5 Masjid Paling Ekstrem di Dunia

Masjid-masjid ini didirikan di area yang terbilang cukup ekstrem. Tetapi, karena 'keekstremannya' itu, masjid-masjid tersebut justru menjadi unik dan mengundang decak kagum dunia.

Puri Yuanita
| 31 Juli 2015 10:31

Dream - Umumnya, sebuah masjid dibangun dekat dengan kawasan pemukiman masyarakat agar mudah dijangkau saat orang ingin menunaikan ibadah salat. Namun, hal tersebut tak berlaku pada masjid-masjid berikut ini.

Masjid-masjid ini justru didirikan di area yang terbilang cukup ekstrem. Tetapi, karena 'keekstremannya' itu, masjid-masjid tersebut justru menjadi unik dan mengundang decak kagum dunia.

Ingin tahu masjid apa saja? Dihimpun Dream dari berbagai sumber, berikut 5 masjid di dunia yang dibangun di tempat-tempat ekstrem.

Masjid Ashabul Kahfi, Indonesia
Masjid unik yang satu ini ada di Indonesia. Masjid Ashabul Kahfi sangat unik lantaran dibangun di dalam perut bumi. Masjid ini terletak di sebuah gua di Tuban, Jawa Timur. Ashabul Kahfi didirikan oleh seorang Kiai bernama Subhan pada tahun 2002.

Untuk menuju masjid ini, jamaah harus terlebih dulu melewati lorong dan gua. Bagian dalam masjid kental dengan nuansa Timur Tengah sekaligus Jawa Kuno. Pemandangan di dalam gua bisa dibilang sangat eksotis karena terdapat batuan stalagtit dan stalagmit yang telah menjadi batuan kapur.

Masjid Hassan II, Maroko
Masjid Hassan II berada di Kota Casablanca, Maroko. Masjid ini merupakan 'hadiah' Raja Hassan II kepada rakyatnya. Keistimewaan masjid yang satu ini adalah letaknya yang menjorok ke Samudera Atlantik. Dari jauh, masjid ini seolah-seolah tampak berada di tengah laut. Saking spesialnya, sampai-sampai masjid ini dijuluki sebagai 'singgasana Tuhan di atas air'. Masjid ini juga merupakan masjid terapung paling besar di dunia.

Separuh bagian masjid ini terbuat dari kaca sehingga pengunjung dapat melihat langsung Samudera Atlantik dari bawah masjid. Kelebihan lainnya, masjid ini dilengkapi teknologi pengatur suhu dan pencahayaan yang super canggih.

Masjid Tabuk, Arab Saudi
Arab Saudi membangun masjid di bawah laut pertama. Sekelompok penyelam kerajaan Saudi mendirikan sebuah masjid di bawah laut menggunakan pipa plastik yang berisi air. Tepatnya masjid ini terletak di sekitar kawasan pantai utara Kota Tabuk, Arab Saudi yang berbatasan dengan negara Yordania.

Masjid Al Khidr, Iran
Masjid lainnya yang dibangun di area ekstrem adalah Masjid Al Khidr. Tak tanggung-tanggung, masjid ini didirikan tepat di atas Gunung Khidr, Iran. Masjid ini diyakini merupakan peninggalan Nabi Khidr AS.

Meski letaknya di atas gunung, masjid ini tetap menjadi favorit warga Iran untuk melaksanakan ibadah salat. Untuk beribadah di sini, jamaah diharuskan berjalan mendaki ke atas gunung berpasir.

Masjid Arkam Babu Rahman, Indonesia
Masjid ekstrem yang satu ini terletak di Sulawesi Tengah, Indonesia. Masjid ini unik lantaran 'mengapung' di atas kawasan Teluk Palu. Salah satu ciri khas dari Masjid Arkam Babu Rahman adalah kubah emasnya yang cantik.

Ada cerita unik di balik berdirinya masjid ini. Konon, sebelum masjid ini dibangun, tinggi air laut di bibir pantai mampu mencapai 1 meter lebih hingga terkadang air laut menyapu atau bahkan merendam jalan raya. Namun setelah masjid ini berdiri, air laut tak pernah lagi membanjiri jalan.

Topik Terkait :

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya

Jangan Lewatkan