Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Masjid Megah di 'Negeri Kebab' yang Dibangun Sebelum Abad 18

5 Masjid Megah di 'Negeri Kebab' yang Dibangun Sebelum Abad 18 Masjid Kilic Ali Pasa (Foto: Www.howtoistanbul.com)

Dream - Turki, negara yang dijuluki 'Negeri Kebab' ini begitu kaya akan budaya, dan salah satu aspek paling ikonik di negara ini adalah arsitekturnya. Banyak bangunan di Turki mengambil inspirasi dari zaman kuno, seperti Kekaisaran Ottoman. Dan tak sedikit pula, bangunan-bangunan yang ada di Turki kini merupakan bangunan peninggalan zaman kuno, yang sudah dibangun sejak bertahun-tahun bahkan berabad-abad lalu.

Di Istanbul, ibukota Turki, masjid adalah salah satu bangunan khas yang paling menonjol. Sebagian besar masjid di Istanbul dibangun sejak lama dan memiliki arsitektur serta dekorasi yang megah dan menakjubkan. Itulah sebabnya, Dream Travel mau mengajak Sahabat semua untuk mengenal 5 masjid indah di Turki yang dibangun sebelum abad ke-18. Kelimanya mungkin bisa jadi referensi perjalanan wisata kamu selanjutnya.

1. Masjid Sultan Ahmed (Masjid Biru)

Lokasi: Sultan Ahmet Mahallesi, Atmeydani Cd. No: 7, 34122 Fatih / Istanbul, Turki
Kontak: +90 212 518 1319

Masjid Sultan Ahmed atau Masjid Biru (dalam bahasa Turki disebut Sultanahmet Camii) adalah sebuah masjid bersejarah di Istanbul. Dibangun pada masa pemerintahan Ahmed I, antara tahun 1609 dan 1616. Sesuai namanya, masjid ini didominasi keramik biru yang mengelilingi dindingnya, baik interior maupun eksterior. Ini adalah salah satu masjid terindah dimana kamu bisa melaksanakan sholat ketika berada di Turki.

Masjid ini memiliki 6 menara dan lebih dari 200 jendela kaca patri yang dirancang secara rumit. Sama seperti banyak masjid lainnya, Masjid Biru juga menjadi rumah bagi makam pendirinya dan madrasah. Masjid ini menjadi tempat wisata paling populer di Turki, namun tetrutup untuk non-muslim selama waktu sholat wajib setiap hari.

masjid

(Foto: www.weloveist.com)

2. Masjid Suleymaniye

Lokasi: Suleymaniye Mah., Prof. Siddik Sami Onar cad. No: 1, 34116 Fatih / Istanbul, Turki

Dibangun berabad-abad yang lalu pada tahun 1550, Masjid Suleymaniye merupakan salah satu landmark penting sebagai masjid terbesar kedua di Istanbul. Ini adalah karya indah lainnya dari arsitek Mimar Sinan, yang menggabungkan gaya arsitektur Ottoman. Berdiri setinggi 72 meter, keindahan masjid ini tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Turki. Interiornya sama menakjubkannya dengan eksterior. Ubin Iznik, mihrab marmer putih, kayu gading, menjadi unsur-unsur penting yang membuat masjid ini tampak begitu cantik.

Masjid Suleymaniye sempat menghadapi beberapa peristiwa. Pada tahun 1660 masjid ini sempat rusak karena kebakaran, sebagian bangunannya pernah ambruk saat terjadi gempa pada tahun 1766, pernah juga mengalami kerusakan akibat beberapa amunisi meledak di masjid ini tahun 1910. Namun alhamdulillah, masjid ini masih bertahan sampai sekarang.

masjid

(Foto: www.pinterest.com)

3. Masjid Huseyin Aga

Lokasi: Kucuk Mustafa Pasa Mah. Sair Baki Umur Bey Sok., Kucukmustafapasa, Fatih, Istanbul, Turki

Terletak di Jalan Istiklal yang terkenal di daerah Taksim, Masjid Huseyin Aga meski kecil tapi adalah masjid yang sangat indah. Dindingnya dihiasi keramik Kutahya, kaligrafi yang rumit, dan terdapat jendela kaca berwarna. Lantainya juga ditutupi karpet Isparta yang indah. Meskipun daerah itu hampir tidak dihuni kembali pada tahun 1590-an ketika masjid dibangun oleh Huseyin Aga, hari ini kawasan tersebut adalah salah satu jalan tersibuk di Turki. Pada waktu sholat Jumat, kamu akan melihat jamaah di masjid ini membludak melebihi kapasitasnya.

masjid

(Foto: www.instagram.com)

4. Masjid Atik Ibrahim Pasa

Lokasi: Mercan Mahallesi, Uzun Carsi Cad./pasa Cami Sok. No: 5, 34116 Fatih / Istanbul - Eropa, Turki

Terletak di daerah Mercan di Distrik Fatih, masjid ini sangat ideal bagi mereka yang mencari masjid terdekat di Turki karena lokasinya mudah dijangkau dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan umum, serta dekat juga dari Grand Bazaar. Kamu akan terpesona dengan arsitektur masjid ini yang mewakili zaman kuno. Masjid ini memiliki taman yang indah di luar agar para jamaahnya bisa beristirahat dan bersantai. Salah satu fakta paling menakjubkan tentang masjid ini adalah Masjid Atik Ibrahim Pasa dibangun kembali pada tahun 1479 dan masih berdiri kokoh hingg sekarang.

masjid

(Foto: www.hayalleme.com)

5. Masjid Kilic Ali Pasa

Lokasi: Kemankes Karamustafa Pasa Mahallesi, Kemeralti Cd. No: 50, 34425 Beyoglu / Istanbul, Turki

Pembangunan Kilic Ali Pasa diperintahkan oleh Kilic Ali Pasa (Laksamana Angkatan Laut Utsmani) dan dibangun oleh arsitek Mimar Sinan di Dataran Tinggi Tophane pada tahhun 1580. Awalnya dibangun di atas sebuah pulau buatan di dekat garis pantai, namun sekarang pulau itu terhubung ke daratan dengan tanah reklamasi. Merupakan sebuah contoh arsitektur Ottoman yang terbaik, Masjid Kilic Ali Pasa dirancang dengan hiasan keramik, sebuah mimbar dan mihrab marmer yang indah, serta seni kaligrafi Islam yang cantik. Masjid tersebut mengalami renovasi pada abad ke-19. Eksteriornya menjadi pemandangan menarik untuk disaksikan dengan menara tunggal dan 247 jendela.

Kompleks Kilic Ali Pasa terdiri atas masjid, makam Kilic Ali Pasa, sebuah sabil dan madrasah (Sekolah Teologi Muslim). Rumah ini juga memiliki pemandian khas Turki atau Hamam, yang menawarkan pengalaman unik yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Saat berada di sana, kamu juga bisa merasakan layanan pijat tradisional Turki untuk menyingkirkan stres dan lelah.

masjid

(Foto: www.howtoistanbul.com)

(Sumber: halaltrip.com)

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Masjid Negara Megah Senilai Hampir Rp1 Triliun Bakal Berdiri di IKN, Apa Saja Kemewahannya?
Masjid Negara Megah Senilai Hampir Rp1 Triliun Bakal Berdiri di IKN, Apa Saja Kemewahannya?

Jokowi Resmikan Pembangunan Masjid Negara di IKN, bisa menampung 61 ribu jemaah.

Baca Selengkapnya
Terinspirasi dari Masjid Nabawi, Begini Mewahnya Potret Masjid di Belakang Rumah Ovi Dian Crazy Rich Blitar
Terinspirasi dari Masjid Nabawi, Begini Mewahnya Potret Masjid di Belakang Rumah Ovi Dian Crazy Rich Blitar

Masjid tersebut sengaja disediakan untuk warga di sekitar kediaman Ovi Dian.

Baca Selengkapnya
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan pada 10 Maret 2024, Berikut 134 Titik Seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya