Landmark Terkenal Dunia Masjid-masjid Indah Di Indonesia Yang Mirip Landmark Terkenal Dunia (Foto: Simas.kemenag.go.id/Wikimapia)

Dream - Menjadi negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, membuat Indonesia punya banyak masjid. Mulai dari berukuran kecil hingga masjid-masjid megah dengan arsitektur indah.

Nah, bicara soal masjid-masjid megah berarsitektur indah yang ada di Indonesia, ada lho di antaranya yang memiliki bentuk mirip bangunan-bangunan Islam ikonik yang terkenal di dunia. Penasaran masjid apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Masjid Al-Irsyad - Kabah

Masjid Al Irsyad yang ada di Bandung rupanya mengambil inspirasi dari Kabah di Masjidil Haram, Mekah. Lihat saja, sekilas wujudnya mirip dengan Kabah. Yakni mengambil bentuk kubus. Tapi, secara keseluruhan arsitektur Masjid Al Irsyad tentu saja berbeda dengan bangunan Kabah.

masjid

2. Masjid Raya Al-Azhom - Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

Masjid Raya Al-Azhom di Tangerang juga sekilas mirip dengan Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque) yang ada di Turki. Masjid Raya Al-Azhom dikenal dengan kubahnya yang berukuran sangat besar dan berdesain unik dengan bentuk bertumpuk-tumpuk.

masjid

3. Masjid Agung Jawa Tengah - Masjid Nabawi

Ada juga Masjid Agung Jawa Tengah yang mengambil inspirasi dari Masjid Nabawi. Dari bentuk bangunannya mungkin tidak mirip. Tapi pada bagian plasa masjidnya terdapat enam payung raksasa yang bisa dibuka dan ditutup otomatis. Payung-payung tersebut mirip dengan yang ada di pelataran Masjid Nabawi di Madinah.

masjid

4. Masjid Muhammad Cheng Ho - Masjid Niu Jie

Nah, kalau Masjid Muhammad Cheng Ho yang ada di Surabaya ini arsitekturnya diilhami oleh bentuk Masjid Niu Jie yang ada di Ox Street, Beijing. Masjid ini diberi nama Cheng Ho sebagai bentuk penghormatan pada Cheng Ho, laksamana muslim asal Negeri Tirai Bambu.

masjid

5. Masjid Agung An-Nur - Taj Mahal

Masjid yang jadi kebanggaan masyarakat Kota Pekanbaru ini kerap dijuluki sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau. Ya, sebab sekilas bentuk masjid ini memang mirip dengan Taj Mahal yang ada di India. Apalagi masjid ini juga memiliki kolam yang persis dengan yang ada di depan Taj Mahal. Bentuk menaranya pun mirip lho. Namun bedanya, Masjid Agung An-Nur merupakan tempat ibadah umat muslim, sedangkan Taj Mahal bukan.

masjid

(Berbagai sumber)

 

4 Masjid di Indonesia yang Menyimpan Misteri Keajaiban

Dream - Tak sekadar berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim, sejumlah masjid berarsitektur indah di Indonesia juga menjadi tujuan wisata. Tengok saja Masjid Istiqlal di Jakarta atau Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

Tapi ada juga lho di beberapa wilayah Indonesia, masjid yang difavoritkan sebagai destinasi wisata lantaran misteri-misteri keajaiban yang ada di baliknya. Seperti 4 masjid yang akan Dream Travel ulas berikut ini:

1. Masjid Tiban, Malang

Masjid pertama yang menyimpan kisah 'ajaib' adalah Masjid Tiban yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Selain megah dan berarsitektur unik, konon masjid ini dibangun oleh tentara jin dalam waktu satu malam.

Dinamakan Masjid Tiban, konon karena masjid ini muncul secara tiba-tiba. Pada tahun 2008 silam, masjid ini sempat menghebohkan warga setempat dan wisatawan. Sebab tersiar kabar, jika masjid ini dibangun oleh tentara jin. Meski tak masuk akal, ada sebagian orang yang meyakini jika masjid ini 'ajaib' dan penuh misteri.

masjid

2. Masjid Wapauwe, Maluku

Beralih ke bagian timur Indonesia, tepatnya di Maluku ada sebuah masjid tua bernama Masjid Wapauwe. Selain bersejarah, ternyata masjid satu ini juga menyimpan misteri keajaiban. Masjid ini merupakan masjid tertua di Maluku dan sudah ada sejak tahun 1414 Masehi.

Masjid Wapauwe adalah salah satu masjid yang dibangun dari pelepah sagu. Meski begitu, hebatnya masjid ini mampu bertahan berabad-abad. Ada kisah magis yang meliputi Masjid Wapauwe.

Konon, masjid ini pernah berpindah tempat sendiri. Awalnya masjid ini bernama masjid Wawane karena dibangun di lereng gunung Wawane Pernada Jamilu yang merupakan keturunan kesultanan Islam Jailolo dari Maluku utara. Ketika Belanda berkuasa, masyarakat pun memindahkan masjid ke kampung Taehala yang berjarak 6 km dari Wawane .

Kisah magis yang beredar di kalangan masyarakat, konon masjid Wapauwe pernah pindah sendiri. Saat itu masjid berada di dataran Taehala, namun pada suatu pagi ketika masyarakat bangun dari tidurnya. Masjid secara gaib telah berada di tengah-tengah pemukiman penduduk di tanah Taeon Samaia.

masjid

3. Masjid Agung Keraton Buton, Sulawesi Tenggara

Kemudian, ada Masjid Agung Keraton Buton di Sulawesi Tenggara. Masjid peninggalan kerajaan Islam Buton ini konon memiliki lubang yang langsung menuju ke Mekah. Masjid tertua di Sulawesi yang terletak di Kota Bau Bau ini memiliki nama lain Masjid Agung Waliyo.

Masjid ini memiliki arsitektur sederhana, tapi di dalamnya terdapat pusena atau pusat bumi yang konon menurut kisahnya sering terdengar suara azan dari Mekah, Arab Saudi. Pusenan ini memiliki lubang yang berada tepat di belakang mihrom.

Masyarakat setempat percaya jika bekas kompleks Kesultanan Buton ini berada di atas pusat bumi. Dan lubang yang berada di dalam masjid ini pun diyakini sebagai goa bawah tanah yang bisa langsung menuju ke Mekah.

masjid

4. Masjid Agung, Cirebon

Masjid Agung di Cirebon pun menyimpan cerita ajaib. Konon, masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini dibangun hanya dalam waktu satu malam. Dan pembangunannya, dipimpin langsung oleh Sunan Kali Jaga, sejak Magrib hingga Subuh datang menjelang.

Masjid ini terletak tak jauh dari Keraton Kesepuhan Cirebon. Sejarah mencatat masjid ini dibangun pada tahun 1489. Masjid Agung ini dibangun tanpa menara, beratap limas, dan tanpa hiasan di ujungnya.

Konon dahulu masjid ini memiliki hiasan atap. Namun hiasan di atap masjid tersebut berpindah ke atap Masjid Agung Banten yang sekarang memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut sampai sekarang setiap Sholat Jumat di Masjid Agung Cipta Rasa di gelar 'azan pitu'. Yakni azan yang dilakukan secara bersamaan oleh 7 orang muazin berseragam serba putih.

masjid

(Berbagai sumber)

Terpendam Ratusan Tahun, Masjid Ini Ditemukan Masih Utuh di...

Dream - Sahabat Dream Travel, tahukah kamu? Sewaktu pelaksanaan pembangunan Jamarat yang megah dan besar pada tahun 2005 sial, sejumlah area perbukitan dan gunung-gunung dihancurkan.

Yang menarik, pada tahun 2006, saat penghancuran dan pengerukan dilaksanakan ditemukan suatu bangunan masjid kuno dan antik. Menurut keterangan dari pakar arkeologi dan sejarah, masjid tersebut adalah Masjid Baiah atau tepatnya Masjid Al Baiat Al Aqabah.

Meskipun terpendam ratusan tahun, Masjid Al Baiat ini tak mampu dihancurkan alat berat. Menurut sejumlah sumber, masjid kuno ini berukuran 400 meter persegi. Memiliki ukuran panjang 17 meter dan lebar 29 meter serta ketinggian 7 meter. Dinding pada ruas belakang setinggi 2 meter ini ditemukan pada saat pembangunan Jamarat di tahun 2005. Sebelumnya, masjid yang terpendam ini hanya diketahui oleh kalangan terbatas.

Sebab bisa saja pemerintah Saudi sangat khawatir apabila jamaah haji dan umrohakan berbuat syirik pada masjid yang letaknya terpencil ini. Tidak sebagaimana layaknya sebuah masjid bersejarah pada umumnya, masjid kuno berwarna krem ini dikelilingi pagar besi berwarna hitam dan dikunci gembok. Sehingga hanya sebagian kecil jamaah umroh atau haji yang dapat melakukan sholat di dalam Masjid Al Baiah, utamanya ketika musim haji tiba.

Walaupun begitu, semua pengunjungnya masih dapat melihat situasi dari luar atau sekadar melongok beberapa ruangan dari jendelanya yang memang kondisinya cukup terbengkalai dan terbuka.

Dalam proses pembangunan Jamarat di tahun 2006, buldozer yang mengerjakan pengerukan tanah berupaya menyentuh batu yang teramat keras. Berbagai upaya dan teknologi pun dikerahkan. Namun anehnya batu tersebut tidak dapat dihancurkan, bahkan hingga memakan jangka waktu berminggu-minggu guna menghancurkan batu berwarna krem tersebut.

Sadar bahwa yang akan dihancurkan bukanlah batu biasa, para pekerja pun mendatangkan ahli di bidangnya. Dan benar saja, sesudah diteliti, ternyata batu itu adalah..............selengkapnya baca di sini.   

Melihat Masjid Unik Bergaya Thailand di Malang

Dream - Indonesia kaya akan potensi wisata religi. Dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, banyak destinasi wisata religi yang bisa dieksplor. Di antaranya adalah beragam masjid unik yang tersebar di seluruh nusantara.

Ya, Indonesia punya banyak masjid yang memiliki keunikan,. Mungkin Anda pernah mendengar ada Masjid Seribu Tiang di Jambi atau Masjid Pintu Seribu di Tangerang.

Selain dua nama yang sudah populer itu, ada lagi masjid lainnya yang tak kalah unik, yaitu Masjid Tiban. Masjid ini terletak di wilayah lingkungan pesantren Turen, Desa Sananrejo, Turen, Malang.

Desain arsitektur masjid ini sangat unik. Sekilas mirip dengan bangunan-bangunan vihara di Thailand, dipadu dengan detail ornamen arsitektur ala Cina, Jawa, Eropa, dan Arab di dalamnya.

Detail ornamen merupakan bagian paling penting dalam arsitektur Masjid Tiban yang didominasi warna biru ini. Hiasan kaligrafi Arab memenuhi setiap jengkal tembok dan sisi-sisi bangunan.

Suguhan ornamen di tiap lantai masjid pun berbeda-beda. Saking detailnya, mungkin banyak yang tidak percaya bahwa sebagian besar kaligrafi ini dikerjakan sendiri oleh para santri dari pesantren.

Hal unik lain adalah adanya sebuah pohon kelapa yang menjulang tinggi persis di tengah bangunan masjid. Sehingga konstruksi bangunan Masjid Tiban harus menyesuaikan dengan kontur pertumbuhan pohon kelapa ini.

Ingin tahu lebih jauh tentang Masjid Tiban? Yuk simak selengkapnya di sini.    

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pertama di Dunia, Penampakan Masjid Dibangun Pakai `Printer` 3D di Arab Saudi
Pertama di Dunia, Penampakan Masjid Dibangun Pakai `Printer` 3D di Arab Saudi

Menara-menara masjid dirancang untuk menjadikan bangunan ini sebagai landmark khas di lingkungan tersebut.

Baca Selengkapnya
Terinspirasi dari Masjid Nabawi, Begini Mewahnya Potret Masjid di Belakang Rumah Ovi Dian Crazy Rich Blitar
Terinspirasi dari Masjid Nabawi, Begini Mewahnya Potret Masjid di Belakang Rumah Ovi Dian Crazy Rich Blitar

Masjid tersebut sengaja disediakan untuk warga di sekitar kediaman Ovi Dian.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan
Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Imam salat di masjid Balikpapan meninggal dunia saat sedang sujud pertama.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral Masjid Unik di Sisi Paling Utara Bumi, Malam Hari Bisa Lihat Langsung Aurora
Viral Masjid Unik di Sisi Paling Utara Bumi, Malam Hari Bisa Lihat Langsung Aurora

Masjid The Grand Mosque of Iceland, masjid yang letaknya paling utara di Negeri Es, berikut penampakannya

Baca Selengkapnya
Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam
Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa-doanya yang sederhana namun bermakna memiliki tujuan untuk mendapatkan keberkahan ketika ibadah di masjid.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Mendadak Meeting
NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya