5 Menara Masjid Terindah di Dunia, Satu dari Indonesia

Lima masjid ini dikenal memiliki desain arsitektur menara yang mengagumkan.

Puri Yuanita
| 17 Maret 2017 15:47

Dream - Menara menjadi salah satu komponen terpenting dari masjid. Tak sekadar menjadi ikon Islami dan berfungsi memperindah arsitektur, desain menara terkadang merefleksikan sejarah berdirinya sebuah masjid.

Umumnya, setiap masjid di dunia memiliki menara. Jumlahnya berbeda-beda. Ada yang ganjil dan genap. Tergantung pada filosofi di balik pembangunannya. Dan menara-menara ini biasanya digunakan untuk kebutuhan panggilan sholat. Suara muazin yang dikumandangkan dari atas menara diharapkan dapat didengar oleh masyarakat hingga yang jaraknya jauh.

Nah, ada sejumlah masjid di dunia yang dikenal lantaran memiliki desain arsitektur menara yang mengagumkan. Kalau Sahabat Dream Travel berkesempatan mendatangi masjid-masjid ini, jangan sampai lupa deh mengabadikan keindahan menara-menara tersebut dengan kamera.

Lantas, masjid apa saja yang dimaksud? Penasaran kan? Salah satunya bahkan ada di Indonesia lho. Langsung saja yuk simak ulasannya.

1. Menara Koutoubia, Maroko

Masjid Koutoubia atau Kutubbiya adalah masjid terbesar di Kota Marrakech, Maroko. Menara masjid ini dibuat bergaya Alhomad dan pembangunannya selesai pada masa pemerintahan Khalifah Yakub Al-Mansur (1184 - 1199).

Nama menara ini berasal dari bahasa Arab " al-koutobbiyin" yang artinya 'pustakawan' karena di sekelilingnya dulu digunakan oleh para pedagang manuskrip (buku kuno). Menara setinggi 69 meter ini memiliki kubah dari emas murni yang disumbangkan oleh istri sang raja dengan cara mencairkan seluruh perhiasan emasnya setelah dia gagal untuk menjaga puasanya selama sehari dalam bulan Ramadan.

masjid

2. Menara Masjid Agung Damaskus, Suriah

Masjid Agung Damaskus atau Masjid Ummayad merupakan salah satu masjid tertua di dunia. Sebelum penaklukan Damaskus oleh tentara Arab pada tahun 634 M, masjid ini dulunya adalah gereja bernama Basilika St. Yohanes Pembaptis. Tak heran, salah satu dari tiga menara di masjid ini diberi nama Minaret Yesus atau Minaret Isa. Minaret Isa sendiri merupakan menara terbesar dari ketiga minaret yang ada di masjid ini. Menara ini dibuat pada abad ke-9 dan memiliki ketinggian 77 meter.

masjid

 

 

Selanjutnya :

Salah Satunya Ada di Indonesia

Cerita Noura Lewati Ramadan Masa Kecil

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Niat Liburan di India, 5 Turis Wanita Ini Malah Meregang Nyawa
COMMUNITY 16 Maret 2017 16:43

Harus senantiasa waspada saat traveling ya! Agar terhindar dari insiden buruk seperti yang dialami 5 turis wanita berikut ini.